Polres Sragen Gelar Operasi Patuh Candi, Sasar 7 Pelanggaran Ini

Polres Sragen mulai hari ini, Senin (13/6/2022) menggelar Operasi Patuh Candi 2022 dengan menetapkan 7 sasaran pelanggaran.

 Kapolres Sragen, AKBP Piter Yanottama (kiri), bersama perwira lainnya mengecek kendaraan milok Satlantas Polres Sragen saat apel gelar pasukan operasi patuh candi di Mapolres Sragen, Senin (13/6/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

SOLOPOS.COM - Kapolres Sragen, AKBP Piter Yanottama (kiri), bersama perwira lainnya mengecek kendaraan milok Satlantas Polres Sragen saat apel gelar pasukan operasi patuh candi di Mapolres Sragen, Senin (13/6/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Polres Sragen menggelar Operasi Patuh Candi 2022 selama 13 hari terhitung mulai Senin (13/6/2022) hingga 26 Juni 2022 mendatang. Ada tujuh prioritas sasaran operasi ini untuk mendisiplinkan masyarakat berlalu lintas dan menekan angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas).

Operasi patuh tersebut dimulai dengan apel gelar pasukan yang dilaksanakan di Lapangan Mapolres Sragen, Senin pagi. Apel tersebut diikuti ratusan personel Polri, TNI, dan stakeholders terkait lainnya.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Tujuh prioritas penindakan pelanggaran lalu lintas yang menjadi sasaran dalam operasi candi ini di antaranya pengendara yang menggunakan ponsel saat berkendara. Kemudian pengemudi/pengendara di bawah umur, berboncengan naik sepeda motor lebih dari satu orang, dan  pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm berstandar nasional Indonesia (SNI).

Sasaran berikutnya pengemudi mobil tidak menggunakan safety belt, pengemudi/pengendara dalam pegaruh alkohol; berkendara melawan arus, dan kendaraan yang melebihi batas kecepatan.

Baca Juga: Silaturahmi, Kapolres Sragen Ajak Perguruan Silat Jaga Kondusivitas

“Kami melaksanakan konsolidasi dalam operasi patuh dengan melibatkan instansi terkait. Operasi ini merupakan operasi cipta kondisi jelang Hari Bhayangkara 1 Juli 2022, selama 13 hari mulai hari ini sampai 26 juni 2022, tandanya semua pakai petugas pakai pita warna biru,” ujar Kapolres AKBP Piter Yanottama saat ditemui wartawan seusai apel.

Kapolres menerangkan sebagai operasi cipta kondisi maka ada empat sasaran pokok seperti yang disampaikan Kapolda Jateng. Dia menjelaskan sasaran pertama tetap untuk memutus mata rantai Covid-19 meskipun situasinya sudah landai.

Kedua, jelas Kapolres, operasi ini bertujuan untuk mengurangi angka lakalantas dengan cara pendekatan penegakan hukum dan preventif.

“Ketiga, kedisiplinan berlalu lintas perlu ditingkatkan karena trennya di Sragen menurun. Kami menggelar operasi ini agar kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas dapat kembali baik, kembali tertib berlalu lintas, keselamatan berlalu lintas tercapai,” ujarnya.

Baca Juga: Kecelakaan Maut di Jl Gemolong-Masaran, Anggota Polres Sragen Meninggal

Kapolres mengungkapkan pada semester I 2022, tren kecelakaan lalu lintas di Sragen naik karena adanya mobilitas penduduk yang meningkat. Pelonggaran pembatasan aktivitas mengakibatkan mobilitas masyarakat tinggi.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Sragen, AKP Abipraya Guntur Sulatiasto, menambahkan dalam operasi patuh ini akan menerapkan tilang elektronik dengan pendekatan tilang mobile. Saat berpatroli, polisi membawa aplikasi e-tilang pada ponselnya.

Bila ada pelanggaran maka polisi bisa memotret dengan kamera ponsel memasukkannya ke dalam aplikasi tersebut. Kemudian warga yang tertangkap kamera dimintai konfirmasi dan bila tidak merespons maka pembayaran pajak kendaraan diblokir. Pembukaan blokir dilakukan setelah denda tilang dibayarkan.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Teknologi Biogas Untuk Selamatkan Air Terjun Ponogoro dari Kotoran Sapi

+ PLUS Teknologi Biogas Untuk Selamatkan Air Terjun Ponogoro dari Kotoran Sapi

Penggunaan teknologi biogas bisa membantu menyelamatkan Objek Wisata Air Terjun Pletuk di Dusun Jurug, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo, yang sepi pengunjung karena tercemar limbah kotoran sapi.

Berita Terkini

Sang Legenda! Naik Damar Sasongko Solo-Sukoharjo Serasa Bus Perang

Bus perintis Solo-Jatipuro, Damar Sasongko, merupakan sang legenda di Sukoharjo yang memacu adrenalin penumpang karena serasa menumpang bus perang.

60 Mobil Ikuti Bhayangkara Autoshow di Wonogiri, Ini Keseruannya

Polres Wonogiri menggelar Bhayangkara autoshow yang diikuti 60 peserta mobil modifikasi dari sejumlah daerah di Tanah Air

Baru 6 Hari Dimakamkan, Tim Dokter Polda Jateng Autopsi Warga Sragen

Kapolres Sragen AKBP Piter Yanottama melalui Kanit Pidana Umum Polres Sragen Ipda Setya Pramana mengatakan autopsi ini atas permintaan keluarga karena adanya kecurigaan dan kejanggalan saat meninggal dunia.

Desain Bangunan Pasar Jongke Tak Berubah, Kios Akan Tampak dari Luar

Kepala Bidang Sarana Distribusi Perdagangan Dinas Perdagangan Solo, Joko Sartono menjelaskan kios Pasar Kabangan dan Jongke nanti kelihatan dari jalan.

Nostalgia Naik 7 Bus Legend Rute Solo-Sukoharjo, Sensasinya Hmm Mantap

Deretan bus perintis yang legend di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah sampai saat ini masih cukup eksis meskipun jumlah penumpangnya terus menurun.

Gagal Diraih Solo, Ini Potensi 4 Kota Kreatif Unesco di Indonesia

Kota Solo dua kali gagal meraih predikat The Unesco Creative Cities Network (UCCN) atau Kota Kreatif Unesco. Di Indonesia, terdapat empat kota yang sudah dinobatkan sebagai Kota Kreatif Unesco.

Obati Rindu! CFD Klaten di Jl Mayor Kusmanto Diserbu Warga

Penyelenggaraan CFD perdana di Klaten setelah dua tahun tutup akibat pandemi Covid-19 diserbu warga.

Disebut Tak Punya Bumel, Ini Deretan Bus Kota Legend di Sukoharjo

Masih ingat dengan deretan bus perintis yang legend di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah?

Bulan Bakti IIDI, Bagikan 1.000 Telur untuk Anak-Anak di CFD

Sebanyak 1.000 telur dibagikan dalam rangka Bulan Bakti Ikatan Istri Dokter Indonesia, yang mengusung tema dukung program prioritas nasional cegah stunting.

Warga Banjiri CFD Perdana di Jl. Mayor Kusmanto Klaten

Warga membanjiri kawasan jalan Mayor Kusmanto yang digunakan untuk area CFD.

Round Up Masalah PPDB SMA/SMK di Solo: Zonasi - Manipulasi Bikin Pusing

Sederet masalah mewarnai proses PPDB SMA/SMK di Kota Solo pada tahun ini.

Round Up Remaja Wonogiri Hilang - Hamil, Ayah Bayi Masih Misterius

Sosok ayah bayi dalam kandungan remaja Wonogiri yang hilang setahun lalu sampai saat ini belum diketahui dengan pasti.

Murah Banget! Harga Makanan di Warung Pak Solet Makamhaji Mulai Rp8.000

Harga makanan di warung makan Pak Solet, Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, murah meriah, mulai Rp8.000 per porsi.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini: Bakal Hujan Lama

Prakiraan cuaca di Karanganyar hari ini, Minggu (3/7/2022), hujan akan turun sejak siang hingga malam.

Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini Minggu 3 Juli 2022 Hujan Siang Malam

Inilah prakiraan cuaca untuk kawasan Sukoharjo pada hari Minggu (3/7/2022).