RS Darurat Covid-19 Asrama Haji Donohudan Boyolali Tinggal Tunggu Alat-Tenaga Kesehatan

RS darurat Covid-19 Asrama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali, ditargetkan siap menerima pasien dengan gejala ringan pada pekan depan.

 Asrama Haji Donohudan di Ngemplak Boyolali. (Solopos-Bayu Jatmiko Adi)

SOLOPOS.COM - Asrama Haji Donohudan di Ngemplak Boyolali. (Solopos-Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah pusat bakal menyulap Asrama Haji Donohudan (AHD) Boyolali menjadi rumah sakit atau RS darurat Covid-19. Hal itu menyusul tingginya tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) yang tinggi di Solo dan sekitarnya.

Belasan RS Kota Bengawan merawat seribuan pasien yang tak hanya dari Solo, tapi juga Soloraya. Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Ahyani, mengatakan saat ini sejumlah pihak terkait tengah melakukan survei lokasi.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjadi leading sector dengan melibatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan daerah sekitar. “Wakil Wali Kota Teguh Prakosa yang ke lokasi. Pemprov sebagai pemilik aset, dan mengundang kabupaten sekitar,” katanya kepada wartawan, melalui Zoom, Kamis (15/7/2021).

Baca Juga: Jl Adi Sucipto Solo Ditutup 24 Jam, Ada 4 Titik Penyekatan

Sejauh ini, Ahyani melanjutkan RS di Solo menerima rujukan pasien asal Jawa Tengah sisi timur, seperti Grobogan, Pati, Kudus. Bahkan ada pula yang dari Jawa Timur sisi barat.

Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Solo itu menyampaikan kapasitas bed isolasi rumah sakit Solo sangat mepet sehingga Pemkot Solo merasa berkepentingan dengan diubahnya Asrama Haji Donohudan menjadi RS darurat.

Merawat Pasien Covid-19 Bergejala Ringan

Asrama Haji Donohudan rencananya untuk merawat pasien Covid-19 bergejala ringan agar tidak dicampur dengan yang bergejala sedang hingga berat. Harapannya tingkat kesembuhan lebih besar.

Baca Juga: Kabar Duka, Sekjen Pasoepati Solo Anwar Sanusi Meninggal Dunia

“Kalau mereka digabung di RS, ya bisa tambah stres. Dipisah biar segera sembuh, sehingga RS bisa fokus menangani yang gejalanya sedang hingga berat,” jelasnya.

Soal rumah sakit lapangan (rumkitlap) milik TNI di Benteng Vastenburg, Ahyani menyebut akan dimaksimalkan untuk mengurangi beban RS.

Tenaga kesehatan (nakes) RS darurat Covid-19 Asrama Haji Donohudan Boyolali disuplai dari pemerintah pusat, lantaran daerah sudah kelelahan. RS darurat itu ditargetkan bisa digunakan mulai pekan depan.

Baca Juga: Sebelum Positif Corona, Style Gibran Pakai Celana Retro Inggris Ini Curi Perhatian

Peranti sudah siap tinggal menunggu alat kesehatan dan nakesnya. Tempat tidur dan sejenisnya juga sudah siap karena sampai saat ini masih digunakan untuk pasien konfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala.

Kapasitas Sama Dengan RSUD dr Moewardi

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan pasien rujukan dari luar kota biasanya sudah bergejala berat. Ia menyebut Asrama Haji Donohudan bisa menampung 300-an orang, sama seperti RSUD dr. Moewardi.

“Pasien tanpa gejala bisa di isolasi terpusat. Saat ini penataan empat bed, bisa dimaksimalkan delapan bed. Kalau bulan depan AHD bisa dioptimalkan, paling lama sebulan bisa mengurangi kepadatan pasien positif,” imbuhnya.

Baca Juga: Gibran Sebut Asrama Haji Donohudan Boyolali Bakal Jadi RS Darurat Covid-19

Sebelumnya, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengaku sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait rencana Asrama Haji Donohudan di-upgrade menjadi RS darurat Covid-19.

“Kami koordinasi dengan provinsi dan pusat. Menkes, Pak Luhut, PUPR. Dalam waktu dekat AHD di-upgrade jadi RS darurat,” katanya melalui Zoom, Rabu (14/7/2021).


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Jauh dari Hutan, 7 Desa di Soloraya Ini Mendadak Disatroni Kera Liar

Tujuh desa yang tersebar di Soloraya ini relatif jauh dari hutan, namun desa ini pernah disatroni kera liar.

6 Fakta Terkait Pembunuhan Teman Karib di Klaten

Enam fakta seputar pembunuhan yang dilakukan Soleman, 65, warga Bangunrejo Kidul RT 007/RW 004, Desa Granting, Kecamatan Jogonalan, Klaten, terhadap teman karibnya sendiri, Trimo Lewong, 65, warga Kanoman, Kecamatan Karangnongko.

Disambut Selvi Ananda, BKKBN Jateng Apresiasi Kampung KB Solo

BKKBN menilai keberadaan kampung KB termasuk di Kota Solo, strategis untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan keluarga.

Lagi, Kawanan Kera Liar Serbu Kampung, Kali Ini di Mojolaban Sukoharjo

Tidak hanya di Kebakkramat, Karanganyar, kawanan kera liar juga menyerbu Dusun Jatiteken, Desa Laban, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo.

Desa Karangmojo Masih Kekeringan, Satlantas Sukoharjo Kirim Air Bersih

Satlantas Polres Sukoharjo membantu masyarakat dengan mengirimkan bantuan air bersih ke wilayah selatan Sukoharjo Sabtu (23/10/2021).

Maulid Nabi Muhammad, Syariah Hotel Solo Gelar Kajian Karyawan

Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh tepat pada Selasa (19/10/2021), manajemen Syariah Hotel Solo melaksanakan kegiatan kajian karyawan.

Tanpa Penata Busana Pribadi, Ini Rahasia Cantik Selvi Ananda

Gaya busana Selvi Ananda selalu match dan terlihat anggun meskipun menggunakan aksesoris yang terkesan sederhana.

Waspadai Covid-19 Gelombang ke-3, Reisa Gencarkan 3M dan 3T di Solo

Pemerintah mulai gencar menggalakkan disiplin 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) serta 3T (tracing, testing, treatment) jelang libur panjang Natal dan tahun baru.

Pemkab Klaten Gandeng Tokoh Agama untuk Serukan Vaksinasi Covid-19

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menyadari besarnya pengaruh tokoh agama kepada masyarakat.

Bersarung, Berpeci, Pakai Koko Putih, Gibran Peringati Hari Santri

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, memimpin upacara peringatan HSN di Plaza Balai Kota, Jumat (22/10/2021) mengenakan sarung, peci, dan baju koko warna putih.

Sebut Seniman Daerah Pakai Ngisor Pring, Dalang Ini Minta Solusi

Seniman Solo mulai menggelar pentas langsung menyusul pelonggaran PPKM di Kota Solo, tetapi itu tidak berlaku bagi seniman ngisor pring di daerah yang masih level 3.

Cerita Rudy Eks Wali Kota Solo, Ibunya Terjerat Utang Rentenir!

Eks Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, memiliki pengalaman yang tak enak soal rentenir. Dia mengaku ibunya melarat karena terjerat utang kepada rentenir.

Banyak Warga Solo Terjerat Pinjol Ngadu ke Rudy

Ketua DPC PDIP Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, mengaku ditemui banyak warga Solo di rumahnya beberapa bulan terakhir.

4 Seniman Solo Ini Pernah Raih AMI Awards, 2 Orang Sudah Meninggal

Sejumlah seniman di Kota Solo pernah memenangi AMI Awards selama kurun waktu 18 tahun terakhir, dua seniman di antara sudah meninggal.

2 Penyanyi, 3 Musikus dari Solo Masuk Nominasi AMI Awards 2021

Dua penyanyi dan tiga musikus Solo, yaitu Sruti Respati, Nuca, dan Aditya Ong Trio masuk nominasi AMI Awards 2021 yang diumumkan Senin (18/10/2021).