Tutup Iklan

Viral Noldy Topan Bisnis Tanaman Sultan, Bisa Raup Rp1 Miliar Lebih Sebulan

Uniknya sebelum menekuni bisnis tanaman hias sultan, Noldy Topan pernah memiliki agency model.

 Noldy Topan. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Noldy Topan. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Nama Noldy Topan menjadi viral lantaran berbisnis tanaman sultan dan kerap muncul di channel Youtube para artis. Gelar Best Of The Best dalam ajang Aroid Nasional  membuat harga tanaman koleksinya meroket hingga Rp1,6 miliar. Wah!

Tanaman hias yang dijual Noldy Topan jelas kelas sultan lantaran harganya yang fantastis. Bahkan tak sedikit artis sebut saja Irfan Hakim, Nirina Zubir, hingga Soimah berburu dan berguru kepada pria kelahiran Palu, Sulawesi Tengah ini.

Uniknya sebelum menekuni bisnis tanaman hias sultan, Noldy Topan pernah memiliki agency model. Hal itu terungkap dalam Trans TV Official berjudul Jual Tanaman, Noldy Topan Raup Keuntungan Rp1 M Lebih Perbulan seperti dikutip Solopos.com pada Selasa (14/9/2021).

“Dulu pernah punya agency model gabung ama teman. Kalau bisnis tanaman justru orang tua saya duluan yang mulai di Palu. Saya nyariin di sini trus saya kirim ke Palu,” beber pria yang kini mengekspor tanaman hingga ke Thailand, Korea, dan Kanada itu.

Baca Juga: Warga Solo Rela Beli Rp225 Juta, Ini Alasan Harga Monstera King Variegata Selangit

Orang tuanya pun kerap meminta dirinya untuk terus ‘berburu’ beberapa jenis tanaman hias baik sebagai koleksi maupun memenuhi permintaan sesama pecinta tanaman hias.

“Dari situ dapet macam-macam tanaman hias. Melewati musim tanaman hias dari Philodendron ke Euphorbia, lalu ada Aglaonema, Anthurium, saya ngikutin terus, makanya tahu. Waktu itu sama kayak sekarang, banyak orang ramai pesan,” katanya.

Dulu, ia hanya modal rumah kontrakan. Namun kini, ia bisa memiliki nursery sendiri seluas 2.000 meter persegi dengan beragam koleksi tanaman hias.

Modal informasi itu lantas ia gunakan untuk mulai berburu dan mengumpulkan tanaman hias jenis tertentu sesuai tren.

“Dulu jaman Sansevieria, saya prediksi bakal naik. Baru deh banyakin, kumpulin, baru ramai. Beberapa tanaman hias lain juga gitu. Sebelum orang ramai-ramai cari, kami kumpulin duluan. Pada 2017, saya beli [Philodendron] melanochrysum, borong 200 pohon harganya cuma Rp15ribu [per pohon]. Sekarang ini yang besar Rp2 juta-Rp3juta,” ungkap Noldy.

Baca Juga:  Mau Memperkuat Otot Bahu? Cobalah Gerakan Y Raise

Terjun sekian tahun di dunia tanaman hias membuatnya juga ‘khatam’ dengan lokasi-lokasi perburuan. Petualangan mengumpulkan tanaman hias pun menghantarkannya ke berbagai pelosok Nusantara.

Untuk luar negeri, Noldy mengungkapkan bahwa ia banyak mengambil dari Thailand, negara yang dikenal sebagai sentranya tanaman hias dunia. Namun ada kisah unik. Menurutnya Thailand kecolongan dua kali dalam hal bisnis tanaman hias sultan yaitu Monstera Obliqua dan Monstera white mint yang sekarang dia tekuni. “Saya kena Monstera mint pertama kali pada 2017, pas pertama lihat wah ini unik. Waktu itu yang naik daun albo. Tapi feeling saya Mint juga bakal naik. Saya beli Monstera mint dari Thailand harganya 5.000 baht waktu itu. Saya kumpulin, totalnya ada 16 pohon saya dapat dari Thailand. Saya puasa, saya tahan dulu, barulah pada 2019 saya kenalin ke pasar,” bebernya seperti dikutip dari channel Youtube Susy Garden berjudul Noldy Topan, Penguasa Monstera Mint di Dunia, Selasa (14/9/2021).

Baca Juga: Sering Kelelahan di Sore Hari? Lakukan 6 Cara Ini Agar Kembali Bersemangat

Dari ragam koleksi tanaman hias yang dimiliki, Noldy tidak hanya memuaskan hasrat dan kecintaannya pada tanaman hias. Ia juga berhasil mengumpulkan pundi-pundi bahkan mencapai miliaran rupiah.

Sebut saja Monstera white mint, yang saat ini sedang naik daun, pernah dilepas dengan harga Rp125 juta. Noldy meyakini hanya beberapa orang yang memiliki spesies ini dan dirinya pun memang sedang mengembangkan tanaman hias tersebut.

Kemudian ada Philodendron billietiae variegata yang dibanderol dengan harga Rp450 juta. “Karena variegata, jadi harganya berkali-kali lipat dari yang biasa. Kalau yang normal Rp15 juta,” katanya.

Menurut pengakuan Noldy, pernah ada yang belanja tanaman hias hingga Rp2 miliar dalam setahun terakhir ini. Noldy mengungkapkan bahwa sang pembeli tersebut memborong beberapa jenis tanaman sultan termasuk Monstera dan Philodendron.


Berita Terkait

Espos Plus

Mengenal Prawirodigdoyo, Sosok Penunggang Kuda di Simpang 4 Karanggede

+ PLUS Mengenal Prawirodigdoyo, Sosok Penunggang Kuda di Simpang 4 Karanggede

Kebanyakan warga salah kaprah dengan menganggap patung penunggang kuda di simpang empat Karanggede Boyolali adalah Pangeran Diponegoro, padahal sosok penunggang kuda itu adalah Raden Tumenggung Prawirodigdoyo.

Berita Terkini

Ini Tanda-Tanda Tempat Kerja Toxic, Saatnya Keluar dari Pekerjaan

Lingkungan tempat kerja yang beracun atau toxic tentu bikin kita tidak nyaman bekerja dan menguras energi semata.

Intip Berbagai Aturan Karantina di Sejumlah Negara

Berikut berbagai aturan karantina di sejumlah negara yang perlu Anda ketahui.

Doa Mohon Ampun dari Dosa Besar, Lengkap Ada Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa memohon ampunan dari dosa besar dan kesalahan lainnya menurut ajaran Islam yang dilengkapi latin dan artinya.

Virus Omicron 3 Kali Lebih Berisiko Picu Infeksi Ulang daripada Delta

Para ilmuwan di Afrika Selatan mengatakan varian Omicron setidaknya tiga kali lebih mungkin picu infeksi ulang.

+ PLUS Anjuran Pimpinan MTA Soal Menyantuni Anak Yatim

Siapa tahu sedekah kita untuk anak-anak yatim itulah yang akan menyelamatkan kita dari siksa api neraka dengan rida Allah.

Mengawali Gerakan Literasi Halal

Negara memiliki kewajiban untuk menghadirkan produk halal yang siap dikonsumsi masyarakat.

Viral! Perempuan Mirip Vanessa Angel, Netizen Sebut Reinkarnasi

Seorang perempuan yang berjoget Tiktok diangap memiliki wajah yang mirip Vanessa Angel menjadi viral dan menyebutnya reinkarnasi

Pria dengan Weton Ini Mudah Selingkuh, Cek Yuk!

Nah, kalau pasanganmu mudah selingkuh coba dicek apakah dia merupakan salah satu pria dengan weton Jawa ini.

Studi Ungkap Plastik Picu Penyakit Kardiovaskular dan Kolesterol

Paparan bahan kimia terkait plastik, seperti bahan kimia dasar bisphenol A dan plasticizer ftalat, dapat picu dan tingkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Galon Isi Ulang Terancam Hilang Karena BPA, Ini Dampak BPA pada Tubuh

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa BPA dapat meresap ke dalam makanan atau minuman dari wadah yang dibuat dengan BPA.

Mitos Larangan Menikah Anak Pertama dengan Ketiga, Ada yang Percaya?

Terdapat mitos di Jawa soal larangan menikah antara anak pertama dengan ketiga yang dikenal nikah lusan. Adakah yang percaya?

Adakah Doa untuk Minta Jodoh dengan orang yang Dicintai dalam Islam?

Apakah kira-kira ada dan diperbolehkan doa meminta berjodoh dengan orang yang kamu cintai? Yuk cari tahu jawabannya di bawah ini!

7 Makanan Ini Bisa Mencegah Kanker Sejak Usia Muda

Ada sejumlah makanan yang bisa mencegah kanker sejak dini, apa saja?

Sudah Siap Menikah Tetapi Pasangan Ternyata Positif HIV? Lakukan Ini

Jangan sedih, sekali pun pasangan ternyata positif HIV Anda berdua tetap bisa menikah.

Viral Ketahuan Selingkuh Lewat Aplikasi PeduliLindungi, Ini Cara Ceknya

Cuitan perihal pasangan ketahuan selingkuh lewat aplikasi PeduliLindungi itu langsung menuai beragam reaksi warganet.

Mimpi Ditangkap Polisi, Apakah Pertanda Bakal Dapat Masalah?

Saat tidur dan kita mimpi ditangkap polisi tentu bikin deg-degan dan waswas, kira-kira pertanda apa ya?