SOLOPOS.COM - Dokter Spesialis kejiwaan Rumah Sakit (RS) Triharsi Solo, dr. Susi Suryaningsih, Sp.KJ, M.Kes (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Banyak orang yang tidak sadar mereka mengalami masalah kesehatan jiwa. Banyak pasien yang datang ke rumah sakit sudah dalam kondisi depresi. Terapi self hypnosis seperti yang dilakukan di RS Triharsi Solo menjadi langkah yang bisa diambil untuk mengatasi gangguan jiwa.

“Psikiater berprinsip tiga dari empat orang berpotensi memiliki masalah kesehatan jiwa,” kata dokter spesialis kejiwaan Rumah Sakit atau RS Triharsi Solo, dr. Susi Suryaningsih, Sp.KJ, M.Kes, Rabu (10/3).

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Susi menjelaskan masalah kesehatan jiwa diawali dari rasa cemas dengan tiga gejala peningkatan saraf otonom, antara lain peningkatan kerja jantung dan paru-paru, peningkatan saraf motorik, antara lain, kram otot dan kedutan, dan cemas irasional, antara lain fobia.

Riwayat Perjalanan Pasien Positif Corona Sebelum Meninggal di Solo

“Mereka yang sudah kelelahan dan putus asa biasanya baru datang ke psikiater. Padahal penyakit dalam bersumber dari pikiran dan bisa dicegah sejak awal. Psikomatis merupakan gangguan psikis yang bisa menyebabkan ganggu fisik,” ujar Susi.

Menurut Susi, gangguan mental banyak dipengaruhi oleh kondisi lingkungan. Tekanan hidup remaja dan orang dewasa memiliki stimulan yang sama tetapi jumlah kasus berusia 15 hingga 24 tahun memiliki angka yang dominan.

Terapi self hypnosis merupakan salah satu cabang dari hipnoterapi untuk melakukan penyembuhan secara mandiri dengan kekuatan alam bawah sadar. Motivasi dan keyakinan untuk sembuh memengaruhi proses penyembuhan.

Pikiran manusia terbagi dalam dua bagian,masing-masing pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Pikiran sadar merupakan pikiran yang dipahami dalam kehidupan sehari hari untuk menentukan logis dan rasional.

Langkah Penting Cegah Penyebaran Virus Corona di Angkutan Umum

Sementara pikiran bawah sadar merupakan pengalaman, pengertian, pemahaman, dan sistem kepercayaan sejak lahir hingga kini.

Susi menjelaskan pikiran bawah sadar memiliki kontribusi 80 persen terhadap perilaku manusia dan pikiran sadar hanya 20 persen.

"Kerugian yang ditimbulkan oleh pikiran bawah sadar seperti fobia, traumatis, dan berbagai penyakit yang dipicu oleh aspek psikologis,, beberapa di antaranya asma, gangguan tekanan darah, dan alergi," ujarnya.

Satu-Satunya di Soloraya

Terapi self hypnosis menangani faktor psikologis yang berpotensi menyebabkan, memperparah, dan menghambat penyembuhan penyakit. Seorang secara sadar ingin mendapatkan keyakinan sembuh dengan bantuan terapi self hypnosis.

RS Triharsi Solo yang berlokasi di Jl. Monginsidi 82 Surakarta merupakan satu-satunya layanan kesehatan yang menyediakan metode penyembuhan dengan terapi self hypnosis di Soloraya. Susi memberikan layanan kepada masyarakat di Rumah Sakit Triharsi setiap Sabtu pukul 08.00 WIB.

Patut Dicoba, Ini Daftar Investasi yang Cocok untuk PNS

Susi menjelaskan RS Triharsi Solo memiliki sejumlah fasilitas berstandar internasional, antara lain, memisahkan rumah tunggu pasien gangguan jiwa dengan ruang tunggu pasien lain. Poliklinik Kejiwaan akan memberikan layanan kesehatan dengan bekerja sama antardepartemen sehingga proses penyembuhan pasien bisa efektif. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya