Tutup Iklan
Railbus Batara Kresna Rute Solo-Wonogiri Disetop Per Juli 2020, Kenapa?
Railbus Batara Kresna berhenti di Stasiun Wonogiri, Minggu (9/2/2020). (Solopos/M. Aris Munandar)

Solopos.com, SOLO -- Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan menyetop sementara operasional railbus Batara Kresna mulai Juli 2020 ini.

Railbus ini beroperasi di rute Solo-Wonogiri pergi pulang (PP) dari Stasiun Purwosari, Solo, menuju Stasiun Wonogiri.

Kepala Stasiun Purwosari, Wagimin, mengatakan penyetopan operasional railbus Batara Kresna ini atas kebijakan langsung Ditjen Perkeretaapian pada akhir Juni lalu.

Nekat Berjualan Di Bahu Jalan, 50 PKL Jebres dan Pasar Kliwon Kena Semprit Satpol PP Solo

“Iya, setop satu bulan dulu, 1-31 Juli 2020. Alasannya apa kami kurang tahu karena keputusannya dari Ditjen Perkeretaapian. Railbus Batara Kresna ini kan statusnya kereta api [KA] perintis, jadi semua kebijakan dari Dirjen,” ujarnya kepada Solopos.com, Kamis (2/7/2020).

Wagimin mengaku belum mengetahui secara pasti apakah nantinya setelah sebulan railbus ini bakal kembali beroperasi atau tidak.

Kebijakan penghentian operasional railbus tersebut juga terbilang mendadak yakni baru dia terima pada 29 Juni 2020. Menurutnya, informasi tersebut sudah disampaikan langsung oleh PT KAI melalui channel penjualan tiket.

Unggulkan Gibran di Pilkada Solo, Objektivitas Survei Solo Raya Polling Dipertanyakan

“Jumlah penumpang juga sedikit. Sekali jalan isinya paling 10 penumpang. Mungkin ini masih dampak Covid-19 yang membuat masyarakat belum bepergian terlalu sering,” paparnya.

Harga Tiketnya Murah

Manajer Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, membenarkan operasional railbus Batara Kresna memang dihentikan sampai waktu yang tidak ditentukan.

“Railbus batal mulai 1 Juli 2020, sampai kapan kami tidak tahu. Ini kereta api perintis sehingga pendanaan dan sebagainya dari Ditjen Perkeretaapian Kemenhub. Makanya harga tiketnya juga murah,” jelasnya.

3 Kali Kalah, Begini Perjalanan Gugatan Hukum Kasus Tabrak Lari Flyover Manahan Solo

Railbus Batara Kresna ini berangkat pukul 06.00 WIB dan pukul 10.00 WIB dari Stasiun Purwosari, Solo. Harga tiketnya sangat terjangkau, hanya Rp4.000 per orang.

Dalam sehari railbus ini melayani dua trip PP dengan melewati Jalan Slamet Riyadi, Solo. Sedangkan jarak yang ditempuh sepanjang 37 km dari Stasiun Purwosari sampai Stasiun Solo Kota.

Berlanjut ke Stasiun Sukoharjo, Stasiun Pasar Nguter, dan terakhir Stasiun Wonogiri. Di samping itu, Batara Kresna sangat unik karena menjadi satu-satunya KA yang membelah jalan utama Kota Solo.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Pasang Baliho