Sambut Pemilih Pemula, Sukoharjo Kebut Rekam E-KTP
Masyarakat mengantre pengurusan administrasi kependudukan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sukoharjo, Jateng, Kamis (1/10/2020). (Solopos- Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO — Pemilih pemula Pemilihan Umum Kepala Daerah 2020 di Kabupaten Sukorahjo disambut Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat. Disdukcapil Sukoharjo menggenjot perekaman data kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP/KTP-el) bagi para pemilih pemula dalam Pilkada Sukoharjo.

Pegawai Disdukcapil Sukoharjo bahkan rela mengantar kepingan e-KTP ke setiap rumah pemilih pemula. Langkah proaktif itu dilakukan demi menyukseskan Pilkada 2020.

Sekretaris Disdukcapil Sukoharjo, Tri Ermawati, mengatakan pemilih pemula menjadi prioritas perekaman dan pencetakan kepingan e-KTP menjelang pelaksanaan Pilkada Sukoharjo pada 9 Desember. Pemilih pemula merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah berusia 17 tahun dan tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Video Pengendara Motor Trail Sentuh Wanita Berkemban Viral, Netizen Jengkel

“Kami terus menggenjot perekaman data KTP-el pemilih pemula yang tersebar di 12 kecamatan. Petugas di kecamatan bakal mendatangi rumah pemilih pemula agar segera merekam data KTP-el,” kata dia, saat berbincang dengan Espos di Gedung Setda Sukoharjo, Kamis (1/10/2020).

Sebagian besar pemilih pemula telah melakukan perekaman data e-KTP. Mereka juga telah menerima kepingan e-KTP yang wajib dibawa saat menggunakan hak pilih di lokasi tempat pemungutan suara (TPS) saat coblosan. Namun, masih ada puluhan pemilih pemula yang belum merekam data e-KTP hingga sekarang.

Komitmen Pemda

Mereka diminta segera merekam data e-KTP secepatnya agar mendapatkan kepingan e-KTP. “Ini komitmen pemerintah daerah untuk menyukseskan pesta demokrasi terbesar di Sukoharjo dengan memprioritaskan para pemilih pemula. Mereka merupakan para pelajar SMA dan sederajat,” ujar dia.

Wanita yang akrab disapa Erma ini menyebut proses perekaman data e-KTP maupunan pelayanan administrasi kependudukan lainnya menerapkan protokol kesehatan pencegahan pandemi Covid-19. Para petugas operator memakai masker, sarung tangan dan penutup wajah atau face shield saat melayani perekaman data e-KTP.

Kacamata John Lennon Dilelang di London, Masih Ada Memorabilia Lain The Beatles

Guna mencegah kerumunan massa, pendistribusian kepingan e-KTP bagi pemilih pemula diantar oleh petugas dari Kantor Pos Sukoharjo. Mereka mengantar kepingan e-KTP ke setiap rumah pemilih pemula. Kepingan e-KTP harus diterima langsung pemilih pemula yang bersangkutan. “Tidak ada masalah mengenai blangko KTP-el. Masih cukup untuk mencetak kepingan KTP-el bagi pemilih pemula,” papar dia.

Lebih jauh, Erma menambahkan selalu berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sukoharjo saat melakukan sinkronisasi data pemilih. Hal serupa bakal dilakukan hingga penetapan daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Sukoharjo.

Sementara itu, Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda, mengatakan uji publik dan tanggapan masyarakat mengenai data pemilih telah dilakukan di masing-masing desa/kelurahan. Uji publik itu bagian dari partisipasi masyarakat dalam pemutakhiran data pemilih. Selanjutnya, KPU melakukan rekapitulasi data pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHB) secara berjenjang mulai tingkat desa/kelurahan, kecamatan hingga kabupaten.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom