Rem Blong, Mobil 5 Penumpang Nyungsep ke Parit di Tawangmangu

Mobil Honda Mobilio hilang kendali dan nyungsep di parit setelah diduga mengalami rem blong di Tawangmangu. Beruntung, tidak ada korban jiwa.

Akhmad Ludiyanto
Sabtu, 16 Oktober 2021 - 15:41 WIB

SOLOPOS.COM - Kondisi mobil Honda Mobilio setelah masuk ke parit di Kelurahan Beji, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Sabtu (16/10/2021). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Mobil Honda Mobilio ringsek setelah nyungsep ke parit di Kelurahan Beji, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Sabtu (16/10/2021). Diduga, mobil mengalami rem blong sehingga meluncur tak terkendali.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 12.50 WIB. Pada saat itu mobil warna abu-abu berpelat nomor AD 1056 DF tersebut tengah melaju dari arah timur ke barat atau dari arah Cemara Kandang ke arah Tawangmangu. Pengemudinya adalah Suparman, 54, warga Kelurahan Cangakan Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar.

Awalnya, mobil Honda Mobilio ini melaju normal tanpa kendala. Namun sesampai di lokasi, kendaraan yang ditumpangi 5 orang termasuk sopir ini mulai terasa ada yang tidak beres.

Baca Juga: Geger, Pengunjung Meninggal Saat Belanja di Pasar Jungke Karanganyar

Rem yang seharusnya mengendalikan laju di jalan menurun itu tidak berfungsi. Sehingga minibus ini mulai meluncur tak terkendali. Untuk menghindari tabrakan dengan kendaraan lain, Suparman berinisiatif banting setir ke kanan.  Hingga mobil tersebut kemudian nyungsep ke dalam parit sedalam sekitar 2 meter.

Beruntung, sopir dan semua penumpang selamat meskipun mobil mengalami kerusakan pada bagian depan.

“Beberapa saat sebelum sampai di lokasi kejadian, pengemudi merasa remnya blong kemudian banting setir ke kanan sehingga mobil masuk ke parit,” ujar Kanit Lakalantas Ipda Sukarno Yudho T, mewakili Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Sarwoko.

Baca Juga: Ratusan Suporter PSS Sleman Dicegat Masuk Solo, 150 Motor Ditahan

Agar kejadian serupa tak terulang, ia meminta masyarakat agar mengecek kondisi kendaraannya sebelum melakukan perjalanan. “Kami mengimbau kembali agar masyarakat selalu berhati-hati saat berkendara di mana pun dan selalu waspada terhadap situasi lalu lintas,” ujar Yudho.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif