Prediksi: Jenderal Andika Jadi Panglima TNI, KSAD Letjen Dudung

Anggota Komisi I DPR Fraksi PPP Syaifullah Tamliha memprediksi Letjen Dudung Abdurachman akan didapuk menjadi KSAD gantikan Jenderal Andika.

Rabu, 3 November 2021 - 23:35 WIB Penulis: Newswire Editor: Arif Fajar Setiadi | Solopos.com

SOLOPOS.COM - Pangkostrad, Letjen TNI Dudung Abdurrachman. (detik.com)

Solopos.com, JAKARTA — Jenderal Andika Perkasa menjadi calon tunggal Panglima TNI yang diusulkan Presiden Joko Widodo ke DPR RI. Anggota Komisi I DPR Fraksi PPP Syaifullah Tamliha memprediksi Letnan Jenderal (Letjen) Dudung Abdurachman akan didapuk menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Prediksi itu menyusul penunjukan KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa menjadi calon tunggal Panglima TNI. Dengan pencalonan itu, nantinya jabatan KSAD otomatis bakal kosong karena ditinggal Andika menjadi Panglima TNI.

“Tentu jabatan KSAD kan akan kosong, saya prediksi Pak Dudung yang akan jadi KSAD gantikan Andika,” kata Tamliha kepada wartawan, Rabu (3/11/2021).

Baca juga: Setahun Lagi Pensiun, Andika Perkasa Tetap Dipilih Jokowi

Jauh sebelum Presiden Jokowi mengusulkan nama Andika sebagai calon Panglima TNI. Anggota Komisi I DPR Fraksi PDI Perjuangan Effendi Simbolon sudah memprediksi hal serupa.

Ia berujar bahwa nantinya Dudung yang sekarang menjabat Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) akan naik jabatan menjadi KSAD menggantikan Jenderal Andika.

“Insyaallah semua akan terjadi dalam waktu dekat. Jenderal Dudung Abdurachman menjadi KSAD dan Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI,” kata Effendi dihubungi, Jumat (3/9/2021).

Baca juga: RI Tegaskan Komitmen Kembangkan Ekonomi Hijau & Kuatkan Iklim Investasi

DPR melalui Komisi I segera melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa pada pada 4-5 November 2021.

Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan surat presiden terkait usulan penggantian Panglima TNI itu sudah diterima DPR pada Rabu (3/11/2021). Selanjutnya Badan Musyawarah DPR segera menggelar rapat

“Dan menjadwalkan fit and proper test calon Panglima TNI besok (Kamis) sampai dengan Jumat,” kata Puan di Jakarta, Rabu (3/11).

Baca Juga: Densus 88 Sita 791 Kotak Amal di Lampung, Diduga untuk Danai Terorisme

Puan berujar nantinya hasil fit and proper test Jenderal Andika sebagai calon Panglima TNI akan dibawa ke Rapat Paripurna pada 8 November 2021. “Jadi dalam 5 hari ke depan sudah ada keputusan DPR untuk calon Panglima TNI,” ujar Puan seperti dikutip dari Suara.com.

Persetujuan DPR RI terhadap calon Panglima TNI yang diusulkan oleh Presiden, akan disampaikan kepada Presiden Jokowi. Paling lambat 20 hari terhitung sejak permohonan persetujuan calon Panglima diterima oleh DPR RI pada hari ini.

“Dan DPR RI akan menjalankan proses tersebut sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan mekanisme yang berlaku dan kita akan segera dapat mengetahui apakah Panglima TNI yang diusulkan oleh Presiden mendapatkan persetujuan dari DPR RI,” tutur Puan.

 

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif