SOLOPOS.COM - Petugas membantu atlet dan kontingen Myanmar peserta ASEAN Para Games 2022 setibanya di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (26/7/2022). Sejumlah atlet dan kontingen negara peserta mulai tiba di Solo menjelang berlangsungnya ASEAN Para Games pada 30 Juli hingga 6 Agustus 2022. (Antara/Mohammad Ayudha)

Solopos.com, SOLO—Kontingen peserta ASEAN Para Games (APG) 2022 sudah tiba di Indonesia melalui Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, pada Selasa (26/7/2022). Praktis tinggal satu negara yakni Brunei Darussalam yang akan tiba di Indonesia pada Rabu (27/7/2022).

Myanmar menjadi kontingen pertama tiba di Bandara Adi Soemarmo. Rombongan ini datang sekitar pukul 09.10 WIB dengan menggunakan maskapai Myanmar Airlines. Myanmar membawa 108 orang yang merupakan atlet dan ofisial.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Lalu, kontingen Filipina menyusul pukul 12.15 WIB. Sebanyak 121 orang kontingen Filipina hadir menggunakan Philippine Airlines, berangkat dari Manila.

Baca Juga: Pembukaan APG 2022 di Stadion Manahan, Gibran Pastikan Rumput Aman

Negara tetangga Malaysia datang menggunakan Malaysia Airlines pukul 13.00 WIB dengan membawa 121 orang. Rombongan keempat adalah Thailand, yang datang menggunakan Thai Airways pukul 13.50 WIB dengan jumlah kontingen mencapai 476 orang.

Vietnam juga datang dengan skuat terbaik hadir dengan 154 orang yang masuk kontingen dan datang ke Kota solo pada pukul 15.00 WIB setelah menjalani perjalanan Hanoi-Solo menggunakan Vietnam Airlines.

Setelah itu, Singapura datang dengan Singapore Airlines datang pukul 15.10 WIB dengan jumlah rombongan 87 orang. Kontingen Kamboja dan Timor Leste juga tiba.

Baca Juga: Resmi, Ini Venue ASEAN Para Games (APG) 2022 di Solo

“Ada sembilan penerbangan dari sembilan negara kontingen APG yang datang hari ini ke Adi Soemarmo. Jumlahnya ada sekitar 1.279 atlet yang datang ke bandara hari ini,” kata Legal Compliance and Stakeholder Relation Manager  PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Gerrie Razzaq.

Ada penyambutan khusus dan hiburan yang sudah siapkan. Hal itu agar atlet yang datang tidak bosan. Pihak bandara menyiapkan hiburan Langgam Jawa namun tidak ada seremonial khusus seperti pengalungan bunga di acara ini.

“Jadi setiap kontingen yang datang alurnya itu dibagi dua, ada yang khusus yang menggunakan wheelchair dan penggunaan non-wheelchair. Setelah itu akan bertemu untuk jalani di akreditasi room. Kemudian akan didata lagi oleh panitia pelaksana APG baru atlet akan dipindahkan ke hotel masing-masing yang disesuaikan sesuai cabor masing-masing,” paparnya.

Baca Juga: Gibran Sebut Warga Solo Antusias Sambut APG Solo XI 2022, Ini Faktanya

Terkait transportasi, Dinas Perhubungan sudah menyiapkan kendaraan yang akan menjemput dan membawa para rombongan menuju hotel masing-masing.

“Soal transportasi sudah disiapkan Dinas Perhubungan. Untuk jumlahnya ada 130 kendaraan, terdiri dari mobil Hiace dan mini bus. Kontingen per negara akan dipecah per cabor, dan dibawa ke penginapan yang sudah disesuaikan,” tutur dia dalam keterangan resminya.

 

Akses Wheelchair

Di sisi lain, perwakilan PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Yani Ajat Hermawan, mengatakan telah mempersiapan beberapa hal yang diperuntukkan untuk memudahkan aktivitas atlet atau ofisial dari luar negeri yang tengah berada di bandara. Hal itu meliputi kedatangan maupun kepulangan dan telah disiapkan ramp akses wheelchair di area kedatangan dan keberangkatan.

Baca Juga: Asyik, Nella Kharisma Jadi Pelantun Lagu Tema ASEAN Para Games 2022 

Pihak bandara juga telah menyiapkan toilet difabel yang berada di sepuluh lokasi. Termasuk menyiapkan special needs service holding room di area check in dan penyiapan markah untuk kendaraan difabel.

Sedangkan terkait dengan pelaksanaan protokol kesehatan dan kelengkapan dokumen keimigrasian, manajemen bandara telah berkoordinasi dengan mitra kerja terkait.

“Demi kenyamanan atlet dan ofisial yang akan melalui Bandara Adi Soemarmo, pihak bandara telah melakukan perbaikan terhadap fasilitas-fasilitas pendukung khususnya fasilitas yang ada di terminal internasional,” kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya