Kategori: Sukoharjo

Sama-Sama Terguling, 2 Truk Kecelakaan di Karanganyar & Sukoharjo Beda Nasib


Solopos.com/Tim Solopos

Solopos.com, KARANGANYAR – Dua kecelakaan truk terguling terjadi di wilayah Soloraya pekan ini. Kedua kecelakaan tersebut terjadi di wilayah Karanganyar pada Jumat (22/1/2021) dan Sabtu (23/1/2021).

Kedua truk tersebut sama-sama membawa muatan makanan dalam jumlah banyak. Kecelakaan pertama dialami truk tronton bermuatan minuman isotonik Pocari Sweat di jalan tembus Tawangmangu-Magetan.

Truk tronton berpelat nomor B 9650 KEU itu terguling dengan posisi ban di atas. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan yang berada persis di depan RM Legender Tawangmangu.

Baca juga: Warga Kembalikan Muatan Truk Tronton yang Kecelakaan di Tawangmangu

Kapolsek Tawangmangu, AKP Ismugiyanto, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Muchammad Syafi Maulla, menyampaikan kendaraan berangkat dari Pasuruan, Jawa Timur, menuju salah satu pabrik di Kecamatan Colomadu mengandalkan aplikasi Google Maps.

Is menyebut bahwa sopir tersebut kali pertama melintas di jalan tembus itu sehingga diduga tidak menguasai medan. Truk pun akhirnya terguling yang membuat muatan minuman isotonik berceceran di jalanan.

Melihat kejadian itu, sejumlah orang menjarah minuman isotonik tersebut. Botol minuman isotonik yang dijarah itu berserakan di halaman parkir atau di luar gerbang rumah makan. Lokasi itu tidak terpantau sukarelawan yang berada di lokasi kejadian.

Baca juga: Buah-Buahan untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

Aksi penjarahan truk bermuatan minuman isotonik yang terguling di Tawangmangu itu terekam video viral di media sosial. Sehari setelahnya warga mulai mengembalikan barang jarahan tersebut ke kantor kecamatan maupun Polsek Tawangmangu.

Sejumlah sukarelawan di Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, bahkan membuka donasi untuk sopir truk tronton muatan minuman isotonik yang mengalami kecelakaan itu.

Baca juga: Pria Grobogan Bunuh Pemuda Gegara Kesal Honor Kencan Rp100.000 Tak Dibayar

Truk Terguling di Sukoharjo

Jika truk bermuatan minuman isotonik yang terguling di Tawangmangu sempat dijarah warga, lain halnya dengan kecelakaan serupa yang dialami truk bermuatan telur ayam di Solo Baru. Kecelakaan itu dialami truk bermuatan empat ton telur ayam di Simpang Tiga Rumah Sakit Indriati, Solo Baru, Sabtu (23/1/2021) sekitar pukul 03.00 WIB.

Mendengar kejadian tersebut, sejumlah sukarelawan pengemudi truk nusantara (SPTN) membersihkan telur ayam yang sebagian pecah dan berceceran di bahu jalan. Hal itu dilakukan guna menghindari aksi penjarahan seperti yang terjadi di Twangmangu.

Baca juga: Josss! Warga Bantu Amankan Truk Muatan 4 Ton Telur Ayam yang Terguling di Solo Baru

Kecelakaan yang dialami kendaraan berpelat nomor AG 8780 EE itu sama persis dengan yang terjadi di Tawangmangu. Truk itu mengalami kecelakaan tunggal dan terguling dengan posisi ban di atas. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tunggal tersebut. Sementara sebagian telur ayam pecah dan berserakan di bahu jalan.

Kejadian bermula saat truk bermuatan 4 ton telur ayam yang berangkat dari Blitar, Jawa Timur menuju ke Jakarta melaju dari arah Langenharjo menuju Baki. Sesampai di lokasi kejadian, sopir truk diduga mengantuk dan menabrak pohon di pinggir jalan.

Share