Posyandu di Wonogiri Kembali Buka, Petugas Berusia 50 Tahun Lebih Dilarang Terlibat
Ilustrasi kegiatan Posyandu di Wonogiri (Dok. Solopos)

Solopos.com,WONOGIRI -- Pelayanan Pos Pelayanan Terpadu atau Posyandu di Wonogiri kembali digelar. Namun, ada ketentuan baru yang harus dipatuhi yakni petugas Posyandu berusia di atas 50 tahun tidak diperkenankan bertugas.

Posyandu di Wonogiri kembali dibuka sejak Agustus 2020. Sebelumnya, layanan Posyandu sempat ditiadakan mulai 14 Juli 2020 karena ada lonjakan kasus Covid-19 di Wonogiri.

Kapala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri, Mardiyanto, mewakili Kepala DKK Wonogiri, Adhi Dharma, mengatakan pembukaan kembali layanan Posyandu dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Jangan Ngeyel Lur! Ketua PSHT Wonogiri Serukan Pesilat Tidak Bergerak ke Solo

Lantaran itu, kader atau petugas Posyandu harus berusia di bawah 50 tahun. Hal itu karena usia di atas 50 tahun rentan terhadap penularan Covid-19.

"Kader atau petugas harus dalam kondisi sehat. Intinya sangat diperketat. Ada panduannya juga," kata dia saat dihubungi Solopos.com, Senin (21/9/2020).

Menurut dia, pelayanan kesehatan dan gizi anak di masa pandemi Covid-19 tetap dilakukan, termasuk pemantauan pertumbuhan dan perkembangan balita. Untuk itu, sebelum buka, Posyandu di Wonogiri harus mempersiapkan segala perlengkapan atau sarana.

Update Covid-19 Boyolali: Turun Status Jadi Zona Oranye, Jangan Terlena!

Lokasi Posyandu di Tempat Terbuka

Selain itu, lokasi Posyandu dipilih di tempat terbuka atau ruangan yang memiliki ventilasi yang baik.

Untuk meminimalisasi persebaran Covid-19, lanjut dia, petugas disarankan menggunakan pakaian lengan panjang dan memakai fece shield. Sementara penggunaan masker sudah menjadi kewajiban alias harus dilakukan.

Mardiyanto menambahkan semua Kepala UPTD Puskesmas telah diminta untuk berkoordinasi dengan jajaran pemerintahan di tingkat kecamatan dan desa.

Gubernur Ganjar Marah-Marah di Kantin, Ketua DPRD Jateng: Jangan Berlebihan

"Koordinasi itu untuk mensosialisasikan pelayanan posyandu yang sudah dibuka. Selain itu juga ada pemberian vitamin A kepada para balita di Agustus dan September," kata Mardiyanto.

Kepala UPTD Puskesmas Wonogiri, I Pitut Kristiyanta Nugraha, mengatakan saat ini puluhan posyandu di wilayah kerjanya sudah dibuka atau sudah memberikan pelayanan kepada masyarakat. Ada 75 posyandu di wilayah kerja Puskesmas I Wonogiri.

"Pelayanan dijamin menerapkan protokol kesehatan untuk meminimalisasi potensi penularan Covid-19," kata Pitut.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom