SOLOPOS.COM - Bakal calon presiden (Capres) dari Partai Nasdem, Anies Baswedan berbelanja dan berbincang dengan salah seorang pedagang di Pasar Natar, Kabupaten Lampung Selatan Lampung, Sabtu, (25/2/2023). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Solopos.com, LAMPUNG — Bakal calon presiden (Capres) dari Partai Nasdem, Anies Baswedan kembali melakukan safari politik.

Anies menyapa warga Provinsi Lampung di Pasar Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Sabtu (25/2/2023).

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Di pasar tradisional tersebut Anies berbelanja sejumlah bahan dapur serta berbincang dengan pedagang setempat.

“Tadi saya juga turun untuk membeli sejumlah komoditas kacang-kacangan, ikan telur, dan cabai sekaligus untuk mendengar apa yang menjadi harapan para pedagang di sini,” kata Anies di Lampung Selatan, Lampung, Sabtu, seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengungkapkan setelah menyapa para pedagang di Pasar Natar, beberapa dari mereka (pedagang) menyampaikan tentang kondisi dan situasi yang sedang dihadapi saat ini.

Secara umum para pedagang itu menyampaikan kondisi ekonomi yang belum membaik setelah pandemi Covid-19 berakhir, beberapa waktu lalu.

“Mudah-mudahan kondisi perekonomian kita lebih baik, sehingga pembelian, dan jumlah transaksi lebih banyak,” katanya.

Anies berharap perekonomian ke depan segera membaik yang ditandai daya beli masyarakat yang semakin bagus.

Dia mengungkapkan pada umumnya para pedagang di Pasar Natar menyampaikan terkait masalah harga-harga komoditas yang cenderung meningkat.

“Dengan harga yang cenderung naik itu otomatis pembelian masyarakat juga menurun,” kata dia.

Anies Baswedan pun berharap menjelang bulan Suci Ramadan nanti pembelian atau permintaan masyarakat dapat meningkat kembali.

Salah seorang Pedagang di Pasar Natar, Lampung Selatan yang menjajakan ubi-ubian, Saiful mengatakan Anies Baswedan sempat menanyakan bagaimana situasi pasar saat ini kepada dirinya.

“Ya, tadi nanya-nanya soal situasi di pasar, kita sampaikan juga kondisinya seperti apa,” kata dia.

Anies beserta rombongan dijadwalkan menuju Lapangan Way Hui guna menghadiri pelantikan DPD Partai Nasdem Lampung Selatan, kemudian rombongan menuju Lapangan Desa Untoro Kecamatan Trimurjo Lampung Tengah menghadiri Pelantikan Sayap Partai Nasdem se-Provinsi Lampung.

Pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden RI untuk Pemilu 2024 dijadwalkan pada 19 Oktober 2023 sampai dengan 25 November 2023.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu) pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR RI atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR RI sebelumnya.

Saat ini ada 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR.

Bisa juga pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya