SOLOPOS.COM - Proses pemasangan portal oleh pemelihara Underpass Makamhaji di Kartasura, Sukoharjo, Senin (11/4/2022). (Solopos-Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO – Jalan di kawasan Underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, kembali dipasangi portal, kali ini dengan ketinggian 3,5 meter. Tinggi portal dipasang lebih pendek dibandingkan sebelumnya yakni 4 meter agar tak ada lagi kendaraan bertonase berat yang ngeyel melewati jalan itu.

Petugas pemelihara saluran Underpass Makamhaji, Sardi, 49, Senin (11/4/2022), mengatakan sudah dua kali truk besar nekat melalui jalan itu. Truk yang pertama telah mengakibatkan rusaknya portal underpass, sedangkan yang kedua, truk tronton dari arah Solo menuju Wonogiri harus putar balik di jalan sempit itu.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Biar tidak ada yang ngeyel lagi, kemarin sudah dikasih portal masih aja ada yang ngeyel. Kalau ini [tingginya] diturunkan, besinya juga diperlebar biar supir truk kelihatan [rambu-rambunya],” katanya di sela-sela perbaikan portal itu, Senin.

Baca juga: Viral Video Truk Putar Balik di Underpass Makamhaji, Ini Ceritanya

Dia menjelaskan lebar besi yang digunakan pada bagian atas portal kini 50 cm, padahal sebelumnya cuma 12-15 cm. Dengan demikian, menurutnya tidak ada alasan lagi supir truk tidak melihat rambu-rambu. “Itu kan [besinya] sekarang sudah lebar, sudah 50 cm harusnya sudah terlihat. Kari nekat po ora [Tinggal nekat atau tidak],” terangnya.

Demi Kepentingan Bersama

Dia berharap dengan pemasangan portal itu, tidak ada lagi kendaraan bertonase di atas ketentuan yang nekat melalui jalan di Underpass Makamhaji. Lebih lanjut, hal itu dilakukan demi kepentingan bersama, agar jalan di underpass dapat awet lebih lama.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, Toni Sri Buntoro, saat dihubungi Solopos.com mengatakan pemasangan portal itu untuk menertibkan truk yang lewat. Dia mengatakan kendaraan yang diperbolehkan melintas di Underpass Makamhaji adalah yang memiliki JBB (jumlah berat bruto) <8.500 kilogram. Menurutnya, sebenarnya rambu-rambu lalu lintas dan pemberitahuan adanya portal di underpass sudah dipasang.

Baca juga: Weladalah, Portal Underpass Makamhaji Sukoharjo Ditabrak Truk

“Diharapkan tidak ada lagi kendaraan JBB > 8.500 dan ODOL (Over Dimension Over Load) yang nekat melintas di underpass. Karena pasti akan nyangkut,” terangnya.
Pemilihan ketinggian portal 3,5 meter menurutnya juga atas pertimbangan kendaraan JBB <8.500 tingginya tidak akan melebihi 3,5 meter.

Diberitakan sebelumnya, portal di jalur masuk Underpass Makamhaji dari arah timur (Solo) menuju ke barat (Kartasura), Rabu (6/4/2022), tidak terlihat usai ditabrak kendaraan, Selasa (5/4/2022).

Perihal kondisi underpass itu diungkap akun Instagram @infocegatansukoharjo Selasa malam. “Beberapa jam yang lalu portal di Underpass Makamhaji Kartasura ditabrak truk. Kini sudah diperbaiki oleh Dishub Sukoharjo,” unggah akun tersebut.

Baca juga: Underpass Makamhaji Kartasura Dibuka, Kendaraan Berat Dilarang Lewat!

Unggahan terkait portal underpass itu menuai komentar dari para netizen. Sejumlah warganet justru menyalahkan keberadaan portal yang kurang terlihat, tapi sebagian lainnya menyoroti kesalahan sang pengendara truk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya