SOLOPOS.COM - Anak-anak TK Pertiwi 4 Sidoharjo, Sragen, berkunjung ke Perpustakaan Umum Kabupaten Sragen yang beralamat di Jl. Solo–Sragen No.80, Sine, Kecamatan Sragen, pada Selasa (26/7/2022). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Solopos.com, SRAGEN — Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Sragen menyediakan Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA) di Perpusataan Umum Sragen. Dengan adanya PISA, anak-anak bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan yang sesuai dengan usia mereka. Selain itu, melalui PISA juga anak-anak mulai diperkenalkan dengan perpustakaan sejak dini.

Pada Selasa (26/7/2022), ada sekitar 65 anak-anak dari TK Pertiwi 4 Sidoharjo, Sragen yang datang dan memanfaatkan PISA di Perpustkaan Umum Sragen. Keberadaan PISA disambut baik Kepala TK Pertiwi 4 Sidoharjo, Setyo Pujiastuti.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Dengan adanya PISA, perpustakaan jadi lebih ramah anak. Karena walaupun belum bisa membaca, anak-anak usia TK bisa mulai mengenal apa itu buku.

“Orang tua atau wali murid juga senang melihat anak-anaknya mulai mengenal buku sehingga saat masuk SD nanti bisa lebih baik,” terangnya saat ditemui Solopos.com di Perpustakaan Umum Sragen, Selasa. Setyo berharap acara ini bisa berkelanjutan dan bisa menjangkau semua TK di Kabupaten Sragen.

Pustakawan Ahli Muda Disarpus Sragen, Romi Febriyanto Saputro, mengatakan Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA) merupakan wadah informasi layak anak. PISA juga menjadi salah satu indikator penilaian Kabupaten Layak Anak (KLA).

Baca Juga: Asyik, Disarpus Sragen Buka Layanan Khusus Anak

Lantas apa yang dimaksud informasi layak anak? Ini adalah informasi yang disesuaikan dengan tingkat kecerdasan dan usia anak, informasi yang melindungi anak. Informasi layak anak tidak mengandung muatan pornografi, kekerasan, dan sadisme, tidak menggunakan anak sebagai bahan eksploitasi, bernuansa positif dan memberikan manfaat bagi tumbuh kembang anak.

PISA berfokus pada penyediaan informasi terintegrasi. Jadi tidak hanya sebagai tempat untuk mencari informasi, tetapi juga sebagai tempat bermain, tempat peningkatan kreativitas, tempat konsultasi, dengan pendekatan pelayanan ramah anak.

PISA bisa diwujudkan dalam beragam bentuk. Di antaranya perpustakaan ramah anak, pusat informasi dunia anak, mobil baca, pojok informasi anak digital, majalah dinding (mading) di sekolah-sekolah, dan taman baca anak.

Baca Juga: Satu-Satunya di Sukoharjo, Perpustakaan Ngudi Ilmu Ada di Playstore Lo

“Sejak 2010, Layanan Perpustakaan Kabupaten Sragen menyelenggarakan layanan khusus anak untuk menghibur dan memberikan edukasi gemar membaca kepada anak-anak TK/PAUD di Kabupaten Sragen. Ada beberapa menu layanan yang diberikan seperti bernyanyi bersama, mendongeng, senam bersama, dan menonton film edukasi,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya