SOLOPOS.COM - Ilustrasi virus corona atau Covid-19. (freepik)

Solopos.com, SOLO — Pemkot Solo akhirnya menghentikan sementara kegiatan pembelajaran tatap muka atau PTM di seluruh sekolah semua jenjang per Senin (7/2/2022) hingga sebulan ke depan.

“PTM kita hentikan dulu mulai Senin, PJJ dulu, seluruh sekolah, TK-SMA, kita hentikan dulu,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Solo Ahyani saat dihubungi Solopos.com, Minggu.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Penghentian PTM itu menyusul semakin banyaknya temuan kasus konfirmasi positif Covid-19 baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat umum dalam beberapa waktu terakhir. Data terakhir hingga Minggu (6/2/2022) sore, kumulatif jumlah kasus Covid-19 aktif di Solo sudah lebih dari 430 orang.

Baca Juga: Pengumuman! Mulai Besok, PTM Seluruh Sekolah Kota Solo Disetop

Di lingkungan pendidikan, hingga Minggu total ada 28 sekolah dari jenjang TK hingga SMA sederajat Kota Solo yang terdapat kasus Covid-19. Lima dari 28 sekolah itu melaporkan temuan kasus pada Minggu.

Pada sisi lain, penghentian PTM secara menyeluruh itu juga karena ada permintaan dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Provinsi Jateng, Suratno. “Saya mengajukan agar seluruh sekolah PJJ dulu sementara waktu. Kami berharap PJJ memutus rantai penularan, kemudian saat kasus kembali melandai, baru PTM pelan-pelan. Kami akan terus koordinasi intens,” ucap Suratno.

Baca Juga: Disdik Solo Tegaskan PTM Seluruh Sekolah Disetop sampai Awal Maret

Suratno mengatakan temuan terbaru kasus Covid-19 di jenjang SMA/SMK yakni seorang karyawan SMK Mandala Bakti dan seorang guru di SMA Batik 1 Solo. Terpisah, Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo, Dian Renata, mengatakan laporan teranyar pada Minggu, terdapat satu SMP dan dua SD yang melaporkan kasus konfirmasi positif Covid-19 di sekolahnya.

Dengan tambahan lima sekolah, total ada 28 sekolah yang terdapat temuan kasus Covid-19 di Solo. Dian mengatakan PTM disetop dan dialihkan ke PJJ untuk seluruh sekolah mulai Senin (7/2/2022). “Sementara PJJ sebulan, sambil menunggu keputusan dalam SE Wali Kota ke depan,” terang Dian kepada Solopos.com, Minggu.

PTM bisa kembali digelar pada 7 Maret, namun hal itu tergantung pada perkembangan situasi Covid-19 serta Surat Edaran (SE) Wali Kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya