Sebelum Beli Sepeda Motor, Perhatikan Hal-Hal Ini
Ilustrasi mengendarai motor (istimewa/Astra Motor jateng)

Solopos.com, SEMARANG – Membeli sepeda motor bukan hanya soal gengsi. Kita juga perlu mempertimbangkan kualitas motor untuk menunjang kebutuhan kita.

Salah satunya adalah bentuk motor. Bentuk motor ini harus disesuaikan dengan postur tubuh kita. Kemudian juga dengan melihat medan yang sering kita lalui. Hal ini bisa menjadi pertimbangan tersendiri.

Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng Oke Desiyanto memberikan tips untuk menentukan kendaraan yang cocok untuk dibeli sesuai dengan kebutuhan, nyaman, dan menyenangkan. Berikut hal mudah yang harus diperhatikan saat memilih motor :

Kebutuhan
Misalnya untuk penggunaan motor sehari-hari seperti bekerja, berbelanja ke pasar, antar jemput anak, sekolah, berkomunitas atau bahkan hobi. Kebutuhan bisa diartikan secara ringkas yaitu fungsional (mengutamakan fungsi, praktis dan kebergunaan tinggi), hobi dan kompetisi balap atau dekoratif.

Kondisi jalan yang sering ditemui
Kondisi jalan sehari-hari misal jalan dalam atau luar kota, jalanan sempit atau lebar, melewati jalanan macet, dsb. Hal ini menentukan profil ban, kehandalan suspensi, ketinggian motor dari tanah, kemudahan mengendalikan motor berhubungan dengan posisi berkendara sehingga membantu anda lebih siap melaluinya dan tentunya aman dan menyenangkan.

Dimensi kendaraan dengan kondisi jalan yang dilalui
Dimensi ini juga menentukan kemudahan dan kepraktisan dihubungkan dengan kepadatan dijalan dan ruang yang selalui dilalui. Sangat berhubungan dengan kemudahan dan praktis.

Biaya operasional bahan bakar
Kemampuan jarak jelajah motor, kapasitas tangki dan nilai ekonomisnya operasional motor, ini penting untuk memilih motor karena alasan fungsional. Alasan kompetisi atau hobi tidak masalah dengan hal ini.

Fitur yang dibutuhkan untuk mendukung kegiatan sehari-hari
Fitur atau fasilitas yang ditawarkan sebagai keunggulan ini membantu mempermudah kegiatan berkendara. Salah satu contohnya yakni Combi Brake System (CBS) ini membantu pengendara dalam hal performa pengereman yang baik. Selain itu ada indikator ECO yang memudahkan kita memantau hemat bahan bakar dan bagasi membantu membawa barang bawaan.

Kemampuan berkendara
Kemampuan berkendara dimaksudnya berhubungan dengan berat kendaraan, besarnya cc kendaraan dan postur kendaraan. Makin besar dimensi motor atau cc kendaraan dipastikan membutuhkan kemahiran agar dalam mengendalikan sepeda motor agar aman dan nyaman sehingga bisa merasakan kenikmatan berkendara.

“Dari sudut pandang safety riding, memilih membeli sepeda motor yang tepat secara fungsi dan kebutuhan penggunanya sangat berpengaruh terhadap keamanan dan kenyamanan di jalan raya. Jika kita memilih kendaraan tanpa mempertimbangkan postur, akan berakhir dengan kesulitan mengendalikan kendaraan bermotor. Bahkan di beberapa kasus, ada yang memilih motor dengan cc besar tapi belum mahir berkendara, sehingga menyebabkan rawan terjadi kecelakaan,” terang Oke dalam rilis yang diterima Solopos.com, Senin (23/12/2019).


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho