Wow, Solo Dipercaya Latih SDM Untuk Industri Mobil Listrik Dunia

Kementerian Investasi menunjuk Solo Technopark sebagai instrumen terpenting penyediaan tenaga kerja guna mendukung pembangunan ekosistem industri mobil listrik di Indonesia.

 Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Kahadalia menyampaikan materi pada Road to G-20: Investment Forum di Hotel Alila Solo, Rabu (18/5/2022). (Istimewa/Humas Pemkot Solo)

SOLOPOS.COM - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Kahadalia menyampaikan materi pada Road to G-20: Investment Forum di Hotel Alila Solo, Rabu (18/5/2022). (Istimewa/Humas Pemkot Solo)

Solopos.com, SOLO — Kota Solo melalui Solo Technopark (STP) dipercaya untuk melatih tenaga kerja atau sumber daya manusia (SDM) guna mendukung pembangunan ekosistem industri mobil listrik dunia di Indonesia.

Hal itu dikatakan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Kahadalia, pada acara Road to G-20: Investment Forum di Hotel Alila Solo, Rabu (18/5/2022).

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Bahlil mengatakan Indonesia merupakan salah satu negara pertama yang mengembangkan ekosistem baterai mobil dari hulu ke hilir. Sejumlah investor, antara lain CATL dan LG, telah berinvestasi di Indonesia.

BSAF, Foxconn, dan disusul Tesla juga bakal mengumumkan investasinya di Indonesia. Bahlil menegaskan Indonesia terbuka bagi para investor industri mobil listrik dengan memberikan tempat terbaik di Batang, Jateng.

Sementara Solo Technopark (STP) akan menjadi instrumen penting dalam menyiapkan tenaga kerja untuk kebutuhan industri tersebut. “Kami tawarkan, silakan memberikan tempat paling terbaik di Batang tetapi urusan tenaga kerja dari dalam negeri, Solo Technopark akan dijadikan instrumen terpenting dalam membina tenaga kerja ini,” katanya.

Baca Juga: Tak Hanya Tesla, Ada Raksasa Lain di Industri Mobil Listrik Indonesia

Bahlil mengatakan pemerintah ingin investasi yang masuk berkolaborasi dengan pengusaha daerah supaya tumbuh bersama. Batang menjadi kawasan yang terintegrasi dengan jalan tol, Kota Semarang, dan pelabuhan.

“Khususnya untuk Foxconn merakit di sini. Material bangun dalam negeri lalu tenaga mereka melakukan asistensi untuk melakukan pelatihan di sini,” paparnya.

Energi Terbarukan

Menurutnya, energi terbarukan akan laku di pasar global. Pemerintah Indonesia belum berpikir melakukan ekspor energi terbarukan ke negara mana pun. “Silakan investasi namun kamu belum mengekspor energi terbarukan ke luar negeri. Jika listrik dijual ke negara lain maka industrinya akan lari ke sana,” ungkapnya.

Baca Juga: Ngobrol Sejam, Luhut: Elon Musk Tertarik Potensi Industri di Indonesia

Menurutnya, potret investasi Indonesia termasuk di bidang ekosistem industri mobil listrik selalu meningkat sejak Oktober 2019 sampai kuartal I/2022. Investasi antara di Pulau Jawa dan di luar Pulau Jawa kini mulai berimbang.

“Ini adalah hasil kerja Presiden periode pertama dalam membangun infrastruktur. Tujuannya menciptakan kawasan ekonomi baru di daerah. Alhamdulillah tidak hanya investasi di Pulau Jawa namun Aceh sampai Papua,” ujarnya.

Dia mengatakan Penanaman Modal Asing dan Penanaman Modal Dalam Negeri pada kuartal I/2022 dari total Rp282,4 triliun mampu menyerap 319.013 tenaga kerja dari 69.099 proyek. Investasi itu bukan migas dan sektor keuangan.

Baca Juga: Dipesan 800 Unit, Kecanggihan Ioniq 5 Bikin Mobil Listrik Kian Memikat

Selain itu, lanjutnya, investor paling banyak dari Singapura. Amerika yang belum masuk empat besar investasi ke Indonesia kini menempati urutan keempat. Sementara Eropa tidak hanya Belanda di 10 besar. “Saya menyampaikan investasi Indonesia tak didominasi oleh negara tertentu,” paparnya.

Ramah Lingkungan

Bahlil menjelaskan Presiden Jokowi menegaskan dua hal saja kepada jajarannya, yakni membangun hilirisasi dan membangun industri berbasis energi terbarukan dan ramah lingkungan.

Kementerian Investasi menerjemahkan hilirisasi dengan pengelolaan sumberdaya alam. Pemerintah menyetop ekspor nikel, bauksit, dan timah. Ia menjelaskan kebijakan ekonomi berbasis nilai tambah membuat nilai ekspor turunan nikel meningkat dari US$1,1 miliar pada 3-4 tahun lalu menjadi diperkirakan US$20 miliar pada 2021.

Baca Juga: Mobil Listrik Pertama di Indonesia, Isi Baterai 18 Menit untuk 490 Km

“Nikel menjadi komoditas unggulan dunia. CATL dan LG merupakan perusahaan terbesar di dunia. Tahun ini kami mulai melakukan pembangunan di Batang,” jelasnya. “Begitu terjadi China dan Korea Selatan masuk maka Eropa enggak mau kalah. VW, BSAF, dan Foxconn ingin masuk,” tambahnya.

