Sabtu, Pekerja Flyover Purwosari Solo Mulai Pasang Gelagar di Atas Rel Kereta Api
Proyek flyover Purwosari difoto dari rooftop Aston Solo Hotel, Solo, Selasa (25/8/2020). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Pelaksana proyek pembangunan flyover Purwosari, Solo, bakal mulai mengerjakan pemasangan gelagar di atas rel kereta api mulai Sabtu (26/9/2020) pagi.

Dua gelagar bakal dikerjakan mulai akhir pekan ini hingga dua pekan ke depan. Total gelagar yang akan dipasang di perlintasan sebidang Purwosari itu berjumlah 6 bagian.

Setiap dua bagian dikerjakan selama dua pekan, sehingga ditargetkan pada pekan terakhir Oktober, pengerjaannya rampung.

Pembebasan Biaya Sewa Rusunawa Solo Berakhir, Penghuni Siap-Siap Harus Bayar Lagi!

Terkait pemasangan gelagar flyover Purwosari, Solo, itu, PPK 1.6 Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah 1 Jateng, Alik Mustakim, mengatakan sudah berkoordinasi dengan PT KAI Daop VI Yogyakarta.

Koordinasi itu mengenai window time (jeda perjalanan kereta api). Hal itu pekerjaan pemasangan gelagar tidak mengganggu perjalanan kereta api.

Pelaksana proyek secara kontinu memperbarui perkembangan penyambungan jembatan tersebut kepada PT KAI. Pemberitahuan lewat notis wajib selama pemasangan gelagar, meski pengerjaannya saat tak ada kereta api yang melintas.

Cawabup Sukoharjo Wiwaha Aji Santosa Punya Harta Rp46 Juta, Tanah Dan Bangunan Nol

Capaian 74 Persen

Alik menyebut saat pemasangan gelagar itu, proyek flyover Purwosari Solo sudah memasuki pekan ke-37 dengan capaian 74 persen. Pemerintah menargetkan proyek senilai Rp104 miliar tersebut rampung selama 50 pekan pengerjaan.

“Selama 13 pekan tersisa ini kami tinggal merampungkan struktur jembatan. Jika pekan ketiga Oktober, pemasangan gelagar rampung, maka struktur jembatan flyover Purwosari sudah tersambung sepenuhnya,” katanya kepada Solopos.com melalui telepon, Jumat sore.

Setelah itu, pekerja akan menyelesaikan pengecoran pada bentang utama jembatan sembari merampungkan infrastruktur pendamping lain, seperti pengerasan jalur lambat.

Intip Isi Garasi Rumah Cawali Solo Gibran Rakabuming Raka, Mobilnya 5 Lur!

Alik menjelaskan target fungsional masih belum meleset dari sebelumnya, yakni 20 Desember. Apalagi saat ini proyek flyover Purwosari, Solo, sudah memasuki tahap pemasangan gelagar.

Namun, sebelum fungsional, pelaksana proyek bakal menguji coba struktur bangunan secara internal dengan sejumlah pihak pada November. Pelaksanaan uji coba sekaligus untuk evaluasi bangunan.

“Estimasi target cor lantai selesai pada pekan terakhir Oktober, maksimal pekan pertama November. Setelah struktur selesai baru kami undang tim subtitle lingkungan dan keselamatan jalan untuk pengujian. Kami juga sekalian finishing saat uji coba itu,” ucap Alik.

Tuding Najwa Shihab Memprovokasi, Luhut Pandjaitan Viral

Beautifikasi

Finishing itu yakni pengerjaan beautifikasi dan mengecek infrastruktur pendamping lain. Sehingga, saat Natal dan Tahun Baru, kendaraan sudah bisa melintasi area itu.

Sebelumnya, Manajer Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengatakan terus koordinasi dengan pelaksana proyek flyover Purwosari, Solo. Termasuk saat pemasangan gelagar.

Pemkot Madiun Ancam Robohkan Tugu Pesilat Jika Terus Jadi Sumber Keributan

“Dari awal proyek sampai pekerjaan yang ada kaitannya dengan perjalanan kereta api, kami selalu komunikasi,” ucap Eko.

Ia tak khawatir pekerjaan lanjutan itu bakal mengganggu perjalanan kereta api karena pengerjaannya saat jeda perjalanan kereta atau saat tidak ada kereta melintas.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom