SOLOPOS.COM - Lokasi pesawat latih jatuh di danau Buperta Cibubur. (dok/Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA - Pesawat latih jatuh ke danau Buperta, Cibubur, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat. Sebelum jatuh, pesawat latih tersebut sempat berputar sebanyak 3 kali. Pesawat tersebut diketahui berjenis Heli Robinson R44.

Kasubbag Humas Polresta Depok, Kompol Supriyadi, mengatakan pesawat latih tersebut jatuh siang tadi. Pesawat take off dari pangkalan di pangkalan Buperta Cibubur.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

"Lagi latihan di Buperta situ, sempat berputar 3 kali," kata Supriyadi saat dihubungi detikcom, Jumat (28/5/2021).

PDIP dan Gerindra sudah Kawin Gantung, Tinggal Peresmian di 2024

Pada putaran keempat, pesawat latih tersebut hilang kontak. Beberapa saat kemudian pesawat ditemukan jatuh di danau. "Putaran keempat hilang kontak, tahu-tahu dia jatuh di danau situ," imbuhnya.

Pesawat tersebut ditumpangi pilot Kapten Penerbang Langgeng dan seorang siswa bernama Okto. Keduanya dilaporkan selamat. "Pilot dan siswanya selamat, dibawa ke rumah sakit," kata Supriyadi.

Secara terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Yusri Yunus, menjelaskan pesawat latih tersebut mengalami masalah sebelum akhirnya jatuh ke danau.

Kans PDIP Dukung Prabowo di Pilpres 2024, Ini Jawaban Sekjen PDIP

 

Evakuasi Pesawat

"Setelah tiga kali berputar di atas rawa itu ada trouble dan akhirnya jatuh di rawa tersebut," kata Yusri.

Menurut keterangan saksi kepada polisi, pesawat tersebut sempat oleng sebelum akhirnya jatuh ke danau. "Saksi menjelaskan pesawat dari arah timur tiba-tiba pesawat merendah lalu oleng ke kanan dan masuk ke Rawa Jemblung mesin dalam keadaan hidup beberapa menit mesin mati," jelasnya.

Lokasi pesawat latih jatuh tepat di Rawa Jemlung atau Situ Baru Buperta Cibubur, Jalan Raya Alternatif 1, Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Depok. Polisi kini masih berada di lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi bangkai pesawat yang berada di rawa dan belum dievakuasi.

1 Juni Gaji ke-13 PNS Cair, Segini Besarannya

"Sekarang Kapolres dan Dandim dan petugas dari perusahaan sekolah latihan itu ada di TKP itu untuk evakuasi dari bangkai pesawat itu," ucap Yusri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya