Robert Alberts Mundur dari Persib Bandung setelah Didemo Bobotoh

Robert Rene Alberts mengundurkan diri dengan alasan demi kebaikan Persib Bandung saat bobotoh menggelar aksi demo di Graha Persib.

 Ratusan polisi disiapkan guna mengantisipasi aksi bobotoh Persib di depan Gedung Graha Persib, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (10/8/2022). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi/aa)

SOLOPOS.COM - Ratusan polisi disiapkan guna mengantisipasi aksi bobotoh Persib di depan Gedung Graha Persib, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (10/8/2022). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi/aa)

Solopos.com, SOLO—Selesai sudah hubungan Persib Bandung dengan pelatih kepala Robert Rene Alberts. Pelatih asal Belanda itu mengundurkan diri dengan alasan demi kebaikan Persib Bandung saetelah ribuan bobotoh menggelar aksi demo di Graha Persib.

Robert mengundurkan diri sebagai buntut dari aksi demo ribuan bobotoh di Graha Persib pada Rabu Siang (10/8/2022). Viking Persib Club menyatakan sekitar 5.000 orang hadir dalam aksi tersebut.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Ribuan bobotoh melakukan aksi demo untuk menyampaikan dua tuntutan. Tuntutan pertama yakni Robert Alberts harus mundur dari kursi pelatih, dan menuntut manajemen Persib Bandung membenahi sistem penjualan tiket untuk laga Persib.

Baca Juga: Persib Bandung Tak Pernah Menang, Robert Alberts Mengundurkan Diri 

Sebelumnya para bobotoh mengkritik Robert sebagai pelatih minim strategi. Terbukti, tiga kali unggul duluan dari Bhayangkara FC, Madura United dan Borneo FC Samarinda, namun hanya sekali yang berakhir seri yakni ketika lawan Bhayangkara FC.

“Untuk tim sekaliber Persib Bandung yang memiliki skuat mewah, wirang dong jadi bulan-bulanan lawan. Di sini peran pelatih amat sangat dibutuhkan, merubah strategi misalnya, agar jangan terkesan itu-itu saja strategi yang dimilikinya. Dengan tak ada perubahan strategi atawa minim strategi, sampai kapan pun hasilnya akan jeblok karena pelatih lawan tak akan sulit mengatasinya,” tulis bobotoh di bobotoh.id.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga meminta manajemen Persib Bandung mengevaluasi Robert.

Baca Juga: Persib Bandung Jeblok, Bobotoh: Robert Mundur atau Didemo Besar-Besaran

Poek (gelap), seperti malam gelap. Saya nonton 3-1, enggak nonton 4-1. Ada peningkatan, peningkatan kekalahan,” ujar Ridwan Kamil ketika diminta tanggapan tentang performa Persib di Gedung Sate, Bandung, Selasa (9/8), seperti dilansir dari Antara.

“Tolong dievaluasi khususnya ke pelatih ada apa dengan Persib yang pemain-pemainnya dianggap berkualitas semua.”

Persib Bandung dan Robert Alberts memutuskan untuk mengakhiri hubungan setelah tiga musim menjalin kebersamaan.  Hal tersebut tidak lepas dari hasil evaluasi performa Maung Bandung yang hanya meraih 1 poin dari tiga pertandingan pembuka Liga 1 2022/2023.

Baca Juga: Persib Bandung Dihajar Borneo FC 1-4, Akun YouTube PERSIB Diretas

Keputusan mundur dari pelatih kepala merupakan sikap yang diambil Robert. Langkah itu diambil demi kebaikan Persib Bandung.

“Didasari semangat saling menghormati dan demi kepentingan bersama dan kebaikan Persib, Robert pun pamit undur diri. Hatur Nuhun, Robert Alberts untuk profesionalisme yang telah ditunjukkan selama ini. Dedikasi dan kontribusi yang telah diberikan untuk tim yang tidak akan kami lupakan,” tulis pernyataan Persib Bandung di situs resmi mereka, Rabu (10/8).

Persib Bandung dan Robert memulai kerja sama pada awal Liga 1 2019. Bersama Persib, Robert berhasil mengantarkan prestasi terbaik bagi tim pada musim 2020 dan musim terakhir 2021/2022 sebagai runner-up.

Baca Juga: Jelang Hadapi Persib Bandung, Begini Strategi PSIS Semarang

Bagi Persib Bandung, bukan hal mudah menghadapi situasi sulit seperti ini. Apalagi di awal musim dan harus segera mencari pelatih pengganti. “Bukan hal mudah mencari pelatih pengganti yang siap untuk mendapat mandat besar meraih prestasi terbaik di Liga 1 2022/2023,” bunyi pernyataan Persib Bandung.

Persib Bandung mengawali Liga 1 2022/2023 dengan hasil buruk. Kekalahan memalukan 1-4 dari Borneo FC Samarinda pada laga pekan ketiga  memperburuk dua hasil minor lainnya yaitu dibantai Madura United FC 1-3 dan seri 2-2 melawan Bhayangkara FC di laga perdana.

Dua kali kalah dan sekali imbang menempatkan Persib Bandung di peringkat 17 klasemen Liga 1, satu tingkat di atas Persis Solo yang belum memiliki poin.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Manis Gula Olahan, Racun Badan dari Minuman Ringan

      Manis Gula Olahan, Racun Badan dari Minuman Ringan

      Sejumlah produk minuman ringan hanya mencantumkan tambahan gula olahan dalam ukuran sendok makan, yang terkadang diabaikan karena dianggap sedikit, sehingga berpotensi menjadi racun badan di masa depan.

      Berita Terkini

      Marquez Tak Rasakan Sakit Lagi di Sirkuit Motegi

      Pembalap tim Repsol Honda Marc Marquez menyelesaikan balapan keduanya tanpa rasa sakit sejak comeback dari cedera dengan finis P4 di MotoGP Jepang, Sirkuit Motegi.

      Quartararo Tak Nikmati Balapan MotoGP Jepang

      Pembalap Yamaha Fabio Quartararo mengakui tak dapat menikmati balapan MotoGP Jepang setelah hanya finis P8, Minggu (25/9/2022).

      Ternyata Rumput Stadion GBT Surabaya Tidak Berstandar FIFA

      Komisi C DPRD Kota Surabaya heran rumput Stadion GBT tidak berstandar FIFA padahal saat itu Pemkot Surabaya telah menghabiskan anggaran ratusan miliar rupiah untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023.

      Hasil Liga Nations: Kroasia-Belanda ke Semifinal, Prancis Lolos dari Degradasi

      Kroasia dan Belanda melaju ke semifinal Liga Nations 2022/2023 sementara juara bertahan Prancis lolos dari degradasi ke Liga B.

      Info Tiket Persis Solo Vs PSM Makassar, Lokasi Penjualan, dan Daftar Harganya

      Pembelian tiket Persis Solo Vs PSM Makassar secara online dilayani, Senin (26/9/2022) sedangkan offline pada Selasa (27/9/2022).

      Tinjau Venue Piala Dunia U-20, Ini Permintaan FIFA Terkait Rumput GBT Surabaya

      Pada kunjungan awal FIFA pada Juli 2022, ada berbagai catatan. Namun, kini Pemkot Surabaya telah melakukan berbagai perubahan.

      Luar Biasa, Rindu Basket Warga Solo Penuhi IBL 3x3 di The Park Mall

      Misi besar Indonesian Basketball League (IBL) 3x3 adalah mendekatkan basket kepada pencintanya.

      Hasil Pertandingan Liga 3: Persika Karanganyar Hajar Persiwi Wonogiri

      Enam gol Persika Karanganyar dicetak melalui hattrick dua pemain mereka yaitu Wimba Sutan dan Arif Itibar.

      Kabar Terbaru Liga 1: Milomir Seslija Resmi Berpisah dengan Borneo FC

      Miftahudin Mukson akan memimpin tim sebagai karterker atau pelatih sementara didampingi Akhyar Ilyas (mantan pemain Persijatim Solo FC dan Persis Solo). 

      Liga 3 Jateng: Putra Surakarta FC Siap Bersaing dengan Persiharjo dan Persipur

      Putra Surakarta FC adalah tim debutan di kompetisi Liga 3 musim ini. Mereka berada satu grup dengan Persiharjo Sukoharjo dan Persipur Purwodadi.

      Keberhasilan pada Musim Lalu Membuat IBL 2023 Diyakini Jauh Lebih Heboh

      Total penonton IBL 2022 dengan sejumlah pembatasan karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19 sudah mencapai 46.600 orang.

      Paulo Gomes: Terima Kasih untuk Semua Fans Persis Solo

      Paulo Gomes menangani Persis Solo memang cukup terbuka, meski demikian peluang Rene Alberts dan Aduardo Almedia juga belum hilang sepenuhnya untuk memoles Laskar Sambernyawa.

      Dirumorkan Jadi Pelatih Persis, Ini Daftar Klub yang Pernah Dilatih Paulo Gomes

      Berikut ini deretan klub sepak bola yang pernah ditangani Paulo Gomes, sosok yang dirumorkan menjadi pelatih Persis Solo.

      Mantap! Indonesia Sapu Bersih Seluruh Gelar Bulu Tangkis IIS 2022 di Jogja

      Wakil Indonesia menguasai final untuk seluruh nomor yang dipertandingkan dalam kejuaraan bulu tangkis IIS 2022.

      Aspar Jaelolo Buktikan Indonesia Memang Raja Speed Panjat Tebing Dunia

      Aspar Jaelolo bersaing ketat dengan rekan senegaranya, Kiromal Katibin di nomor speed putra Piala Dunia Panjat Tebing 2022.