SOLOPOS.COM - Saking antusiasnya, warga nekat menaiki mobil patroli milik polisi untuk menyaksikan pembacaan surat suara dalam Pilkades Soka, Karangdowo, Minggu (20/10/2013) sore. Mereka berteduh dari guyuran hujan yang melanda Soka dan sekitarnya. (Shoqib A/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KLATENPilkades Soka, Karangdowo Klaten dilangsungkan Minggu (20/10/2013). Hujan badai yang mengguyur tak menyurutkan partisipasi warga.

Sebelum terjadi baku hantam, penghitungan sempat dihentikan lantaran atap tenda yang digunakan dalam Pilkades disapu angin hingga beterbangan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Pantauan Solopos.com di lokasi, hujan mulai mengguyur kawasan Karangdowo sekitar pukul 13.45 WIB, Minggu.

Lokasi Pilkades di Soka, Karangdowo tidak dilakukan di Balai Desa setempat, namun di dekat area persawahan di desa setempat.

Puluhan warga tetap semangat menyaksikan penghitungan suara meski hujan deras. Saking antusiasnya, ada juga warga yang menonton perhitungan suara di atas mobil patroli milik polisi.

Penghitungan suara dimulai pada pukul 14.00 WIB. Sekitar pukul 14.15 WIB, atap dari seng dari tenda yang sebelumnya digunakan untuk ruang tunggu warga beterbangan ke langit. Sontak, hal itu membuat warga lari terbirit-birit. Warga kemudian mencari tempat yang aman untuk berlindung, namun tetap berada di sekitar lokasi penghitungan suara.

Penghitungan surat suara ke-80an pun sempat ditunda sekitar lima menit. Beruntung, tempat penghitungan surat suara Pilkades Soka tidak ikut porak poranda akibat angin kencang dan hujan kemarin. Pasalnya, tempat penghitungan suara dilakukan di tempat yang lebih aman.

PIlkades Soka, Karangdowo, Klaten

Warga berlarian setelah atap tenda yang terbuat seng beterbangan akibat hujan deras dan angin kencang di Soka, Karangdowo, Minggu (20/10/2013) sore. (Shoqib A/JIBI/Solopos)

Berdasarkan informasi, pada Jumat (18/10) petang, tenda yang disiapkan untuk Pilkades juga pernah porak poranda akibat hujan dan angin kencang. Tenda kemudian didirikan lagi pada Sabtu pagi.

Penghitungan surat suara kembali dilakukan setelah suasana kondusif. Sekitar pukul 14.45 WIB, hujan berhenti dan ratusan warga kembali mengerumuni lokasi pembacaan pemungutan suara.

Suasana tegang tampak saat panitia Pilkades membacakan surat suara. Pasalnya, kedua Cakades mendapatkan suara yang cukup ketat.

Camat Karangdowo, Agus Suprapto, mengatakan pelaksanaan Pilkades tidak hanya berlangsung di Soka, namun juga di Demangan. Sesuai jadwal, Pilkades Soka sebenarnya digelar pada April lalu. Namun, karena adanya suatu konflik, Pilkades diundur ke tahap II ini.

“Selain Desa Soka, ada satu desa lagi yang menggelar Pilkades tahap II yakni Desa Demangan,” ungkapnya kepada Solopos.com di lokasi, Jumat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya