Sejarah Hari Ini: 21 Mei 1998, 32 Jadi Presiden, Soeharto Mundur

Beragam peristiwa bersejarah di berbagai belahan dunia terjadi dari tahun ke tahun pada 21 Mei.

 Presiden Soeharto saat menyatakan mengundurkan diri sebagai Presiden RI pada 21 Mei 1998. (Bisnis.com-Istimewa)

SOLOPOS.COM - Presiden Soeharto saat menyatakan mengundurkan diri sebagai Presiden RI pada 21 Mei 1998. (Bisnis.com-Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Presiden kedua Indonesia, Soeharto, mengumumkan pengunduran dirinya, 21 Mei 1998. Presiden Soeharto mundur setelah menjabat selama kurang lebih 32 tahun.

Mundurnya Soeharto itu merupakan salah satu dari berbagai peristiwa bersejarah di dunia yang layak dikenang pada 21 Mei.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

996

Otto III naik takhta menjadi Kaisar di Kekaisaran Romawi saat itu masih berusia 16 tahun. Ia memimpin Kekaisaran selama enam tahun hingga dirinya meninggal dunia di usia 22 tahun pada 1002.

1403

Raja Henry III dari Kerajaan Kastila mengirim duta besarnya ke kerajaan-kerajaan kecil di Eropa Timur untuk bersekutu. Tujuannya untuk mengajak kerajaan kecil di Eropa Timur bersekutu dan lanats berperang melawan Kekaisaran Ottoman.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 20 Mei 1908 Berdirinya Budi Utomo Sebagai Harkitnas

1864

Rusia menyatakan Perang Rusia-Circassian telah berakhir. Orang-orang Circassian di wilayah Rusia dideportasi dan kebanyakan diasingkan. Hari berakhirnya Perang Rusia-Circassian itu sekaligus menjadi hari kesengsaraan bagi orang-orang Circassian.

Logo FIFA
Logo FIFA

1904

Federation Internationale de Football Association (FIFA) atau Federasi Sepak Bola Internasional didirikan di Paris, Prancis. Selain mempromosikan sepak bola ke seluruh penjuru dunia, FIFA juga bertugas membuat aturan dalam permainan sepak bola.

1932

Amelia Earhart menjadi wanita pertama di dunia yang mampu melintasi Samudra Atlantik menggunakan pesawat terbang. Penerbangan itu ia mulai dari Newfoundland di Kanada menuju Irlandia.

Baca juga: Hari Ke-86 Perang Rusia vs Ukraina, Kota Donbas Seperti Neraka

1935

Dua tahun setelah menjabat sebagai pemimpin Jerman, Adolf Hitler menyatakan tak akan menghentikan produksi senjata kemiliteran di negaranya sebelum Jerman berhasil menjadi negara adikuasa.

1982

Angkatan Udara Argentina berhasil menenggelamkan kapal perang milik Inggris, HMS Ardent, di Kepulauan Falkland. Peristiwa itu terjadi dalam perang antara Argentina dan Inggris yang merebutkan Kepulauan Falkland.

1991

Perdana Menteri India Rajiv Gandhi tewas terbunuh dalam serangan bom di Tamil Nadu. Serangan bom itu berlangsung saat Rajiv berkampanye untuk pemilihan umum di India.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 19 Mei 2018 Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan

1998

Presiden ke-2 Indonesia, Soeharto, mengumumkan pengunduran dirinya setelah menjabat selama 32 tahun. Ia lantas digantikan B.J. Habibie yang sebelumnya menjabat sebagai wakil presiden.

2005

Warga Montenegro mulai melakukan pemungutan suara untuk memisahkan diri dari Serbia. Lebih dari 55 persen warga Montenegro menyatakan ingin memisahkan diri Serbia. Kemerdekaan Montenegro dari Serbia resmi diumumkan setahun kemudian.

2011

Yoyoh Yusroh tokoh wanita Indonesia dan politisi senior Partai Keadilan Sejahterameninggal pada Sabtu, 21 Mei 2011 dalam kecelakaan di Jalan Tol Palimanan–Kanci saat perjalanan dari Yogyakarta ke Jakarta.

 

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Butuh Kerja Sama Antarnegara Mencegah Krisis Pangan Global

Presiden Joko Widodo menyerukan negara G7 dan G20 bersama-sama mengatasi krisis pangan yang saat ini mengancam rakyat di negara-negara berkembang agar tidak jatuh ke jurang kelaparan dan kemiskinan ekstrem.

Sejarah Hari Ini: 29 Juni 1957, Menara Tokyo Mulai Dibangun

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi di belahan dunia pada 29 Juni.

Ladang Ganja 10 Hektare Ditemukan di Cianjur, Lokasinya di Tengah Hutan

Polres Cianjur menemukan ladang ganja seluas 10 hektare di lereng Gunung Karuhan, Desa Cimenteng, Kecamatan Campaka.

Kedaulatan Pangan Benteng Menghadapi Ancaman Krisis Pangan Global

Presiden Joko Widodo pada pekan lalu meminta jajarannya fokus mewujudkan kedaulatan dan ketahanan pangan. Langkah ini sangat penting sebagai upaya menghadapi krisis pangan global yang mulai melanda berbagai negara di belahan dunia.

UIN Salatiga Serahkan 54 Kambing untuk Guru Ngaji di Temanggung

Bantuan kambing UIN Salatiga untuk guru ngaji di Temanggung itu diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.

Belajar dari Friendster yang Tumbang karena Kepopulerannya Sendiri

Pada 2004, Friendster menjadi jejaring sosial online terkemuka di dunia. Namun, sejumlah keputusan buruk yang diambil manajemen perusahaan justru perlahan menyuntik mati Friendster dari jagad maya.

BSI Pimpin Sindikasi Proyek Tol Semarang-Demak Rp1,34 Triliun

Investasi jalan tol Semarang-Demak mencapai Rp5,44 Triliun. Dalam kredit sindikasi ini, BSI berperan sebagai Joint Mandated Lead Arranger (JMLA) bersama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Sedang Berkonflik, Ini Pesan Nathalie Holscher untuk Putri Delina

Bukan hanya menyampaikan pesan untuk Putri Delina, Nathalie Holscher juga membeberkan alasannya meninggalkan rumah.

Tak Hanya di Jakarta, Holywings di Surabaya Juga Ditutup

Pemerintah Kota Surabaya menilai penutupan itu dilakukan karena Holywings telah melakukan penistaan agama melalui promosi minuman keras (miras) dengan nama Maria dan Muhammad.

Jokowi Naik KA Selama 12 Jam dari Polandia Menuju Ukraina

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengatakan bahwa Kepala Negara akan berangkat menuju Ukraina melewati jalur udara yakni menuju Polandia dan dilanjutkan melalui jalur darat.

Beli Minyak Goreng Curah Pakai PeduliLindungi, Ini Kata Wong Boyolali

Masyarakat dan pedagang di Boyolali untuk tidak khawatir dengan adanya aturan pembelian minyak goreng dari pemerintah tersebut.

Kongres Sampah II Berkomitmen Menyelesaikan Masalah Sampah di Desa

Kongres Sampah II Provinsi Jawa Tengah menghasilkan komitmen dan kesepakatan menangani sampah di tingkat desa/kelurahan dan keterlibatan akademikus menghilirkan hasil riset tentang sampah di desa/kelurahan.

Dari Kedai Nasi Goreng, Holywings Berkembang Jadi Kelab Malam Populer

Berawal dari bisnis kedai nasi goreng yang nyaris bangkrut, Ivan Tanjaya banting setir dengan mendirikan Holywings yang terinspirasi dari sebuah bar di Beijing, China.

Bendahara PBNU Mardani H. Maming Praperadilkan KPK, Begini Respons KPK

Gugatan praperadilan Mardani Maming diajukan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan terkait perkara suap izin usaha pertambangan (IUP) di Kabupaten Tanah Bumbu.

Ini Daftar 26 Parpol Pemilik Akun Sipol KPU

Kini sudah ada 8 parpol peserta Pemilu 2019 melampaui Presidential Treshold (PT), 6 parpol peserta Pemilu Legislatif 2019 tidak melampaui PT, dan 12 parpol yang belum pernah jadi Peserta Pemilu Legislatif 2019.