SOLOPOS.COM - Operator SPBU Mobil di Desa Jati, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, membuka gerai dispenser pengisian BBM, Rabu (12/10/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemilik kendaraan bermotor di Kabupaten Karanganyar kini memiliki pilihan untuk membeli bahan bakar. Tak hanya di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Pertamina, BBM juga bisa dibeli di SPBU Mobil, miliki ExxonMobil, yang kini bermunculan di Karanganyar.

SPBU milik perusahaan swasta ini menjual BBM Gasoline 92 dengan harga Rp14.150/liter. BBM jenis ini setara dengan pertamax yang sama-sama memiliki RON 92. Harga pertamax sendiri per Oktober 2022 ini turun menjadi Rp13.900/liter dari Rp14.500/liter.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

SPBU Mobil salah satunya bisa dijumpai di Dusun Kaling, Desa Kaling, Kecamatan Tasikmadu. Pantauan Solopos.com, Rabu (12/10/2022), skala SPBU Mobil ini setara dengan Pertashop milik Pertamina. Cukup lega untuk lalu lintas kendaraan roda dua yang akan membeli BBM di sini. Untuk melayani warga, di SPBU Mobil ini disediakan satu dispenser dengan dua nozzle dengan jam pelayanan pukul 06.00 WIB-21.00 WIB.

Menurut operator setempat, Anisa Eka Saputri, di SPBU Mobil di Kaling sudah buka sejak Mei 2022. “Kami menyebut SPBU Mobil ini microsite. Yang di Kaling ini sudah buka sejak sekitar Mei 2022,” ujarnya saat ditemui Rabu (12/10/2022).

Baca Juga: Pendaftaran Subsidi Tepat Melalui MyPertamina Masih Berjalan

Menurut Anisa, saat ini sebagian masyarakat sudah mulai mengenal SPBU Mobil dan mengisi BBM di sana. “Rata-rata mereka menginginkan pengisian dengan nilai nominal uang, misalnya Rp20.000 atau Rp30.000. Jumlah BBM yang kami keluarkan saat ini rata-rata 15-20 liter per hari,” imbuhnya.

Selain BBM, di SPBU dengan papan bertuliskan Mobil Indostation tersebut juga menjual kebutuhan otomotif seperti oli dan ban.

Menurut Anisa, selain di Kaling, SPBU Mobil di Karanganyar ini juga ada di antaranya di Desa Jati (Kecamatan Jaten); Desa Kaliwuluh (Kebakkramat); Desa Ngadiluwih (Matesih), dan Desa Jatikuwung (Gondangrejo).

Pantauan Solopos.com di SPBU Mobil di Jati, lokasinya berada di sisi barat Jl. Jenderal Basuki Rahmat. Sama dengan di Kaling, SPBU Mobil di Jati ini juga menjual Gasoline 92 dengan harga Rp14.150 per liter.

Baca Juga: Pertamina Uji Coba Batasi Pembelian Pertalite, 120 Liter per Mobil per Hari

Operator SPBU Mobil di Jati, Eko Yunianto, mengatakan pihaknya sudah beroperasi sejak Juli 2022. “Jam pelayanan dari pukul 06.00 WIB-21.00 WIB,” ujarnya. Menurutnya, sebagian warga sudah mulai mengenal produk dari ExxonMobil dan mengisi BBM di tempatnya. “Di sini lumayan yang mengisi BBM sudah mulai banyak. Sehari minimal 30 liter,” ujarnya.

Sementara itu, dikutip dari bphmigas.go.id, Indostation atau SPBU Mini ExxonMobil merupakan kerja sama PT. Exxon Mobil Indonesia dengan PT Indomobil Prima Energi (anak usaha Salim Grup). ExxonMobil mulai menggarap pilot project SPBU mini sejak akhir 2018. SPBU mini ini menyasar daerah-daerah yang tidak terjangkau oleh SPBU komersil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya