Kategori: Karanganyar

Rombongan Jokowi Bagi-Bagi Sembako Seusai Nyekar di Karanganyar, Warga Sampai Uyuk-Uyukan


Solopos.com/Sri Sumi Handayani

Solopos.com, KARANGANYAR -- Rombongan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi, bagi-bagi sejumlah paket sembako kepada warga seusai nyekar ke makam orang tua di TPU Mundu, Desa Selokaton, Gondangrejo, Karanganyar, Minggu (14/2/2021).

Pembagian paket sembako tidak dilakukan langsung oleh Presiden. Pembagian dilakukan tim lain yang berada pada rombongan berbeda. Rombongan yang membagikan paket sembako mengendarai mobil Toyota Hiace.

Pantauan Solopos.com, ada empat mobil Hiace warna putih yang menepi di sekitar TPU Mundu seusai Presiden menyelesaikan ziarah dan meninggalkan lokasi. Dari empat mobil itu, hanya satu mobil yang mengeluarkan paket sembako.

Baca Juga: Pembangunan Masjid Sriwedari Solo Capai 80%, Lanjut Di Masa Pemerintahan Gibran?

Pembagian paket sembako sesuai Jokowi nyekar di Karanganyar itu dilakukan dari dalam mobil yang kacanya dibuka. Kaca mobil dibuka tidak terlalu lebar. Hanya cukup untuk mengeluarkan paket sembako berisi beras lima kilogram, minyak goreng, gula pasir, dan teh.

Kemasan berwarna merah putih itu bertuliskan Bantuan Presiden Republik Indonesia, Istana Kepresidenan Republik Indonesia. Pembagian paket sembako diwarnai teriakan warga yang meminta paket sembako. Sejumlah anak yang ikut berkerumun juga terdengar menangis.

Rombongan yang membagikan paket sembako meninggalkan lokasi sebelum seluruh warga di sekitar mobil mendapatkan bagian. Beberapa orang menepuk kaca jendela mobil saat kendaraan hendak meninggalkan lokasi.

Baca Juga: Asyik! Layanan GeNose Tersedia Di Solo Balapan Mulai Senin 15 Februari

Salah satu warga yang tinggal di sekitar TPU Mundu, Karanganyar, Slamet, mengaku sudah berulang kali mendapatkan paket sembako saat Presiden Jokowi nyekar ke makam orang tuanya.

Dorong-Dorongan

"Saya sudah sering dapat sembako setiap kali Pak Presiden berziarah. Hla rumah saya kan di sekitar makam. Pak Presiden sering bagi-bagi paket sembako kalau berziarah. Isinya ya beras, minyak goreng, gula pasir, dan teh," kata Slamet saat berbincang dengan wartawan seusai mendapatkan paket sembako.

Warga Dukuh Mundu, Selokaton, Gondangrejo, Indri Astuti, mengaku baru kali pertama itu mendapatkan bantuan paket sembako dari Presiden RI. Saat itu, Indri dan anaknya pulang dari rumah orang tuanya di Dukuh Jetak, Desa Wonorejo, Gondangrejo. Ia hendak pulang ke rumahnya di Dukuh Mundu. Sampai lokasi, ia melihat sejumlah orang berkerumun di tepi jalan.

Baca Juga: Berhari-Hari Warga Banaran Sukoharjo Diteror Ular, 3 Ekor Ditemukan Di Lapangan

"Saya lihat ibu-ibu kok pada lari-lari. Mereka mendekat ke mobil putih. Saya ikut. Sempat rebutan [mendapatkan sembako]. Sama anak saya. [Nangis] tadi karena ikut berebut. Dorong-dorongan dengan orang-orang tadi, ya uyuk-uyukan ya tadi," ujar Indri saat berbincang dengan wartawan sesuai menerima paket sembako dari Presiden Jokowi yang baru saja nyekar di Karanganyar.

Sambil menunjukkan isi paket sembako, ia mengucap syukur mendapatkan bantuan paket sembako. Apalagi saat ini masih pandemi Covid-19.

"Baru sekali ini dapat paket sembako dari Pak Presiden. Ternyata Pak Jokowi nyekar. Sebelumnya enggak tahu siapa yang membagikan. Hanya lihat kok rubung-rubung [berkerumun] ada apa. Ya bersyukur dapat sembako, masyarakat kecil."

Share
Dipublikasikan oleh
Suharsih