SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menko PMK Muhadjir Effendi (kiri) dan Menhan Prabowo Subianto (kedua kiri) meninjau korban gempa bumi magnitudo 5,6 yang masih dirawat di RSUD Sayang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (24/11/2022). Selain mengunjungi RSUD Sayang, Presiden juga mendatangi sejumlah lokasi terdampak bencana untuk memantu progres tanggap darurat pascagempa bumi di Kabupaten Cianjur pada Senin 21 November 2021. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/rwa.

Solopos.com, JAKARTA – Peluang Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa kian kuat.

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menilai Yudo Margono layak mengemban tugas memimpin TNI setelah Andika Perkasa pensiun Desember 2022 mendatang.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

“Saya kira jelas beliau (Yudo) mampu kalau dipilih ya saya kira mampu, semuanya baik-baik semua,” kata Prabowo seusai menghadiri acara Idea Feat 2022 di Jakarta, Jumat (25/11/2022).

Dia tidak menjawab secara rinci ketika ditanya soal sosok Panglima TNI yang dibutuhkan saat ini.

Baca Juga: Kandidat Panglima TNI dan Cerita Hubungan Tak Harmonis Andika-Dudung

Yang jelas, mantan Danjen Kopassus itu yakin presiden akan memilih sosok terbaik.

“Ya, saya kira presiden pada saatnya dan DPR akan menentukan yang terbaik,” kata Prabowo seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Sebelumnya diberitakan Solopos.com, saat ini ada tiga calon Panglima TNI yang berpeluang menggantikan Jenderal Andika.

Baca Juga: Ini Tiga Jenderal Kandidat Pengganti Panglima TNI Andika Perkasa

Selain Yudo, ada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Di antara ketiga jenderal itu, usia Fadjar Prasetyo paling muda yakni 56 tahun sedangkan Yudo dan Dudung berusia 57 tahun.

Di antara ketiga kandidat tersebut, nama Yudo dan Dudung yang paling sering disebut-sebut belakangan ini.

Baca Juga: Presiden Serahkan Nama-nama Calon Pengganti Panglima TNI Andika Perkasa ke DPR

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR Indra Iskandar mengatakan pengumuman resmi terkait Surpres Calon Panglima TNI Pengganti Jenderal Andika Perkasa yang diterima DPR dan diumumkan pada Senin (28/11/2022).

“Kesepakatan antara Ibu Ketua DPR dengan Pak Mensesneg itu akan disampaikan secara resmi pada tanggal 28 (November), hari Senin besok,” kata Indra.

Indra mengatakan hal tersebut lantaran masih menunggu kegiatan Ketua DPR Puan Maharani yang sedang menghadiri 43th General Assembly of ASEAN Interparliamentary (AIPA) di Pnom Penh, Kamboja.

Tak Berandai-andai

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono mengatakan waktu penggantian Panglima TNI setelah masa jabatan Jenderal Andika Perkasa berakhir pada 21 Desember 2022.

“Kita tidak berandai-andai dalam jabatan Panglima TNI itu,” kata Yudo Margono seusai peresmian peletakan batu pertama pembangunan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Fatwa di pedalaman Kabupaten Lebak, Banten, Kamis (24/11/2022).

Pergantian Panglima TNI, katanya, sudah diajukan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg).

Baca Juga: Sejarah, Letkol Eko Setiawan Komandan Pertama Kodim Pegunungan Arfak Papua

Sebab pergantian Panglima TNI itu dilakukan mengikuti tahapan-tahapan berikutnya dan tergantung keputusan Presiden Joko Widodo.

“Sekarang, saya tidak berandai-andai dalam pergantian Panglima TNI itu namun setelah dilantik nanti, saya sampaikan juga,” kata Yudo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya