Tutup Iklan

Roti Ganjel Rel Khas Semarang Unik & Langka, Pernah Coba?

Roti ganjel rel merupakan kuliner unik dan langka khas Semarang yang resepnya warisan dari zaman Belanda.

 Roti Ganjel Rel Semarang (Sumber: Detik.com)

SOLOPOS.COM - Roti Ganjel Rel Semarang (Sumber: Detik.com)

Solopos.com, SEMARANG — Roti ganjel rel atau roti gambang adalah roti khas dari Semarang, Jawa Tengah. Meski masuk sebagai salah satu jajanan pasar yang khas, namun makanan yang satu ini justru sulit ditemui. Roti ini kurang dikenal dibandingkan dengan roti lainnya lantaran teksturnya tidak lembut, bantat, dan sulit dikonsumsi.

Dikutip dari Wikipedia, Kamis (21/10/2021), seiring berjalannya waktu, banyak produsen yang sekarang memproduksi roti gambang yang bertekstur lembut dan mudah dinikmati kalangan modern saat ini. Namun tekstur yang bantat ini menurut para ahli roti justru baik bagi pencernaan.

Roti ini berbentuk kota dan berwarna coklat dan terdapat taburan wijen dan roti ini bercitarasa kayu manis. teksturnya ulet dan padat dipadu dengan aroma coklat serta kayu manis yang nendang di lidah. Karena teksturnya yang ulet, memakannya cukup dua potong saja karena sudah cukup mengenyangkan.

Baca Juga: Kawasan Industri Batang Bencana untuk Warga Lokal?

Roti ganjel rel khas Semarang ini merupakan salah satu peninggalan Belanda hlo. Sampai sekarang, resep yang digunakan tidak pernah berubah, masih sama seperti pada zaman Belanda dulu. Dinamakan roti gambang karena bentuknya seperti alat musik gambang. Tetapi masyarakat Semarang lebih mengenalnya dengan sebutan “ganjel rel.”

Ganjel Rel sendiri adalah frasa Bahasa Jawa yang berarti bantalan jalur kereta api. Nama ini disematkan di jajanan pasar ini karena bentuk rotinya yang seperti bantalan kereta api sehingga disebut sebagai ganjel rel

Roti yang satu ini selalu menjadi incaran bahkan rebutan masyarakat Semarang. Setiap tahun sekitar 8000 potong roti ganjel rel yang dibuat oleh salah satu Takmir Masjid Agung Kauman Semarang dibagikan pada Tradisi Dugderan.

Pembagiannya diawali oleh R.M. Tumenggung Aryo Purboningrat yang diperankan oleh Wali Kota Semarang. Tradisi ini diselenggarakan sehari sebelum puasa untuk menyambut datangnya bulan Ramadan. Kue “ganjel rel” adalah simbol tak ada gangguan. Maksudnya dengan memakan kue ini pelaksanaan puasa tidak ada

Baca Juga: Indahnya Wisata Alam Guci di Bumi Bahari Tegal

Sementara itu, dilansir dari Detikcom, roti ganjel rel berhasil masuk daftar 50 roti terbaik dunia. Masuknya roti ganjel rel atau gambang dalam 50 roti terbaik di dunia tentu membuat bangga masyarakat Indonesia. Roti ganjel rel yang jadul dan klasik bersanding dengan baguette dari Prancis, paratha dari India, ciabatta dari Italia, sampai kare pan dari Jepang. Daftar 50 roti terbaik dunia ini dikeluarkan oleh CNN dalam memperingati Hari Roti Sedunia yang jatuh setiap tanggal 16 Oktober.


Berita Terkait

Berita Terkini

Korban Meninggal Kecelakaan Karambol Salatiga Polisi Berpangkat Bripka

Satu korban yang meninggal akibat kecelakaan karambol di Jalan Lingkar Selatan atau JLS Salatiga adalah polisi berpangkat Bripka.

Ditinggal Suami Merantau, Istri Main Serong dengan Oknum Polisi Pati

Seorang TKI asal Pati melaporkan oknum polisi dari Polsek Cluwak, Pati dengan tuduhan berselingkuh dengan istrinya sejak saat ia merantau ke Jepang.

Mbah Minto yang Tebas Pencuri Ikan Dituntut 2 Tahun Penjara

Pengacara Mbah Minto menilai tuntutan JPU tak mempertimbangkan hukum sebab akibat. Apalagi usia Mbah Minto sudah sepuh.

Tuntut UMK Naik 16%, Buruh Jateng Ancam Geruduk Istana Presiden

Massa dari Aliansi Buruh Jawa Tengah (Jateng) menggelar aksi unjuk rasa atau demo menuntut UMK Jateng 2022 naik 16%.

Pemkab Grobogan Ajukan Raperda Yang Berlaku 30 Tahun, Tentang Apa?

Pemerintah Kabupaten Grobogan mengajukan rancangan peraturan daerah (Raperda) yang masa berlakunya 30 tahun ke DPRD Grobogan.

Hutan Pinus Sigrowong, Wisata Temanggung yang Bikin Hati Tenang

Hutan pinus Sigrowong di Desa Gesing, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang membuat hati dan pikiran tenang.

Diburu! Sopir Truk Tronton yang Picu Kecelakaan Karambol di Salatiga

Aparat Polres Salatiga saat ini tengah memburu sopir truk tronton yang menyebabkan kecelakaan karambol di Jalan Lingkar Selatan atau JLS Salatiga.

Gas Pol, Baznas dan Korpri Banjarnegara Gelar Vaksinasi Sasar 700 Warga

Baznas sekaligus mendistribusikan bantuan sembako untuk masyarakat kurang mampu yang hadir. Bentuknya bahan makanan pokok seperti beras, minyak, dan gula.

Tanggul Sungai Jebol, Desa di Kudus Tergenang Banjir

Sejumlah desa di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng), tergenang banjir akibat meluapnya Sungai Dawe akibat hujan lebat pada Selasa (30/11/2021) dini hari.

Penipuan Modus Gendam di Semarang Diungkap, Korban Rugi Rp3 Miliar

Aparat Ditreskrimum Polda Jateng menangkap tersangka sindikat penipuan dengan modus gendam yang menggasak uang korbannya di Semarang mencapai Rp3 miliar.

Legenda Syekh Subakir & Asale Gunung Tidar Pakunya Tanah Jawa

Asale Gunung Tidar yang disebut sebagai paku bumi di Tanah Jawa diyakini berkaitan dengan sosok ulama bernama Syakh Subakir.

Misteri Gunung Tidar: Pakunya Tanah Jawa

Gunung Tidar yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah, diyakini sebagai paku bumi Tanah Jawa.

Jateng Belum Berniat Tutup Tempat Wisata saat Libur Nataru

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atau Pemprov Jateng belum berencana menutup destinasi wisata di wilayahnya saat libur akhir tahun atau Nataru nanti.

Dua Pekan Operasi Zebra Candi 2021, 605 Kecelakaan Terjadi di Jateng

Ditlantas Polda Jateng mencatat selama dua pekan pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2022 terdapat 605 kejadian kecelakaan di Jateng, dengan jumlah korban meninggal mencapai 31 orang.

Kronologi Kecelakaan Karambol Salatiga yang Sebabkan 1 Polisi Meninggal

Kecelakaan maut berupa tabrakan karambol terjadi di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng), Senin (29/11/2021) malam.