SOLOPOS.COM - Pemain Gresik Petrokimia Bohdana Anisova (tengah) melancarkan smes yang dihadang dua pemain Jakarta Pertamina Fastron Yolla Yuliana dan Megawati pada pertandingan PLN Mobile Proliga 2023 seri pertama putaran kedua di GOR Tri Dharma Petrokimia Gresik, Minggu (5/2/2023) malam. (ANTARA/Rizal Hanafi)

Solopos.com, GRESIK—Tim putri Jakarta Pertamina Fastron memastikan satu tempat di babak empat besar kompetisi bola voli PLN Mobile Proliga 2023. Ini setelah mereka membungkam tuan rumah Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia dengan skor 3-2 (25-23, 18-25, 23-25, 25-18, 15-12) pada pertandingan terakhir seri pertama putaran kedua di GOR Petrokimia Gresik, Minggu (5/2/2023) malam.

Kemenangan ini memantapkan posisi Jakarta Pertamina Fastron di puncak klasemen sementara dengan poin 18, hasil dari enam kali menang dan sekali kalah. Sementara Gresik Petrokimia di peringkat empat dengan poin 8, dari tiga kemenangan dan empat kekalahan.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Selain memastikan lolos empat besar, Jakarta Pertamina Fastron juga sukses membalas kekalahan dari Gresik Petrokimia yang mengalahkan mereka pada putaran pertama di Bandung.

“Hari ini mainnya Petro lebih baik dibanding pertemuan di Bandung. Mereka jarang membuat kesalahan sehingga membuat anak-anak malah terbebani,” kata pelatih Jakarta Pertamina Fastron Eko Waluyo seusai pertandingan.

Gresik Petrokimia yang mendapat dukungan dari sekitar seribuan suporternya tampil lebih percaya diri dan solid dibanding saat mereka dihajar juara bertahan Bandung Bank bjb Tandamata pada laga sehari sebelumnya.

Setelah kalah pada set pembuka, Hany Budiarti dan kawan-kawan bangkit membalikkan ketertinggalan dengan merebut set kedua dan ketiga. Namun, penampilan mereka menurun pada set keempat sehingga Jakarta Fastron bisa menyamakan skor.

Laga set kelima berlangsung sengit dan kedua tim saling bergantian menyerang hingga posisi 5-5. Laga menjadi “panas” ketika kubu Jakarta Fastron melancarkan protes kepada wasit atas keputusan bola keluar yang mereka anggap keliru dan memberi poin kepada tuan rumah.

Protes itu ditanggapi wasit dan setelah berkonsultasi dengan hakim garis, wasit menganulir keputusannya dan selanjutnya memberi poin kepada Jakarta Fastron.

Giliran Gresik Petrokimia kembali memprotes keputusan itu, namun wasit bergeming. Situasi ini memengaruhi konsentrasi para pemain tuan rumah karena selanjutnya Hany Budiarti dan kawan-kawan tertinggal 6-8 dan gagal mengejar hingga kalah 12-15.

“Bagaimana wasit bisa mengambil keputusan seperti itu, padahal dia yang paling dekat melihat bola itu menyentuh tangan pemain Fastron atau tidak. Ini kok malah konsultasi sama hakim garis yang posisinya jauh dan tidak melihat,” kata Pelatih Gresik Petrokimia Ayub Hidayat mengomentari kepemimpinan wasit.

Menurut Ayub, keputusan wasit itu tidak saja merugikan timnya, tetapi juga memengaruhi mental dan konsentrasi para pemainnya. “Laga sedang ketat-ketatnya, diganggu oleh keputusan wasit,” tambahnya.

Kendati demikian, Ayub mengakui timnya gagal memenuhi target meraih kemenangan pada dua laga di kandang sendiri. “Kami tetap optimistis bisa masuk empat besar, masih ada sisa tiga laga,” tegas Ayub.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya