SOLOPOS.COM - Fachrudin (Istimewa/Instagram @fachrudinaryantofc)

Solopos.com, SOLO – Fachrudin Aryanto menjadi satu dari empat pemain senior yang dipanggil Shin Tae-yong dalam persiapan Sea Games 2021.

Dia dipanggil skuad Garuda bersama para pemain senior lain yakni Ricky Kambuaya, Marc Klok, dan Irfan Jaya. Meski usianya sudah 33 tahun, pesepak bola kelahiran Klaten, 19 Februari 1989 itu tetap dipercaya pelatih asal Korea, Shin Tae-yong.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Baca Juga: Irfan Masuk Timnas Bisa Memberi Ruang Pemain Persis Lainnya Berkembang

Bermain lugas dan jago duel udara memanfaatkan tinggi badan 185 cm menjadi ciri khas dia. Fachrudin Aryanto menjadi salah satu pemain unggulan Shin Tae-yong di final Piala AFF 2020. Meski sudah lewat dari usia emas pesepak bola, performa yang dimilikinya masih memukau dan penuh stamina.

Bahkan dia empat kali dipercaya Shin Tae-yong untuk menjadi starter dalam ajang Piala AFF 2020. Hasilnya dua kali anak pasangan Daryoto dan Wiwik itu mengantarkan Indonesia menuju final ajang sepak bola tertinggi Asia Tenggara tersebut.

Baca Juga: Bek PSS Sleman Follow Persisofficial dan Kaesang, Tertarik ke Solo?

Dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (7/4/22022), Pelatih Dewa United, Nil Maizar lah yang kali pertama memanggilnya ke Timnas Indonesia. Saat itu Fachrudin masih berusia 23 tahun.

Berkat performa ciamik di Madura United, klub yang dia bela di Liga 1 musim ini pula yang membuat Bos Persis Solo, Kaesang Pangarep, terang-terangan sedang dengan kiprahnya. Bahkan tak menutup kemungkinan, Fachrudin bakal pulang ke Solo musim ini.

Kaesang bahkan secara blak-blakan ingin memboyong bek tangguh Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 lalu. Kaesang secara terbuka menginginkan pemain Timnas Indonesia asal lokal Soloraya untuk membela Laskar Sambernyawa.

Baca Juga: Jadwal Korea Open 2022, Siapa Saja Wakil Indonesia di Perempat Final?

Nama bek tersebut mengerucut kepada Fachrudin Aryanto. Dalam sesi wawancara, Kaesang juga mengamini nama yang dia maksud adalah Fachrudin.

Peluang Fachrudin Aryanto bek Timnas Indonesia bergabung ke Persis Solo semakin lebar setelah kontrak bersama Madura United berakhir musim ini. Jika pemuda asal Ceper itu bergabung ke Persis Solo di kompetisi Liga 1 mendatang, hal itu menjadi kali pertama Fachrudin membela klub profesional asal Soloraya.

“Kalau saya pribadi, saya suka salah satu punggawa Timnas asli Soloraya. Masak ra mudeng,” ucap Kaesang dalam perayaan Persis Solo Juara Liga 2 lalu.

Baca Juga: Suporter Persis Prediksi Gelandang PSM Makassar Ini Berlabuh ke Solo

Fachrudin menjadi salah satu pemain yang nyaris tidak tergantikan di Piala AFF 2020 lalu. Eks pemain PSS Sleman itu membentuk poros tangguh di lini belakang bersama Rizky Ridho Ramadhani maupun Alfeandra Dewangga.

Sejumlah klub yang pernah menggunakan jasanya antara lain PSS Sleman, Sriwijaya FC, Persija Jakarta, hingga Madura United. Di Madura United, dia bermain sebanyak 24 kali dengan tercatat mencetak satu kali assist. Dia juga menerima empat kartu kuning dalam satu musim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya