Tutup Iklan
Puluhan Nakes Sukoharjo Diduga Tertular Covid-19 Saat Tracing
Ilustrasi tenaga kesehatan. (Freepik)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tingkat Kabupaten Sukoharjo menyebut 28 tenaga kesehatan atau nakes puskesmas setempat terkonfirmasi positif Covid-19 berstatus orang tanpa gejala (OTG).

Diduga nakes di lini pelayanan kesehatan dasar ini tertular saat melacak kontak erat pasien Covid-19.

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tingkat Kabupaten Sukoharjo Yunia Wahdiyati mengatakan puluhan nakes terkonfirmasi positif Corona diperoleh setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan pada seluruh nakes di Sukoharjo.

"Kami lakukan rapid test di lingkungan tenaga medis. Karena kami ingin melihat sejauh mana status mereka, jangan sampai menjadi sumber penularan. Yang reaktif kemudian kita swab dan hasilnya ditemukan nakes positif Corona," katanya, Kamis (16/7/2020).

Pola Tracing Diubah, Kontak Lini 1 Pasien Positif Covid-19 Sukoharjo Langsung Swab

Dengan adanya tambahan 28 nakes itu, berarti hingga saat ini ada 33 nakes yang bertugas di puskesmas wilayah Sukoharjo terkonfirmasi positif Covid-19. Namun tak semuanya berdomisili di Sukoharjo.

Merujuk data, nakes Puskesmas Sukoharjo yang terkonfirmasi positif Corona tersebar di lima Puskesmas.

Yakni Puskesmas Sukoharjo ada empat orang, Puskesmas Mojolaban 11 orang, Puskesmas Kartasura 13 orang, Puskesmas Baki satu orang dan Puskesmas Bulu empat orang.

Sukoharjo KLB Covid-19 Diperpanjang hingga 30 Agustus 2020

Penyebaran virus Corona di kalangan tenaga kesehatan ini cukup mengejutkan karena tanpa bergejala. Gugus Tugas pun belum bisa memastikan sumber penularannya.

Namun dugaan kuat para nakes ini tertular saat menjalankan tugas seperti melacak kontak erat pasien positif Corona sebelumnya.

Masuk Zona Merah Covid-19

Apalagi kondisi di Kabupaten Sukoharjo hampir seluruh kecamatannya ditemukan kasus Corona sehingga masuk zona merah Covid-19.

"Kami masih melacak kontak erat dengan para nakes. Termasuk keluarga terdekat dan warga yang pernah berkunjung ke Puskesmas," katanya.

4 Nakes Positif Covid-19, Puskesmas Sukoharjo Tutup 14 Hari

Yunia menambahkan untuk saat ini para nakes terkonfirmasi positif Covid-19 menjalani isolasi mandiri.

Diberitakan, tiga puskesmas di Kabupaten Sukoharjo ditutup hingga dua pekan mendatang karena temuan kasus terkonfirmasi positif Corona pada nakes di puskesmas tersebut.

Ketiga puskesmas yang ditutup itu masing-masing Kartasura, Bulu dan Mojolaban. Penutupan tiga puskesmas ini menyusul Puskesmas Sukoharjo yang sebelumnya juga ditutup karena nakes positif Covid-19.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho