Profil Shayne Pattynama, Calon Bek Kiri Timnas Indonesia

Shayne Pattynama melakukan debutnya untuk level senior adalah di Divisi II Liga Belanda (Eerste Divisie) bersama Jong Utrecht pada 21 Agustus 2017.

 Shayne Pattynama (pssi.org)

SOLOPOS.COM - Shayne Pattynama (pssi.org)

Solopos.com, JAKARTA – PSSI telah menyebut bahwa Shayne Pattynama akan tiba di Jakarta pada pekan depan untuk menjalani beberapa agenda terkait proses naturalisasi menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Shayne Pattynama digadang-gadang menjadi nama ketiga yang bakal dinaturalisasi untuk timnas Indonesia, setelah Jordi Amat dan Sandy Walsh.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Berikut profil Shayne Pattynama dan kiprahnya di kompetisi sepak bola Eropa dirangkum dari berbagai sumber:

Dia punya nama lengkap Shayne Elian Jay Pattynama (lahir 11 Agustus 1998). Saat ini ia bermain untuk klub Norwegia, Viking FK. Shayne Pattynama adalah pemain kelahiran Lelystad, Belanda.

Shayne Pattynama sejatinya adalah bek kiri, meski demikian ia juga bisa dimainkan sebagai gelandang tengah. Shayne Pattynama punya darah Indonesia dari garis keturunan sang ayah tepatnya dari Kota Semarang, Jawa Tengah.

Baca Juga: Bek Asal Brasil Dikabarkan Segera ke Persis, Begini Tanggapan Jacksen 

Shayne Pattynama melakukan debutnya untuk level senior adalah di Divisi II Liga Belanda (Eerste Divisie) bersama Jong Utrecht pada 21 Agustus 2017 dalam pertandingan melawan FC Oss. Shayne Pattynama mencetak gol pertamanya dan satu-satunya untuk Jong Utrecht pada 11 Februari 2019, dalam kekalahan kandang 2–4 dari Go Ahead Eagles.

Setelah dua musim bersama Jong Utrecht , ia pindah ke klub rival di Divisi II yaitu Telstar, pada 2019. Di klub yang terletak bagian utara Belanda ini, Pattynama melakukan debutnya pada 18 Oktober 2019 dalam pertandingan melawan Almere City.

Pada 18 Januari 2020, Shayne Pattynama mencetak gol pertamanya untuk Telstar ketika bermain imbang dengan skor 3–3 melawan Excelsior Rotterdam di Stadion Van Donge & De Roo, Rotterdam.

Baca Juga: Siap-Siap Ea-Ea, 247 Pebulu Tangkis Terbaik Dunia akan Tarung di Istora

Dua musim dijalani Shayne Pattynama bersama Telstar dan akhirnya pada 16 Maret 2021 ia menandatangani kontrak dengan klub Liga Norwegia, Viking. Dia resmi bergabung dengan Viking pada 1 April 2021.

Di Viking ini, Shayne Pattynama telah memainkan sebanyak 32 pertandingan dan mencetak dua gol (hingga 13 Mei 2022).

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Tiap Tahun Penduduk Indonesia Buang Porsi Makan 125 Juta Orang

+ PLUS Tiap Tahun Penduduk Indonesia Buang Porsi Makan 125 Juta Orang

Data Program Lingkungan PBB (UNEP) menyebut Indonesia menjadi negara yang paling banyak menghasilkan sampah makanan di Asia Tenggara yang setara dengan porsi makan 61 juta hingga 125 juta orang atau 29-47% populasi.

Berita Terkini

Jadwal 8 Besar Piala Presiden 2022: Diawali Persib vs PSS pada 1 Juli

Babak 8 besar Piala Presiden 2022 mulai digelar 1 Juli dengan laga tuan rumah Persib Bandung melawan PSS Sleman.

Daftar Tim Lolos 8 Besar Piala Presiden 2022, Tanpa Tim Promosi Liga 1

Tidak ada tim promosi Liga 1 dalam daftar delapan tim lolos ke perempat final Piala Presiden 2022 setelah RANS Nusantara FC tersingkir dari Grup B.

Borneo FC Hajar RANS 3-0, Barito Putera ke 8 Besar Piala Presiden 2022

Borneo FC Samarinda menutup penyisihan Piala Presiden 2022 sebagai juara Grup B ditemani Barito Putera sebagai runner-up.

4 Negara Ini Pesaing Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Selain Indonesia, empat negara sudah mengajukan menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 yaitu Australia, Jepang, Korea Selatan dan Qatar.

Alasan PSSI Ajukan Indonesia Tuan Rumah Piala Asia 2023

Waktu yang mepet dengan Piala Dunia U-20 membuat PSSI mempertimbangkan mengajukan tuan rumah Piala Asia 2023.

Akhirnya, PSSI Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

PSSI secara resmi mengajukan menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 setelah mendapatkan restu dari pemerintah.

Kritik Persis Solo, Pagar Hijau Manahan: Performa Turun, Harus Berbenah

Komunitas pencinta Persis Solo, Pagar Hijau Manahan, mengatakan Persis Solo mengalami penurunan performa yang mencolok di tengah label juara kasta kedua liga.

Suporter Nyalakan Flare di Stadion Manahan, Begini Sikap Panpel

Ketua Panpel Stadion Manahan, Ginda Ferachtriawan, meminta penonton yang menyalakan flare saat pertandingan Persis Solo vs Persita Tangerang meminta maaf secara terbuka.

Israel Bisa Tampil di Piala Dunia U20 Indonesia, Ini Alasan Pemerintah

Menpora Zainudin Amali mengatakan sesuai kesepakatan dengan FIFA, sepak bola mesti dipisahkan dari politik sehingga Israel bisa tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Jadwal 8 Besar Piala Presiden: Persib vs PSS, PSIS vs Bhayangkara FC

Persib Bandung akan melawan PSS Sleman dan PSIS vs Bhayangkara FC pada babak perempat final atau 8 besar Piala Presiden 2022.

Jadwal Piala Presiden 2022 Hari Ini, Perebutan 1 Tiket Tersisa 8 Besar

Satu tiket tersisa perempat final Piala Presiden 2022 diperebutkan oleh RANS Nusantara FC dan Barito Putera.

Siap Dihujat Suporter Persis Solo, Jacksen: Itu Peringatan dari Tuhan

Jacksen F Tiago, pelatih Persis Solo siap dihujat oleh para suporter setelah tim kebanggaannya ini gagal lolos perempat final Piala Presiden 2022.

Kecewa, Jacksen: Jangan Ada Malam seperti Ini Lagi di Liga 1 Nanti..

Jacksen Tiago mengaku kecewa dengan hasil Persis Solo di Piala Presiden 2022 karena dia sebelumnya yakin dengan performa timnya.

Persis Solo Tanpa Kemenangan di Piala Presiden, Begini Komentar Jacksen

Pelatih Persis Solo Jacksen F Tiago akan mengevaluasi lini depan setelah Piala Presiden 2022.

PSIS Hadapi Bhayangkara di Jatidiri, Begini Reaksi Suporter

Begini reaksi suporter PSIS Semarang saat mengetahui tim kesayangannya bakal menjamu Bhayangkara FC di Stadion Jatidiri pada perempat final Piala Presiden 2022.