Salah Satu Peritel Terbesar Asia Masuk Solo, Sudah Survei Lokasi Loh!

Salah satu perusahaan ritel atau peritel terbesar di Asia, PT Lulu Group Retail berekspansi ke Solo dan tengah melakukan survei lokasi.

 Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (kiri) dengan perwakilan PT Lulu Group Retail disaksikan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Kahadalia (tengah), menunjukkan nota kesepahaman kerja sama investasi di Hotel Alila Solo, Rabu (18/5/2022). (Istimewa/Dokumentasi Pemkot Solo)

SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (kiri) dengan perwakilan PT Lulu Group Retail disaksikan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Kahadalia (tengah), menunjukkan nota kesepahaman kerja sama investasi di Hotel Alila Solo, Rabu (18/5/2022). (Istimewa/Dokumentasi Pemkot Solo)

Solopos.com, SOLO — Salah satu perusahaan ritel atau peritel terbesar di Asia, PT Lulu Group Retail, melakukan ekspansi bisnisnya di Kota Solo. Mereka sudah melakukan survei lokasi dan menandatangani nota kesepahaman kerja sama investasi dengan Pemkot Solo, Rabu (18/5/2022).

Berdasarkan pantauan Solopos.com, penandatanganan nota kesepahaman itu berlangsung di acara Road to G20: Investment Forum di Hotel Alila Solo, Rabu pagi. Nota kesepahaman ditandatangani Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dengan perwakilan PT Lulu Group Retail disaksikan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Kahadalia.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Perusahaan dari Uni Emirat Arab (UEA) tersebut melakukan langkah ekspansi bisnisnya dengan nilai sekitar U$$4 juta untuk setiap outlet yang didirikan. Outlet tersebut bisa menyerap 250 tenaga kerja lokal. Gibran menjelaskan Pemkot Solo sering melakukan diskusi dengan PT Lulu Group Retail.

“Ini sekarang dalam tahap survei lokasi. Jadi nanti lokasinya di mana kami menyiapkan beberapa alternatif. Ya kami tunggu saja tapi kami serius,” katanya mengenai rencana ekspansi bisnis salah satu peritel terbesar Asia itu di Solo.

Bahlil Kahadalia menjelaskan potret investasi Indonesia selalu meningkat sejak Oktober 2019 sampai kuartal I/2022. Investasi antara di Pulau Jawa dan di luar Pulau Jawa kini mulai berimbang.

Baca Juga: Wow, Solo Dipercaya Latih SDM Untuk Industri Mobil Listrik Dunia

Kawasan Ekonomi Baru

“Ini adalah hasil kerja Presiden periode pertama dalam membangun infrastruktur. Tujuannya menciptakan kawasan ekonomi baru di daerah. Alhamdulillah tidak hanya investasi di pulau Jawa namun Aceh sampai Papua,” ujarnya.

Penanam Modal Asing dan Penanaman Modal Dalam Negeri pada kuartal I/2022 dari total 282,4 triliun mampu menyerap 319.013 tenaga kerja dari 69.099 proyek. Investasi itu bukan migas dan sektor keuangan.

Selain itu, lanjutnya, investor paling banyak merupakan Singapura. Amerika yang belum masuk empat besar investasi ke Indonesia kini menempati urutan keempat. Sementara Eropa juga tidak hanya Belanda di 10 besar. “Saya menyampaikan investasi Indonesia tak didominasi oleh negara tertentu,” paparnya.

Baca Juga: Aturan Boleh Lepas Masker di Tempat Umum, Begini Tanggapan Warga Solo

Bahlil menjelaskan Presiden Jokowi menegaskan dua hal saja kepada jajarannya, yakni membangun hilirisasi dan membangun industri berbasis terbarukan dan ramah lingkungan. Kementerian Investasi menerjemahkan hilirisasi dengan pengelolaan sumberdaya alam. Pemerintah menyetop ekspor nikel, bauksit, dan timah.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Dua Ahli Pernah Menjelaskan Ihwal Ganja Medis di Mahkamah Konstitusi

+ PLUS Dua Ahli Pernah Menjelaskan Ihwal Ganja Medis di Mahkamah Konstitusi

Dua orang ahli dari Korea Selatan dan Thailand pernah didatangkan ke Mahkamah Konstitusi untuk memberikan penjelasan tentang penggunaan ganja untuk kepentingan medis di dua negara itu.

Berita Terkini

Awas! Ini OPD Pemkot Solo Yang Rawan Pungli Menurut Anggota DPRD

Ketua Komisi I DPRD Solo Suharsono mengatakan kasus pungli oleh pegawai kontrak di Terminal Tirtonadi harus menjadi peringatan untuk Gibran dan jajaran Pemkot Solo.

Yuk, Nostalgia ke Pameran Foto Pesona Solo Tempoe Doeloe Monumen Pers

Pameran foto Pesona Solo Tempoe Doeloe, resmi dibuka di Monumen Pers Nasional, Solo, Kamis (30/6/2022).

162 Calhaj Wonogiri Mulai Menuju Embarkasi Donohudan Boyolali

Sebanyak 162 calon jemaah haji (calhaj) asal Kabupaten Wonogiri mulai menuju Embarkasi Haji Donohudan, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Kamis (30/6/2022) sore.

Viral Video Mobil Hilang Kendali Meluncur ke Jurang, di Sini Lokasinya

Mobil yang sempat terjun ke jurang tersebut sudah diangkut pada Rabu malam sekitar pukul 20.00 WIB.

Terdengar 2 Ledakan, Dapur MTs Negeri Sumberlawang Hangus Terbakar

Dapur MTs Negeri 3 Sragen di Sumberlawang hangus terbakar pada Kamis (30/6/2022) sore. Kebakaran dicuga akibat elpiji bocor yang menimbulkan dua kali ledakan.

Suka Duka Pemungut Sampah Desa di Karanganyar, Segini Honornya

Parno, petugas pemungut sampah asal Tasikmadu, Karanganyar bekerja tanpa ada asuransi kesehatan dan honor pas-pasan.

Pertamina: Banyak Yang Salah Kaprah Soal MyPertamina Untuk BBM Subsidi

PT Pertamina Patra Niaga menjelaskan banyak masyarakat yang salah kaprah mengenai pendaftaran pengguna BBM subsidi melalui MyPertamina. Begini penjelasannya.

Di Klaten Masih Ditemukan Daerah Blank Spot Zonasi PPDB SMP, Di Mana?

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP ditutup, Kamis (30/6/2022) siang. Sekolah masih melakukan proses verifikasi data sebelum hasil PPDB diumumkan, Rabu (6/7/2022).

Konsep CFS Wonogiri Berubah, Tempat Jualan dan Olahraga bakal Dipisah

Paguyuban pedagang dan Karang Taruna Giripurwo sepakat berkolaborasi menjadi pengelola car free sunday (CFS) Wonogiri. Nantinya, konsep CFS Wonogiri berubah.

Sempat Beda Pendapat, Pedagang-Pemuda Sepakat Kelola CFS Wonogiri

Paguyuban pedagang dan Karang Taruna Giripurwo sepakat berkolaborasi menjadi pengelola car free sunday (CFS) Wonogiri.

UNS Serahkan 11 Sistem Peringatan Dini Longsor ke BPBD Karanganyar

Fakultas MIPA UNS Solo menyerahkan aset early warning system (EWS) bencana longsor yang sudah terpasang di sejumlah lokasi kepada Pemkab Karanganyar.

Disnakkan Sragen Ragukan Data Kasus PMK, Ternyata Ini Penyebabnya

Disnakkan Sragen meragukan data soal jumlah kasus penyakit mulut dan kuku atau PMK yang mereka terima. Mereka meyakini kasus PMK yang ada di lapangan lebih tinggi daripada yang dilaporkan.

Antara Bus Bumel Biasa Saling Kejar-Kejaran, Ending-nya Tak Terduga

Sopir bus bumel trayek Solo-Wonogiri, Suparno alias Nano, 54, mengaku telah menjalani profesi sebagai sopir selama 27 tahun.

Pegawai Tirtonadi Solo Lakukan Pungli, Legislator: Warning Buat Gibran!

Ketua Komisi I DPRD Solo Suharsono mengatakan kasus pungli oleh pegawai kontrak di Terminal Tirtonadi harus menjadi peringatan untuk Gibran dan jajaran Pemkot Solo.

Manfaatkan Jaringan TKW, UMKM Jamur Krispi Sragen Tembus Hong Kong

Mantan tenaga kerja wanita (TKW) asal Sragen, Anik Purwanti, berhasil menjalani bisnis jamur krispi. Kini pasarnya tembus sampai Hong Kong dengan memanfaatkan jaringan para TKW di sana.