SOLOPOS.COM - Chien tak mau memotong, menyisir, dan keramas rambut. (Reuters)

Solopos.com, HANOI -- Pria Vietnam ini memiliki rambut unik. Panjang rambutnya mencapai lima meter dan dibiarkan sejak keluar sekolah setelah kelas III SD.

Pria tersebut bernama Nguyen Van Chien tinggal di kawasan Delta Mekong selatan, Vietnam. Nguyen tak pernah potong ataupun cuci rambut selama 80 tahun karena keyakinan.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

"Saya punya keyakinan, jika saya memangkas rambut ini, maka saya akan meninggal. Saya tak berani, bahkan untuk sekadar menyisirnya," kata warga Vietnam bernama Nguyen Van Chien tersebut kepada kantor berita Reuters.

"Saya merawatnya dengan hati-hati, menutupi rambut dengan kain agar tetap kering, bersih, dan tampak bagus," katanya dilansir dari Detik.com.

Shinzo Abe Tiba-Tiba Mundur dari Jabatan Perdana Menteri Jepang

Nguyen Van Chien dengan rambut panjangnya. (Reuters)

"Saya percaya kalau rambut saya potong, saya akan meninggal," ujarnya.

Pria berusia 92 tahun ini percaya bahwa rambut perlu dibiarkan tumbuh sejak lahir dan tak boleh dipotong.

Chien yang tinggal sekitar 80 kilometer di barat Ho Chi Minh City, mengatakan dia sempat diminta memotong rambutnya saat SD. Namun ia keluar sekolah setelah kelas tiga dan sejak itu tak pernah memotong, menyisir dan mencuci rambutnya lagi.

"Saya ingat rambut saya dulu hitam, tebal, dan kuat. Saya pernah cuci dan sisir supaya halus. Namun saat saya dengar panggilan dari kekuatan yang tak terlihat, saya sadar, saya telah terpilih," jelasnya.

Coba Jilbab yang Akan Diberi ke Pacar, Aksi Gokil Cowok Ini Viral

Kepercayaan Kelapa

"Saya sentuh rambut saya dan dalam semalam menjadi sangat keras. Rambut ini menjadi seperti tertanam di kepala saya dan menjadi benda tersendiri."

Chien, yang memuja sembilan kekuatan dan tujuh dewa, yakin ia mendapat panggilan untuk memelihara rambutnya, yang ia bungkus dengan turban oranye.

Chien menganut keyakinan yang disebut Dua, kepercayaan kelapa, nama pendirinya yang mengklaim ia hidup hanya dengan makan kelapa untuk mempertahankan staminanya.

Dua dilarang di Vietnam dan disebut sebagai keyakinan sesat.

Perjuangan Mengatasi Kekeringan di Wonogiri, Begini Beratnya Eksplorasi Luweng Jomblang

Putra kelima Chien, Luom, membantu ayahnya mengurus rambutnya. (Reuters)

Putranya ini juga percaya ada kaitan antara rambut dan kematian, dan mengklaim pernah melihat seorang pria meninggal setelah mencoba mengikat rambutnya dengan tali.

"Rambut terlihat sebagai sesuatu yang sederhana namun sesuatu yang suci," kata Luom yang kini berusia 62 tahun.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya