Sebelum Memberikan Pupuk ke Monstera, Perhatikan Ini

Namun sama seperti tanaman lain, memberi pupuk kepada Monstera juga sebaiknya tidak asal-asalan.

 Monstera oblique. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Monstera oblique. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Tidak peduli apa jenis-jenis Monstera yang Anda miliki di rumah, Anda tetap perlu memberi mereka pupuk supaya tetap sehat. Sama seperti tanaman lain, mereka butuh nutrisi supaya tumbuh sehat.

Sama seperti tanaman lain, Monstera juga butuh nutrisi yang diperoleh dari pupuk. Tanaman biasanya menciptakan energi mereka dari air, karbondioksida, dan Matahari. Selain itu, mereka juga butuh nutrisi untuk melengkapi proses fotosintesis tersebut.

Namun sama seperti tanaman lain, memberi pupuk kepada Monstera juga sebaiknya tidak asal-asalan. Anda harus mengetahui kapan, bagaimana, dan nutrisi apa yang dibutuhkan oleh tanaman Anda.

Baca Juga: Daun Monstera Menguning? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Di alam, tanaman butuh 17 nutrisi untuk membuat mereka tumbuh sehat dan subur. Namun mereka butuh kandungan yang berbeda-beda untuk setiap nutrisi. Semua tanaman butuh tiga elemen dalam jumlah besar besar yang disebut dengan nutrisi makro, NPK.

Nah sebelum Anda memberikan nutrisi, sebaiknya kenali terlebih dahulu tanda-tanda Monstera Anda butuh pupuk. Berikut ini tanda-tandanya seperti dikutip Solopos.com dari Petal Republic, Kamis (16/9/2021) :

1. Pertumbuhan lambat

Tanda pertama Monstera butuh pupuk adalah pertumbuhan lambat. Jadi sekali pun tanaman mendapat banyak cahaya dan air tetap saja tidak bertumbuh. Bisa jadi mereka membutuhkan nutrisi tambahan.

2. Daun berwarna kuning

Daun berwarna kuning memang bisa jadi pertanda sejumlah masalah misalnya kebanyakan air, kekurangan air, dan suhu yang terlalu dingin. Kendati demikian, hal itu bisa juga berarti bahwa tanaman Anda butuh beberapa dosis pupuk.

Baca Juga: Perhatikan Cara Perawatan Monstera Agar Tumbuh Maksimal

Apakah semua jenis Monstera  butuh pemupukan? Meski pun ada banyak jenis Monstera, mereka semua tetap butuh pupuk. Termasuk Monstera deliciosa, Monstera adansonii, dan Monstera variegata. Kendati demikian tanaman ini tidak butuh banyak nutrisi, sehingga Anda tidak perlu terlalu sering melakukan pemupukan.

Sebelum Anda mulai memberikan nutrisi kepada tanaman, sangat penting untuk memahami kapan dan seberapa sering melakukan hal itu. Meski pun pemberian nutrisi bisa membantu pertumbuhan tanaman, namun jika terlalu banyak justru bisa berdampak buruk terhadap tanaman. Beberapa hal yang harus diperhatikan:

Baca Juga: Viral Noldy Topan Bisnis Tanaman Sultan, Bisa Raup Rp1 Miliar Lebih Sebulan

1. Terlalu banyak pupuk

Jika Anda terlalu sering memberikan pupuk, maka bisa berdampak buruk terhadap tanaman Anda. Beberapa tanda Monstera kebanyakan pupuk adalah daun berwarna kecokelatan atau menguning dan pertumbuhan terhenti. Indikator lainnya adalah terlihat adanya kerak di permukaan tanah, yang merupakan penumpukan pupuk.

2. Memberikan pupuk yang salah

Jika Anda memberikan pupuk yang salah, Anda memberikan nutrisi yang tidak dibutuhkan oleh Monstera tersebut. Hal ini dapat menyebabkan kelebihan hingga kekurangan nutrisi lainnya.

 

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Viral! Pria Buang Ratusan Telur ke Sungai, Gegara Harga Anjlok?

Aksi seorang pria yang membuang ratusan telur ke sungai di tengah harga telur yang merosot menjadi perbincangan netizen dan viral di media sosial.

Bacaan Doa Supaya Dimudahkan Segala Urusan, Bisa Dibaca Setiap Hari

Untuk mendapatkan kemudahan dalam segala urusan selain dengan berusaha juga berdoa seperti bacaan berikut.

Doa Sebelum Bekerja Menurut Islam, Lengkap dengan Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa sebelum bekerja menurut Islam yang dilengkapi dengan latin dan artinya supaya diberkahi Allah SWT.

Work from Coffee Shop Diminati, Benarkah Kopi Buat Otak Lebih Kreatif?

Ada sejumlah alasan work from coffee shop diminati, salah satunya adalah karena menjamurnya tempat-tempat ngopi estetik.

Benarkah Pengangkatan Rahim Pengaruhi Kehidupan Seksual Wanita?

Tak sedikit wanita merasa khawatir operasi pengangkatan rahim seperti dialami artis Melanie Subono bisa pengaruhi kehidupan seksual mereka.

7 Alasan Medis Wanita Jalani Pengangkatan Rahim Seperti Melanie Subono

Prosedur medis pengangkatan rahim pada wanita disebut histerektomi.

Viral Aksi Selfie di Tempat Berbahaya, Warganet: Auto Kaki Gemetaran

Meski insiden kecelakaan saat melakukan aksi selfie di tempat berbahaya sudah sering terjadi, namun masih ada orang berani menantang bahaya demi mendapatkan foto epic.

Duh! Gegara Penyiksaan Anjing, Pria di Magelang Doakan Aceh Tsunami

Pemilik akun Twiter yang diduga berasal dari Magelang, Jawa Tengah, mendapat kecaman netizen seletah mendoakan Provinsi Aceh terjadi tsunami.

Mengisi Waktu Senggang dengan Mewarnai bersama AnaKrea

Melalui program AnaKrea "Ayo Mewarnai", anak mendapatkan sarana mewarnai pada gambar yang telah di sediakan. Kegiatan ini sangat cocok sebagai pengisi waktu luang yang bermanfaat di masa pandemi.

Viral Kalimat Salam dari Binjai, Ternyata Video Ini Penyebabnya

Kalimat Salam dari Binjai viral di media sosial setelah aksi pemuda dalam video ini.

Kementerian Kesehatan Israel: Subvarian Delta AY4.2 Lebih Menular

Subvarian Delta yang kali pertama diidentifikasi di Inggris saat ini tidak dianggap sebagai varian minat atau perhatian dan belum secara resmi dinamai huruf alfabet Yunani.

8 Cara Mudah Stock Opname Inventaris Kantor

Akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk menjalankan stock opname inventaris kantor.

Doa Telinga Kanan atau Kiri Berdenging Menurut Islam

Berikut ini terdapata bacaan doa ketika telinga kanan atau kiri berdenging menurut Islam yang diungkap oleh Nahdlatul Ulama (NU).

Stres Kena PHK Saat Pandemi? Begini Cara Mengatasinya

Setelah kena PHK saat pandemi Covid-19, masalah keuangan bisa menjadi salah satu faktor yang membuatmu stres.

Mengenal Manfaat Natto dari Jepang untuk Kesehatan Tubuh

Di Jepang sendiri, natto sering dikonsumsi bersama dengan nasi dan ditambahkan kecap asin maupun irisan bawang lokio sebagai pelengkap.

Benarkah Berhubungan Intim Bantu Tidur Lebih Pulas? Ini Penjelasannya

Ada pendapat hubungan intim yang memuaskan bersama pasangan bisa bantu tidur lebih pulas dan mengatasi gangguan tidur, termasuk insomnia.