Puluhan Wartawan Disuntik Vaksin Covid-19 di RSIA Aisyiyah Klaten
Salah seorang wartawan mengikuti vaksinasi Covid-19 di RSIA Aisyiyah Klaten, Sabtu (27/2/2021). (Solopos-Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN -- Sebanyak 29 wartawan yang bertugas di Klaten, Jawa Tengah, divaksin Covid-19 di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Aisyiyah Kabupaten Bersinar, Sabtu (27/2/2021).

Para wartawan, termasuk di Klaten, menjadi skala prioritas vaksinasi Covid-19 lantaran dinilai memiliki mobilitas tinggi dan sering bertemu dengan orang banyak dalam menjalankan tugas sehari-hari.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, vaksinasi Covid-19 di RSIA Aisyiyah Klaten dilaksanakan dengan protokol kesehatan. Setiap wartawan diwajibkan memakai masker, menjaga jarak, dan cuci tangan pakai sabun.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 27 Februari 1900 FC Bayern Munchen Terbentuk

Begitu wartawan yang bertugas di Klaten masuk ke kompleks RSIA Aisyiyah Klaten, mereka didata petugas jaga. Selanjutnya, wartawan yang akan divaksin harus melalui meja 1 (pendaftaran) kemudian meja 2 (skrining).

Di tahap ini, wartawan yang akan divaksin dicek petugas terkait suhu dan tekanan darah. Di samping itu ditanya pernah kontak erat dengan pasien positif Covid-19, memiliki riwayat alergi obat, dan lainnya.

Jika sudah melewati seluruh tahapan itu, setiap wartawan langsung disuntik vaksin Covid-19. Sebaliknya, wartawan yang memiliki tensi tinggi tidak diperkenankan mengikuti vaksin Covid-19.

Baca juga: Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah yang Ditangkap KPK Punya Harta Rp51,3 Miliar

Terdapat satu wartawan yang memiliki tensi tinggi. Berikutnya, satu orang wartawan tidak ikut vaksin Covid-19 karena habis minum obat dan seorang wartawan tidak hadir saat divaksin-19.

Tinjauan Anggota DPRD Jateng

Terhadap tiga wartawan yang tidak jadi mengikuti vaksin Covid-19 akhirnya diganti tiga wartawan lain yang dinilai sudah siap menjalani vaksin Covid-19.

"Hari ini ada 29 wartawan yang disuntik vaksin Covid-19. Nantinya, di tahap II ada 19 wartawan yang akan divaksin," kata salah seorang staf Subag Analisis Kemitraan Media Bagian Humas Setda Klaten, Paidi, saat ditemui Solopos.com, di RSIA Klaten, Sabtu.

Baca juga: Pemkab Klaten Pastikan PPKM Mikro Diperpanjang, Begini Skenarionya...

Di kesempatan yang sama, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kepada wartawan ditinjau anggota DPRD Jateng, Kadarwati. Di hadapan juru warta, Kadarwati mengatakan pemberian vaksin Covid-19 menjadi bagian memutus mata rantai Covid-19.

"Saya mendengar hari ini para wartawan mengikuti vaksin Covid-19. Wartawan itu selalu kontak dengan masyarakat banyak. Vaksin ini untuk mengendalikan dampak virus corona," katanya.



Berita Terkini Lainnya








Kolom