Rektor UI Ari Kuncoro yang Mundur dari Wakil Komut BRI Punya Harta Rp52 Miliar, Ini Perinciannya

Salah satu harta Ari Kuncoro terdiri atas 10 bidang tanah dan atau bangunan di Jakarta dan Depok dengan nilai total Rp18.662.000.000.

 Rektor Universitas Indonesia Ari Kuncoro. (ui.ac.id)

SOLOPOS.COM - Rektor Universitas Indonesia Ari Kuncoro. (ui.ac.id)

Solopos.com, JAKARTA — Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro mengajukan pengunduruan diri sebagai Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen BRI. Ari Kuncoro yang menjadi sorotan dalam beberapa waktu terakhir ini diketahui memiliki harta lebih dari Rp52 miliar.

Mundurnya Ari Kuncoro ini telah dikonfirmasi Kementerian BUMN. Terkait dengan hal tersebut, BRI pun menerbitkan keterbukaan informasi pada Kamis (22/7/2021).

“Sehubungan dengan itu, perseroan akan menindaklanjuti sesuai ketentuan dan prosedur,” demikian informasi yang disampaikan kepada BEI dikutip dari Bisnis.com, Kamis (22/7/2021).

Dalam siaran persnya, BRI menyatakan berkomitmen untuk terus menerapkan praktik tata Kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG) dari seluruh lapisan, baik top level management dalam hal ini Dewan Komisaris dan Direksi, hingga jajaran pekerja di seluruh Unit Kerja Perseroan.

Baca Juga: Indonesia Beli Lagi 6 Pesawat T-50i Buatan Korea Selatan, Ini Kelebihannya

Sebelumnya, Ari Kuncoro menjadi pembahasan akhir-akhir ini karena mengemban jabatan sebagai Rektor UI dan Wakil Komisaris Utama BRI. Berdasarkan PP Nomor 68/2013 tentang Statuta Universitas Indonesia, rektor dan wakil rektor dilarang merangkap sebagai pejabat pada badan usaha milik negara/daerah maupun swasta.

Aturan tersebut baru saja direvisi menjadi PP Nomor 75 Tahun 2021 Tentang Statuta Universitas Indonesia. Dalam beleid baru, Rektor hanya dilarang mengemban dual jabatan sebagai direksi perusahaan. Dengan kata lain, jabatan rektor UI di posisi komisaris diperbolehkan.

Ari Kuncoro diangkat sebagai Wakil Komisaris Utama BRI sejak 2020. Dia ditunjuk menjadi Rektor UI sejak 2019 dengan masa jabatan hingga 2024.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) periodik 2020 yang disetor Ari Kuncoro ke KPK pada 29 Maret 2021, dia memiliki harta Rp52.478.724.275. Data itu diakses Solopos.com di laman resmi KPK.

Baca Juga: Pemerintah Baru Sekarang Larang TKA Masuk Indonesia, Ini Alasan Menkumham

Harta Ari Kuncoro terdiri atas 10 bidang tanah dan atau bangunan di Jakarta dan Depok dengan nilai total Rp18.662.000.000. Harta berupa tanah dan bangunan milik Ari Kuncoro di Depok dan Jakarta ini memiliki nilai yang beragam.

Yang termurah ada di Jakarta Timur yaitu tanah seluas 104,2 meter persegi dan bangunan 14 meter persegi senilai Rp512 juta. Sedangkan yang termahal senilai Rp3,3 miliar yaitu tanah seluas 127 meter persegi dan bangunan seluas 117 meter persegi di Jakarta Selatan.

Harta Ari Kuncoro berikutnya adalah lima unit mobil yang totalnya Rp3.093.100.000. Lima unit mobil itu adalah Mercedes C200, Hondra Freed, Toyota Innova, Mercedes E350, dan Toyota Vellfire.

Baca Juga: Profil Ari Kuncoro, Rektor UI yang Bikin Geger karena Jadi Wakil Komisaris BUMN

Harta lainnya milik Ari Kuncoro yang juga tercatat di LHKPN yaitu harta ebrgerak lainnya Rp157 juta, surat berharga Rp481.109.000, kas dan setara kas Rp30.377.586.748, dan harta lainnya Rp1.772.375.425.

Total harta yang dimiliki Ari Kuncoro adalah Rp54.543.171.173. Namun, dia tercatat memiliki utang Rp2.064.446.898 hingga harta setelah utang Rp52.478.724.275.

Berita Terkait

Berita Terkini

Diduga Terima Rp2 Miliar, Irjen Pol Napoleon Jadi Tersangka Pencucian Uang

Penyidik menemukan aliran dana senilai Rp 2 miliar dari suap penghapusan red notice Djoko Tjandra.

Kebangeten! Baru Tiga Bulan Menjabat Sudah Korupsi, Dana Bencana Lagi....

Andi Merya bersama Kepala BPBD Koltim, Anzarullah pada Maret/Agustus 2021 menyusun proposal dana rehabilitasi, rekonstruksi pascabencana.

Pengamat Nilai Langkah PSI Menyerang Anies Baswedan Naif

Semua tokoh siapapun dia tidak hanya Anies ada plus dan minusnya.

Gilaa...Jadi Lahan Korupsi Alex Noerdin Cs., Masjid Sriwijaya Tak Selesai Dibangun

Alex Noerdin disebut menerima aliran dana Rp2,4 miliar terkait proyek pembangunan masjid.

Terlalu! Alex Noerdin Juga Jadi Tersangka Korupsi Dana Hibah Masjid

Alex Noerdin disebut menerima aliran dana Rp2,4 miliar terkait proyek pembangunan Masjid Raya Sriwijaya Palembang.

Update Covid-19 Hari Ini: Kasus Positif 2.720, Jatim Masih Terbanyak

Jawa Timur menyumbang kasus terbanyak pada hari ini yaitu 295 kasus.

Luhut Ingin Bagikan Uang Denda Rp100 Miliar dari Aktivis untuk Papua

Semestinya Luhut cukup menyampaikan klarifikasi atas penyampaian riset yang dilakukan Haris Azhar dan Fatia.

Jokowi Ingatkan Vaksinasi dan Prokes Jadi Kunci Pengendalian Covid-19

Presiden Jokowi mengatakan fokus pemerintah dalam  penanganan pandemi Covid-19 yaitu  percepatan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan.

3 Menteri Teken SKB, Ini Daftar Hari Libur Nasional 2022

Muhadjir Effendy menuturkan penetapan libur nasional dan cuti bersama tetap berdasarkan perkembangan pandemi Covid-19.

Emerson Yuntho Keluhkan Pungli di Samsat, Mahfud Md: Konkret Saja, Sebut!

Menko Pohukam Mahfud Md minta Emerson Yuntho untuk menyebut nama samsat yang masih melakukan praktik pungli agar bisa ditindak.

Tahun Depan Tak Ada Lagi BST Rp300.000/Bulan Lur

Mensos Tri Rismaharini mengisyaratkan tak akan ada lagi bantuan sosial tunai (BST) pada tahun depan.

Posko PPKM Desa Kunci Pelihara Disiplin Prokes

Kesadaran memelihara disiplin protokol kesehatan perlu partisipasi masyarakat dan peran posko PPKM di desa/kelurahan. Penurunan kasus yang terjadi beberapa pekan terakhir diyakini sebagai hasil kerja kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mulai dari darurat hingga level 1-4.

Luhut Juga Gugat Haris Azhar dan Fatia Rp100 Miliar, Pengacara: Tidak Bermartabat!

Selain melaporkan ke polisi, Luhut Pandjaitan juga mengugat perdata Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti senilai Rp100 miliar.

Nyalakan Lampu, Kaki Remaja Ini Tiba-Tiba Sakit, Ternyata Ada Peluru Nancap

Seorang siswi SMK di Palangkaraya tertembak paha kanannya akibat peluru nyasar. Diduga ada oknum anggota kepolisian yang lalai sehingga menyebabkan remaja 16 tahun itu tertembak.

Diperiksa 10 Jam, Irjen Napoleon Langsung Diisolasi Penyidik Bareskrim

Irjen Napoleon Bonaparte diisolasi penyidik Bareskrim Polri setelah dituduh melakukan penganiayaan terhadap Muhammad Kece.