Polres Sragen Gelar Operasi Patuh Candi, Sasar 7 Pelanggaran Ini

Polres Sragen mulai hari ini, Senin (13/6/2022) menggelar Operasi Patuh Candi 2022 dengan menetapkan 7 sasaran pelanggaran.

 Kapolres Sragen, AKBP Piter Yanottama (kiri), bersama perwira lainnya mengecek kendaraan milok Satlantas Polres Sragen saat apel gelar pasukan operasi patuh candi di Mapolres Sragen, Senin (13/6/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

SOLOPOS.COM - Kapolres Sragen, AKBP Piter Yanottama (kiri), bersama perwira lainnya mengecek kendaraan milok Satlantas Polres Sragen saat apel gelar pasukan operasi patuh candi di Mapolres Sragen, Senin (13/6/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Polres Sragen menggelar Operasi Patuh Candi 2022 selama 13 hari terhitung mulai Senin (13/6/2022) hingga 26 Juni 2022 mendatang. Ada tujuh prioritas sasaran operasi ini untuk mendisiplinkan masyarakat berlalu lintas dan menekan angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas).

Operasi patuh tersebut dimulai dengan apel gelar pasukan yang dilaksanakan di Lapangan Mapolres Sragen, Senin pagi. Apel tersebut diikuti ratusan personel Polri, TNI, dan stakeholders terkait lainnya.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Tujuh prioritas penindakan pelanggaran lalu lintas yang menjadi sasaran dalam operasi candi ini di antaranya pengendara yang menggunakan ponsel saat berkendara. Kemudian pengemudi/pengendara di bawah umur, berboncengan naik sepeda motor lebih dari satu orang, dan  pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm berstandar nasional Indonesia (SNI).

Sasaran berikutnya pengemudi mobil tidak menggunakan safety belt, pengemudi/pengendara dalam pegaruh alkohol; berkendara melawan arus, dan kendaraan yang melebihi batas kecepatan.

Baca Juga: Silaturahmi, Kapolres Sragen Ajak Perguruan Silat Jaga Kondusivitas

“Kami melaksanakan konsolidasi dalam operasi patuh dengan melibatkan instansi terkait. Operasi ini merupakan operasi cipta kondisi jelang Hari Bhayangkara 1 Juli 2022, selama 13 hari mulai hari ini sampai 26 juni 2022, tandanya semua pakai petugas pakai pita warna biru,” ujar Kapolres AKBP Piter Yanottama saat ditemui wartawan seusai apel.

Kapolres menerangkan sebagai operasi cipta kondisi maka ada empat sasaran pokok seperti yang disampaikan Kapolda Jateng. Dia menjelaskan sasaran pertama tetap untuk memutus mata rantai Covid-19 meskipun situasinya sudah landai.

Kedua, jelas Kapolres, operasi ini bertujuan untuk mengurangi angka lakalantas dengan cara pendekatan penegakan hukum dan preventif.

“Ketiga, kedisiplinan berlalu lintas perlu ditingkatkan karena trennya di Sragen menurun. Kami menggelar operasi ini agar kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas dapat kembali baik, kembali tertib berlalu lintas, keselamatan berlalu lintas tercapai,” ujarnya.

Baca Juga: Kecelakaan Maut di Jl Gemolong-Masaran, Anggota Polres Sragen Meninggal

Kapolres mengungkapkan pada semester I 2022, tren kecelakaan lalu lintas di Sragen naik karena adanya mobilitas penduduk yang meningkat. Pelonggaran pembatasan aktivitas mengakibatkan mobilitas masyarakat tinggi.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Sragen, AKP Abipraya Guntur Sulatiasto, menambahkan dalam operasi patuh ini akan menerapkan tilang elektronik dengan pendekatan tilang mobile. Saat berpatroli, polisi membawa aplikasi e-tilang pada ponselnya.

Bila ada pelanggaran maka polisi bisa memotret dengan kamera ponsel memasukkannya ke dalam aplikasi tersebut. Kemudian warga yang tertangkap kamera dimintai konfirmasi dan bila tidak merespons maka pembayaran pajak kendaraan diblokir. Pembukaan blokir dilakukan setelah denda tilang dibayarkan.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      2 Jam Tanpa Jeda Hipnotis Ribuan Fans, Dream Theater: Thank You Solo!

      Grup band rock asal Amerika Serikat, Dream Theater, suskes menghibur para penggemarnya dalam konser di area parkir Stadiona Manahan Solo selama dua jam tanpa jeda.

      Konflik Rusia Sebabkan Harga Pupuk di Sukoharjo Naik, Kok Bisa?

      Harga pupuk nonsubsidi di sejumlah daerah fluktuatif karena bahan baku yakni salah satunya fosfat harus diimpor dari Rusia.

      Dream Theater Konser di Solo, Pengendara Motor Berhenti untuk Menikmati

      Warga dan pengendara motor berbondong-bondong datang dan berhenti sekadar untuk menikmati cahaya lampu dan suara konser Dream Theater dari luar Stadion Manahan Solo, Rabu (10/8/2022) malam.

      Banjir Hadiah, Petani Sukoharjo Serbu ODP Pupuk Petrokimia Gresik

      Bersamaan dengan ulang tahun ke-50, PT Petrokimia Gresik menggelar program promosi pupuk yakni one day promotion (ODP) serentak di 50 kios yang tersebar di 19 provinsi, Rabu (10/8/2022).

      Kronologi Pekerja Meninggal di Pabrik Bata di Sragen, Terjepit Konveyor

      Polisi menyebut kematian pekerja di pabrik bata ringan di Kecamatan Sambungmacan, Sragen adalah kecelakaan kerja. Korban yang asal Blitar, Jatim meninggal setelah terjepit konveyor.

      Konser Dream Theater, Gibran Datang saat Lagu The Ministry Of Lost Soul

      Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka datang ke konser Dream Theater di Manahan, Solo, pada pertengahan lagu kedelapan.

      Akademisi Dukung Revisi Perbup Karanganyar tentang Perangkat Desa

      Kebijakan pengajuan dua nama peserta seleksi calon perangkat desa di Karanganyar harus didasarkan pada skor tertinggi hasil tes dinilai bisa mengeliminasi potensi terjadinya KKN.

      Curhat Penjual Bendera di Klaten, Pembeli Sering Ngawur saat Menawar

      Penjualan bendera dan umbul-umbul di Klaten menjelang HUT Kemerdekaan RI tahun 2022 dinilai sepi.

      7.000-an Unit Rumah Subsidi akan Dibangun di Boyolali, Wilayah Mana?

      Di Boyolali akan dibangun lebih dari 7.000 rumah bersubsidi. Rumah tersebut akan tersebar di sejumlah kecamatan.

      The Alien Buka Konser Dream Theater Buka Konser di Stadion Manahan Solo

      Dream Theater membuka konser di area parkir Stadion Manahan Solo pada Rabu (10/8/2022) pukul 20.00 WIB dengan lagu berjudul The Alien.

      Ini Kisah Unik Joko Tingkir dan Perahu Peninggalannya di Sragen

      Makam Joko Tingkir menjadi salah satu tempat di Sragen yang banyak dikunjungi peziarah. Peninggalannya yang berupa bongkahan kayu bekas perahunya pun masih menjadi daya tarik pengunjung untuk datang.

      5 Desa Ini akan Dilintasi Pipa Transmisi Bendungan Pidekso Wonogiri

      Proyek pembangunan intake dan pipa transmisi air baku Bendungan Pidekso Wonogiri sudah dalam tahap pengerjaan fisik.

      Kreatif! Warga Ampel Boyolali Bikin Tulisan Penyemangat di Pagar

      Saat memasang umbul-umbul sudah sangat mainstream, warga RT 01/RW 07, Dusun Tumpak, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ampel, Boyolali punya cara lain untuk menghiasi lingkungan mereka di momentum HUT ke-77 Kemerdekaan RI ini.

      Hasil Tangkapan Ikan di WGM Wonogiri Terus Menurun, Nelayan: Tak Lazim!

      Hingga pekan kedua Agustus 2022, ikan hasil tangkapan nelayan di Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri masih minim.

      Lomba Lari Sangirun 2022 Bakal Beda dan Lebih Menarik, Catat Jadwalnya

      Kemendikbudristek menjanjikan ada yang beda pada lomba lari Sangirun 2022 ini. Selain itu jumlah pesertanya ditambah lebih dari dua kali lipat.