Restorasi Situs Liyangan di Lereng Gunung Sindoro Gunakan Batu Baru

BPCB Provinsi Jateng merestorasi kawasan Situs Liyangan di lereng Gunung Sindoro menggunakan baru baru andesit hitam, andesit merah, atau batu putih.

 Seorang pengunjung mengamati petirtaan di Situs Liyangan yang telah direstorasi BPCB Provinsi Jateng. (Antara)

SOLOPOS.COM - Seorang pengunjung mengamati petirtaan di Situs Liyangan yang telah direstorasi BPCB Provinsi Jateng. (Antara)

Solopos.com, TEMANGGUNG — Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) merestorasi kawasan Situs Liyangan di lereng Gunung Sindoro, tepatnya Desa Purbosari, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Restorasi dilaksanakan Kelompok Kerja (Kapokja) Pemugaran BPCB Provinsi Jateng. Ketua Pokja Pemugaran BPCB Provinsi Jateng, Eri Budiarto, mengatakan restorasi Situs Liyangan dilakukan pada petirtaan, talut, dan struktur batu di halaman tiga.

PromosiMengenal Achmad Baiquni, Ahli Nuklir Pertama Indonesia Kelahiran Solo

Baca Juga : Gus Yasin: Perceraian di Jateng Tertinggi Nasional, Capai 65.755 Kasus

Restorasi talut dikerjakan pada Mei hingga Agustus 2021. Restorasi dilanjutkan pada bagian petirtaan bulan Agustus sampai November 2021. Eri menyampaikan pihaknya mengerjakan struktur batu bagian bawah candi dan sebagian badan candi. Pekerjaan itu ditargetkan selesai pertengahan Desember 2021.

“Kami hanya menemukan data struktur batur dan sebagian tubuh. Bagian atas belum ditemukan. Kalau melihat strukturnya memang candi. Namun bagian tubuh hanya ditemukan sebagian, sedangkan atap belum ada,” jelas dia seperti dilansir Antara, Sabtu (13/11/2021).

Baca Juga : Sejuknya Kebun Teh Tambi Jadi Start Pemanasan Sebelum Wisata ke Dieng

Eri menjelaskan tim menyusun percobaan selama mengerjakan struktur batur. Dia menjelaskan tim akan membongkar batu kemudian dipasang kembali dengan penguatan. Ia menuturkan tim menggunakan batu baru dalam restorasi ini. Langkah itu untuk mengganti batu asli yang hilang.

“Dalam penggunaan batu pengganti ini kami sesuaikan dengan kondisi aslinya, yaitu menggunakan batu andesit hitam, andesit merah, atau batu putih. Restorasi petirtaan menggunakan batu baru sekitar 30-35 persen. Yang batu putih.”

Sumber: Antara

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Semarang, Kota Terpanas di Jawa Tengah

Pada September 2021 silam, suhu Kota Semarang tercatat berada di 35 derajat celcius.

Kronologi Ustaz di Magelang Cabuli Santri: Minta Kopi, Lalu Merayu

Inilah kronologi pengasuh ponpes di Magelang, Jawa Tengah, melakukan pencabulan terhadap santrinya sebanyak sembilan kali.

Bupati Banjarnegara Kepala Daerah Termiskin di Jateng, Segini Hartanya

Syamsudin, Plh Bupati Banjarnegara mendapatkan predikat kepala daerah termiskin di Jawa Tengah (Jateng) berdasar LHKPN KPK.

Bikin Sedih, Menunggu Teman Isi BBM, Gadis di Grobogan Tertabrak Truk

Korban bernama Rizzka Choirotun Faizah sedang menunggu temannya mengisi bensin di SPBU Kaliceret, tiba-tiba truk menabrak dari belakang.

Ini Kronologi Warga Tertembak Senjata Anggota Polisi di Semarang

Ketua RW 16, Kelurahan Tanjung Emas, Semarang Utara, Slamet Riyadi, 52 tahun, mengungkapkan kronologi tertembaknya Sobirin.

Diduga Ingin Kuasai Harta, Remaja Habisi Nyawa Kekasih

Korban FAW, 14, diduga dibunuh oleh kekasihnya sendiri, R, 17. Motif tindakan itu diduga niat jahat R yang ingin menguasai harta kekasihnya. 

Pengasuh Ponpes di Magelang Cabuli Santrinya Berkali-Kali

Seorang pengasuh pondok pesantren di Kabupaten Magelang mencabuli santriwatinya berkali-kali.

Seorang Penyandang Disabilitas Tenggelam di Sungai Tuntang Grobogan

Orang tenggelam di Sungai Tuntang, Kabupaten Grobogan kembali terjadi. Kali ini seorang penyandang disabilitas tenggelam, Kamis (19/5/2022).

Ini Cerita Anak Korban Tertembak Senjata Anggota Polisi di Semarang

Warga berinisial S tertembak senjata jenis airsoft gun yang dibawa Briptu RS di Semarang. Anak korban, Nurokhmah, 25 tahun bercerita mengenai kejadian tersebut.

Ini Senjata Anggota Polisi Yang Membuat Warga di Semarang Tertembak

Warga berinisial S tertembak saat hendak melerai keributan antara Briptu RS dengan kerabatnya di Semarang.

Bobol Sekolahan Hingga Kantor, Remaja di Banyumas Ini Ditangkap Polisi

Seorang remaja di Banyumas ditangkap polisi karena menjadi pelaku aksi pencurian di sejumlah sekolah dan kantor pemerintahan.

Polisi Ribut Dengan Kerabat, Seorang Warga di Semarang Tertembak

Keributan dipicu permasalahan keluarga antara anggota polisi Briptu RS dan kerabatnya SY, di Tambakrejo, Kelurahan Tanjung Mas, Kota Semarang.

Gurihnya Kuliner Soto Kudus, Pakai Daging Kerbau Bukan Ayam

Olahan kuliner berupa soto khas Kudus identik dengan kuah pekat dari kaldu daging kerbau yang disajikan dalam mangkuk kecil.

Desa Cawet Pemalang Simpan Keindahan Surgawi

Desa Cawet di pemalang, Jawa Tengah, memiliki potensi wisata alam yang memukau.

Di Mana Daerah Terdingin di Jawa Tengah?

Inilah daerah terdingin di Jawa Tengah yang sering turun hujan salju saat musim kemarau.

Check-in di Hotel, PSK di Semarang Dianiaya Tamu Pakai Muntu

Boy menganiaya PSK menggunakan muntu saat check-in di hotel untuk mengambil uang dan harta milik PSK tersebut.