Terbaru, lanjut dia, Tesla bersama Pemerintah Indonesia bakal mengumumkan investasinya di Indonesia.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Kondisi Global Ancam Stok Gandum Lokal dan Menakar Peluang Budidaya 

+ PLUS Kondisi Global Ancam Stok Gandum Lokal dan Menakar Peluang Budidaya 

Kondisi global seperti Perang Rusia-Ukraina dan larangan ekspor gandum oleh India telah berdampak pada meningkatnya harga dan pasokan gandum lokal, yang dikhawatirkan berpengaruh pada produksi makanan olahan gandum, lalu bagaimana peluang budidaya di Indonesia?

Berita Terkini

Bikin Geger! Napi Rutan Solo Coba Kabur Dengan Panjat Atap

Seorang napi kasus pencurian yang menjalani hukuman dua tahun penjara di Rutan Solo mencoba kabur dengan memanjat atap masjid dan dapur.

Dilarang, Pedagang Nekat Jual Hewan Kurban di Pinggir Jalan Karanganyar

Sebagian pedagang hewan kurban nekat membuka lapak di pinggir jalan. Padahal Bupati Karanganyar melarang peternak berjualan di pinggir jalan selama wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) merebak.

4 Kecamatan di Karanganyar jadi Sasaran KKN 988 Mahasiswa UIN

Sebanyak 998 mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta melaksanakan KKN di 45 desa di empat kecamatan di Kabupaten Karanganyar.

Jembatan Jurug C Solo Tanggung Beban Lalin 2 Kali Lipat, Mampukah?

Beban arus lalu lintas selama pembongkaran dan pembangunan kembali Jembatan Jurug B Solo mulai 16 September akan bertumpu pada Jembatan C.

Tak Perlu Khawatir! Pertamina Jamin Elpiji Subsidi Aman

Ketersediaan liquified petroleum gas (LPG) subsidi atau elpiji 3kg dipastikan aman hingga akhir tahun.

Asyik! Wong Boyolali Boleh Jualan di CFD Tanpa Syarat dan Izin

Pedagang asli Boyolali dipersilakan berjualan di area CFD tanpa menggunakan syarat izin. Namun, Pemkab akan tetap melakukan pendataan. 

Luruskan Kabar Pelecehan Seksual JKT 48, Gibran Dipuji Dan Disindir

Langkah Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meluruskan informasi mengenai lokasi dugaan pelecehan seksual personel JKT48 tuai pujian sekaligus sindiran.

Kapan Pemutihan Pajak Kendaraan Sukoharjo Dimulai? Ini Kata Samsat

Samsat Sukoharjo telah melakukan berbagai upaya agar kepatuhan wajib pajak (WP) meningkat. Di antaranya program pembebasan denda, bea balik nama (BBN) dan mutasi selama 5 bulan pada 2021.

Lengkap! Ini Jumlah Siswa Yang Diterima Di 8 SMA Negeri Solo Lewat PPDB

Hasil seleksi PPDB SMA negeri di Kota Solo telah diumumkan melalui laman PPDB SMA/SMK Jateng 2022/2023, Senin (4/7/2022) sore.

Banyak Kendaraan Baru, Pembayaran Pajak Sukoharjo 1.500 Per Bulan

Pembayaran Pajak kendaraan bermotor (PKB) di Kabupaten Sukoharjo mencapai  1.500 objek kendaraan  setiap bulannya.

Jembatan Mojo Solo Direhab, Jembatan Bacem Siap-Siap Tambah Padat!

Jembatan Bacem di Telukan, Grogol, Sukoharjo, akan menjadi jalur pengalihan kendaraan roda empat saat Jembatan Mojo Solo direhab dan ditutup total.

Ribuan Kendaraan Roda Dua Nunggak Pajak, Nggak Bayar Karena Lupa

Ribuan kendaraan roda dua di Sukoharjo nunggak pajak kendaraan bermotor (PKB). Alasan tidak membayar beragam, salah satunya karena lupa.

Komplet! Ini Daftar Menu Hidangan Welcome Dinner G20 Di Keraton Solo

Keraton Solo menyiapkan menu kuliner perpaduan tradisional dengan unsur Eropa dan Cina untuk welcome dinner para delegasi G20, Selasa (5/7/2022) malam.

Jembatan Mojo Solo Diperbaiki, Ini Jalur Alternatif yang Disiapkan

Arus lalu lintas yang melewati jalur alternatif bakal dipecah ke jalan perdesaan di wilayah Kecamatan Mojolaban dan Kecamatan Polokarto selama perbaikan Jembatan Mojo.

Ada 1.201 Bayi di Karanganyar Alami Kurang Gizi, Apa Langkah Pemkab?

Dinkes Karanganyar menyebut ada 1.201 bayi di Bumi Intanpari yang mengalami kurang gizi berdasarkan data 2021. Di sisi lain ada perbedaan data soal jumlah stunting antara versi Pemkab Karanganya dan Pemprov Jateng. 

Wow! TSJK Kumpulkan Jutaan Rupiah Per Malam Untuk Masjid Sriwedari Solo

Taman Sunan Jogo Kali (TSJK) Solo mengadakan acara charity untuk membantu dana pembangunan Masjid Taman Sriwedari dan berhasil mengumpulkan jutaan rupiah per malam.