SOLOPOS.COM - Ibu-ibu PKK Desa Ngringo, Kecamatan Jaten, Karanganyar mengikuti sosialisasi dan pelatihan Sasa Duta Santan di Aula Balai Desa Ngringo, Sabtu (3/4/2021). (Solopos-Sri Sumi Handayani)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Program Sasa Duta Santan 2021 kembali menyapa ibu-ibu di Kabupaten Karanganyar pada Sabtu (3/4/2021). Kali ini, tim Sasa Duta Santan 2021 berada di Balai Desa Ngringo, Kecamatan Jaten.

Seratusan ibu-ibu di Desa Ngringo mengikuti sosialisasi dan pelatihan singkat mengenai produk Sasa santan dan keuntungan menjadi Duta Sasa Santan di Aula Desa Ngringo.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Pantauan Solopos.com, seratusan ibu-ibu terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama pukul 09.00 WIB hingga 10.30 WIB dan sesi kedua mulai 10.30 WIB hingga 12.00 WIB. Ibu-ibu tampak antusias mengikuti kegiatan. Bahkan, mereka datang lebih awal dari waktu yang ditentukan.

Baca juga: Pengin Tambahan Penghasilan, Seratusan Ibu-Ibu Karanganyar Antusias Jadi Duta Sasa Santan

Perusahaan makanan dari Indonesia yang berdiri sejak 1968, PT Sasa Inti (Sasa), mulai memperkenalkan program Sasa Duta Santan di kawasan Soloraya beberapa waktu terakhir.

Ini menjadi kali kedua tim Sasa Duta Santan 2021 datang ke Kabupaten Karanganyar pada Sabtu. Sebelumnya, mereka menyambangi ibu-ibu di Kelurahan Lalung, Kecamatan Karanganyar.

Tim Leader Area Soloraya, PT Sasa Inti, Hamid Wijaya, menyampaikan tim akan menyambangi 15 desa/kelurahan di Soloraya selama kurun waktu tertentu. Hingga Sabtu, kata Hamid, tim sudah datang ke enam desa/kelurahan di Soloraya.

Baca juga: Ibu-Ibu Boyolali Antusias Sambut Kesempatan Dapat Penghasilan Tambahan Dari Sasa Duta Santan

"Ini program untuk ibu rumah tangga. Mereka diajak menjadi mitra penjualan produk Sasa santan. Program diawali dari pelatihan, sosialisasi produk dan program. Kami menyasar desa atau kelurahan di kawasan Soloraya," kata Hamid saat berbincang dengan Solopos.com, Sabtu.

Aktif di Berbagai Komunitas

Hamid menjelaskan Sasa Duta Santan merupakan program kompetisi untuk ibu rumah tangga yang aktif di berbagai komunitas. Mereka diajak menjadi bagian dari keluarga Sasa santan.

Kali ini, Sasa menyasar ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok kerja (Pokja) 3 Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Ngringo. Program dengan brand ambassador penyanyi Rossa ini memberikan kesempatan ibu rumah tangga mendapatkan penghasilan tambahan di masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Libur Panjang, Objek Wisata di Karanganyar Diburu Pengunjung

"Dengan menjadi Duta Sasa Santan ini harapan kami ibu-ibu mendapatkan manfaat lebih. Seperti, meningkatkan ekonomi di masa pandemi, menambah penghasilan, pengalaman, dan hadiah," tutur dia.

Sasa menawarkan sejumlah hadiah dengan syarat membeli produk Sasa santan. Ibu-ibu akan mendapatkan satu poin apabila membeli produk Sasa santan minimal Rp100.000.

Poin yang terkumpul, lanjut Hamid, dapat ditukarkan dengan sejumlah hadiah, seperti kaus, barang-barang elektronik, voucher belanja, sepeda, perhiasan emas, dan hadiah utama umrah atau ziarah rohani.

"Selain itu bisa mengikuti kegiatan bermanfaat seperti training, edukasi dari tim Sasa. Bisa menambah teman karena akan ada pertemuan dengan duta Sasa santan dari wilayah lain. Intinya kami mengajak ibu-ibu move on dan mewujudkan mimpi terindah," kata dia.

Bubur Kacang Hijau

Sasa juga memperkenalkan varian produk Sasa santan, yakni bubuk dan cair. Hamid menyebut Sasa santan cair sebagai santan peras siap santap.

Mereka memberikan contoh dengan menyuguhkan bubur kacang hijau. Peserta pelatihan dipersilakan menikmati bubur kacang hijau dengan langsung menuang Sasa santan cair sebagai kuah.

"Sasa santan diproses menggunakan teknologi tinggi [UHT] sehingga bisa dikonsumsi langsung dan tahan lama. Praktis, bisa langsung dikonsumsi tanpa dimasak. Bisa juga sebagai alternatif non-dairy milk. Beberapa malah memanfaatkan untuk diet karena 0% kolesterol. Ini bentuk komitmen kami memberikan apresiasi kepada konsumen," ungkap dia.

Baca juga: Catat! Museum Dayu Karanganyar Buka Lagi Mulai Sabtu, 10 April 2021

Ketua Pokja 3 Desa Ngringo, Paramita Mursid, menilai program Sasa melalui Sasa Duta Santan 2021 cocok dengan program Pokja 3, yakni pangan, sandang, perumahan, dan tata laksana rumah tangga.

"Harapan kami, ibu-ibu bisa mengambil manfaat dari program ini. Ibu-ibu bisa menambah penghasilan dan pengalaman lewat program ini. Bisa dapat ide bikin roti dan memasak lainnya menggunakan produk Sasa santan," ujar dia.

Perempuan berkerudung itu berharap ibu-ibu PKK Desa Ngringo dapat memanfaatkan kemudahan yang ditawarkan Sasa melalui program Sasa Duta Santan 2021 dengan baik.

"Produk yang dibuat bisa menambah keanekaragaman makanan, bisa dijual. Atau ibu-ibu bisa menjual produk Sasa santan dan mendapatkan tambahan penghasilan. Intinya mari meningkatkan kesejahteraan di masa pandemi. Mudah-mudahan bisa menginspirasi ibu-ibu," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya