SOLOPOS.COM - Konferensi pers pengumuman piagam Koalisi Perubahan untuk Persatuan di Sekretariat Perubahan, Jakarta, Jumat (24/3/2023). Dari kiri ke kanan, Perwakilan Tim Kecil Anies Baswedan Sudirman Said, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya, Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto, Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya, Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman, dan Ketua DPP PKS Al Muzzammil Yusuf. (ANTARA/Melalusa Susthira K.)

Solopos.com, JAKARTAKoalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang terdiri atas Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) membeberkan sejumlah nama calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Anies Baswedan yang sudah disepakati akan diusung sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024.

Nama-nama cawapres itu akan dipilih Anies Baswedan. Sesuai kesepakatan KPP, koalisi menyerahkan penentuan akhir capres kepada Anies.

Promosi BRI Meraih Dua Awards Mobile Banking dan Chatbot Terbaik dalam BSEM MRI 2024

Hal itu tertuang dalam salah satu poin Piagam Kerja Sama KPP, yakni poin ketiga. Poin itu berbunyi sebagai berikut:

Bahwa kami memberikan mandat penuh kepada Calon Presiden, Sdr. H. Anies Rasyid Baswedan, untuk memilih Calon Wakil Presiden, dan membentuk pasangan yang mampu memenangkan Pemilu 2024, dengan kriteria sebagai berikut: (1) berkontribusi dalam pemenangan, diwujudkan dengan tingkat elektabilitas yang tinggi, dan tingkat kerentanan politik yang rendah, (2) berkontribusi dalam memperkuat dan menjaga stabilitas koalisi, (3) berkontribusi dalam pengelolaan pemerintahan yang efektif, (4) memiliki visi yang sama dengan Calon Presiden, (5) berkomitmen membangun kebersamaan sebagai dwi-tunggal.

Wakil Ketua Majelis Syura PKS Mohamad Sohibul Iman mengatakan setidaknya ada lima nama tokoh yang sudah dibicarakan di KPP untuk kemudian dipilih Anies menjadi cawapres.

Kelima tokoh itu meliputi Wakil Ketua Majelis Syura PKS Ahmad Heryawan atau Aher, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, mantan Panglima TNI Andika Perkasa, dan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Yenny Wahid.

“Ya jelas dari PKS ada Kang Aher. Dari Demokrat ada AHY. Dari NasDem ada Bu Khofifah, bahkan juga sebelumnya ada Pak Andika. Kemudian Mbak Yenny, itu juga ada muncul,” ujar Iman di Sekretariat Perubahan, Jakarta Selatan pada Jumat (24/3/2023).

Sebelumnya, Partai Nasden, Demokrat, dan PKS menandatangani Piaga Kerja Sama KPP. Piagam itu memuat enam poin, termasuk ihwal koalisi menyerahkan penentuan cawapres kepada Anies Baswedan.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Bocoran Cawapres Anies Baswedan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya