SOLOPOS.COM - Robert Rene Alberts (liga-indonesia.id)

Solopos.com, BANDUNG–Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts akhirnya mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pelatih kepala tim Maung Bandung.

Langkah itu diambil Robert setelah mendapat tekanan dari bobotoh yang menyuarakan dirinya mengundurkan diri menyusul performa buruk Persib Bandung dalam awal kompetisi Liga 1 2022/2023.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Sekarang Rene (Robert) sudah tidak ada lagi di Persib. Pada saat lawan Semarang (PSIS) sudah tidak lagi bersama kita,” kata Komisaris PT Persib Bermartabat Umuh Muchtar saat berpidato di hadapan aksi ribuan bobotoh di Graha Persib, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (10/8/2022), seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Persib Bandung Jeblok, Bobotoh: Robert Mundur atau Didemo Besar-Besaran

Berdasarkan pernyataan resmi klub, keputusan mundur dari pelatih kepala merupakan sikap yang diambil Robert. Langkah itu diambil oleh Robert demi kebaikan bersama, khususnya Persib Bandung.

Selain itu, Robert mengundurkan diri sebagai buntut dari aksi ribuan bobotoh di Graha Persib pada Rabu Siang. Viking Persib Club menyatakan sekitar 5.000 orang hadir dalam aksi tersebut.

Ribuan bobotoh melakukan aksi untuk menyampaikan dua tuntutan. Tuntutan pertama yakni Robert Alberts harus mundur dari kursi pelatih, dan menuntut manajemen Persib Bandung membenahi sistem penjualan tiket untuk laga Persib.

Baca Juga: Hasil Liga 1: Persib Bandung Kalah Lagi, Kali Ini Dihajar Borneo FC

Adapun mengenai penunjukan pelatih baru, Umuh mengatakan hal tersebut masih dalam proses. Sehingga kini pun Persib Bandung belum menggaet pelatih baru sebagai pengganti Robert.

“Masih proses, tidak semudah itu (menunjuk pelatih),” kata Umuh saat berpidato.

Persib Bandung mengawali Liga 1 2022/2023 dengan hasil buruk. Kekalahan memalukan 1-4 dari Borneo FC Samarinda pada laga pekan ketiga  memperburuk dua hasil minor lainnya yaitu dibantai Madura United FC 1-3 dan seri 2-2 melawan Bhayangkara FC di laga perdana. Dua kali kalah dan sekali imbang menempatkan Persib Bandung di peringkat 17 klasemen Liga 1, satu tingkat di atas Persis Solo yang belum memiliki poin.

Baca Juga: Persib Bandung Dihajar Borneo FC 1-4, Akun YouTube PERSIB Diretas

“Nah, persoalannya tinggal bagaimana keputusan dari manajemen Persib Bandung. Apakah mau menerima atawa keukeuh akan mempertahankan Robert,” demikian pernyataan bobotoh seperti dikutip dari laman bobotoh.id, Senin (8/8).

Sebelumnya para bobotoh mengkritik pelatih jebolan negeri kincir angin itu minim strategi. Terbukti, tiga kali unggul duluan dari Bhayangkara FC, Madura United dan Borneo FC Samarinda, hanya sekali yang berakgir seri yakni ketika lawan Bhayangkara FC.

“Untuk tim sekaliber Persib Bandung yang memiliki skuat mewah, wirang dong jadi bulan-bulanan lawan. Di sini peran pelatih amat sangat dibutuhkan, merubah strategi misalnya, agar jangan terkesan itu-itu saja strategi yang dimilikinya. Dengan tak ada perubahan strategi atawa minim strategi, sampai kapan pun hasilnya akan jeblok karena pelatih lawan tak akan sulit mengatasinya,” lanjut bobotoh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya