Polres Wonogiri Pantau Keamanan KPU dan Bawaslu melalui CCTV
Ketua KPU Wonogiri, Toto Sih Setyo Adi (kanan), mengamati CCTV dari Polres Wonogiri yang dipasang di depan pintu masuk Kantor KPU, Giriwono, Kecamatan Wonogiri, Rabu (5/8/2020). (Solopos.com/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI — Polres Wonogiri memasang delapan unit kamera pengintai atau closed circuit television atau CCTV di luar Kantor KPU dan Bawaslu, belum lama ini. Dengan alat itu petugas bisa memantau kondisi dua objek vital tersebut dari telepon seluler (ponsel).

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Rabu (5/8/2020), masing-masing kantor dipasang empat unit CCTV. Pantauan Solopos.com di Kantor KPU Wonogiri, CCTV dipasang di depan pintu masuk kantor, teras kantor sisi timur, dan depan gudang kantor sisi barat. CCTV itu melengkapi CCTV milik KPU yang dipasang di lokasi lain di luar dan dalam kantor.

Rumah Warga 1 Dukuh di Sragen yang “Pindah” ke Jawa Timur Sempat Terisolasi

Kepala Satuan Intelijen dan Keamanan (Satintelkam) Polres Wonogiri, AKP Purnomo, mengatakan CCTV dipasang agar pemantauan kondisi sekitar Kantor KPU dan Bawaslu lebih optimal. Dengan CCTV itu personel bisa memonitor secara langsung situasi sekitar objek vital secara riil time melalui ponsel.
Sehingga, petugas bisa memantau sewaktu-waktu. Apabila ada kondisi yang membutuhkan pengamanan melekat, Polres bisa secepatnya menerjunkan personel.

“CCTV ini untuk menunjang pengamanan. Ini kan menjelang pilkada, pengamanan harus dipersiapkan sejak sekarang,” kata dia mewakili Kapolres Wonogiri, AKBP Christian Tobing saat dihubungi Solopos.com.

Walau sudah ada CCTV kami tetap menerjunkan personel ke Kantor KPU dan Bawaslu secara berkala. Ada yang berpatroli lalu menyambangi Kantor KPU dan Bawaslu. Personel pengamanan tertutup juga selalu memonitor langsung di KPU dan Bawaslu,” imbuhnya.

Kali Pertama

Dia melanjutkan, pemantauan dengan CCTV baru dilakukan kali ini. Langkah tersebut merupakan ide Satintelkam untuk memudahkan pemantauan. Polres belum berencana memasang CCTV di objek vital lainnya. Purnomo menyebut Polres memaksimalkan CCTV yang sudah ada terlebih dahulu.

Terpisah, Ketua KPU Wonogiri, Toto Sih Setyo Adi, menyambut baik inovasi yang dilakukan Polres Wonogiri. Dengan CCTV itu polisi bisa memantau situasi secara langsung dari jarak jauh. Selain CCTV, lanjut dia, Polres memberi bantuan tiga unit handy talkie (HT). Pihaknya sudah memanfaatkannya untuk berkomunikasi secara internal dan dengan polisi.

Wow! Harga Emas Antam Cetak Rekok Lagi, Rp1,65 Juta per Gram

“Ini wujud kerja sama yang baik antara KPU dengan Polres. Pada Pemilu 2019 lalu pengamanan dari Polres maksimal. Kemudian Wonogiri dinyatakan sebagai daerah paling kondusif se-Jawa Tengah. Semoga pada pilkada ini capaian itu bisa dipertahankan,” ucap Toto.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom