Sebulan Bebas, Mantan Bupati Karanganyar Rina Iriani Terima 50-100 Tamu/Hari
Bupati Karanganyar, Juliyatmono, didampingi Ketua DPRD Kabupaten Karanganyar, Bagus Selo, dan sejumlah ASN di lingkungan Pemkab Karanganyar mengunjungi mantan Bupati Karanganyar, Rina Iriani Sri Ratnaningsih, di rumahnya Perumahan JPI di Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, Senin (24/8/2020). (Istimewa-Dokumentasi Diskominfo Kabupaten Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Bupati Karanganyar dua periode, 2002-2008 dan 2008-2013, Rina Iriani Sri Ratnaningsih, masih kebanjiran tamu yang ingin menjenguk ke rumahnya. Seperti diketahui. Rina mendapatkan status bebas bersyarat satu bulan lalu, tepatnya pada Kamis (20/8/2020).

Mantan orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar itu mengaku terpaksa membatasi tamu yang hendak datang ke rumah.

Dia kini tinggal di Perumahan Jaten Permai Indah (JPI), Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar. Dalam sehari, Rina mengaku menerima 50 orang hingga 100 orang tamu saja.

Kebakaran Pasar Cepogo, Pemkab Boyolali Siapkan Pasar Darurat di Lokasi Ini

“Pekan depan itu sudah penuh sampai Kamis. Saya terpaksa membatasi tamu yang mau datang. Buat janji dengan asisten saya. Bukan apa-apa. Kadang rasanya lelah. Tetapi kan tidak mungkin ditolak. Mereka masih mencintai saya dan ingin ketemu,” ujar Rina saat berbincang dengan Solopos.com, Jumat (18/9/2020).

Beberapa hari terakhir, Rina bertemu dengan rekan sejawatnya, guru di tingkat sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA).

3.879 Kasus Covid-19 di Surabaya Bermula dari Remaja Nongkrong

Menolak Diajak Video Call

Beberapa kali Rina menawarkan pertemuan secara daring dengan bakal tamu yang merupakan warga Karanganyar. Tetapi, usulan itu selalu ditolak oleh masyarakat.

Tak ajak video call saja. Ya enggak mau. Mulai jam 09.00 WIB sampai jam 11.00 WIB. Lalu selepas Zuhur lanjut lagi. Ada juga yang bertemu malam hari. Itu sahabat-sahabat dari jam 19.00 WIB sampai jam 20.00 WIB. Masih pandemi hlo. Tetapi [tetap menerapkan] protokol kesehatan,” tutur dia.

Wabup Sragen: Semua Bisa Bantu Satpol PP Tertibkan Pelanggar Protokol Kesehatan!

Mantan Bupati Karanganyar tersebut mengingatkan warga Karanganyar agar betul-betul berhati-hati dan menaati protokol kesehatan.

Beberapa waktu lalu, Rina mengaku sempat menepi dari rutinitasnya menemui tamu dengan pergi ke rumah anaknya di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). “Saya belum pergi jauh. Hanya istirahat di tempat anak di Jogja,” ujar dia.

Di sisi lain, Rina mengaku punya alasan khusus kenapa membatasi jumlah tamu. “Masih pandemi. Jangan menganggap ini normal. Penting pakai masker. Saya sampai diledek anak. ‘Ibu kayak buka praktik dokter. Ada jam kunjung.’ Ya bagaimana wong masih pandemi,” ungkap Rina sembari terkekeh.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom