SOLOPOS.COM - Ilustrasi pilkades (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Solopos.com, SRAGEN — Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Sragen pada 25 Oktober 2022 bakal menarik. Pasalnya, ada enam desa yang peserta pilkadesnya adalah pasangan suami istri dan hanya mereka berdua di tiap desa itu.

Berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sragen, enam desa tersebut adalah Keden (Kecamatan Kalijambe), Sumberejo (Mondokan), Gedongan (Plupuh), Jambanan (Sidoharjo), Plosokerep (Gondang), dan Dawung (Jenar).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Pilkades Keden akan diikuti petahana Supriyanto melawan istrinya, Rina Susianti. Di Pilkades Sumberejo, petahana Sentot Nugroho bersaing dengan Ririn Ismaya. Di Pilkades Gedongan, Maryanto yang petahana akan bersaing dengan istrinya, Ngatmini.

Di Pilkades Jambanan, petahana Sugino akan melawan Miyati. Di Pilkades Plosokerep, petahana Sukamto menghadapi Endah Hari Isnawati dan di Pilkades Dawung, Aris Sudaryanto yang petahanan akan menghadapi ibu dari anak-anaknya, Sutarni.

Baca Juga: Inilah Daftar 19 Desa di Sragen yang akan Menggelar Pilkades

Selain enam desa itu, ada juga tiga desa lain yang peserta pilkadesnya adalah pasutri. Namun, mereka tidak bersaing berdua, ada calon peserta lain. Ketiga desa itu yakni Sidokerto (Plupuh), Denanyar (Tangen), dan Jirapan (Masaran).

“Total ada 56 orang bakal calon kades. Sebanyak 15 orang di antaranya merupakan incumbent yang rata-rata sudah menjabat 1-2 periode. Ada yang sudah tiga periode ini tetapi tidak hafal. Di enam desa itu karena tidak ada lawannya maka istri petahana menjadi lawan dalam pilkades mendatang,” kata Kabid Penataan dan Pembinaan Administrasi DPMD Sragen, Supriyadi, Selasa (9/8/2022).

Hal senada disampaikan Camat Plupuh, Edy Purwanto. Menurutnya, istri yang maju dalam pilkades melawan suaminya yang petahanan itu lantaran tidak ada calon lain. “Seperti di Gedongan itu calonnya suami dan istri karena tidak ada calon lain,” katanya.

Baca Juga: Para Kades 4J Tolak Revisi Perbup Soal Seleksi Perangkat Desa

Sebanyak 19 desa di 15 kecamatan di Sragen bakal menggelar pilkades serentak pada 25 Oktober 2022. Proses tahapan pilkades tersebut sudah dimulai pada Juni lalu dan mulai Agustus sudah dibuka pendaftaran bakal calon kepala desa (kades) yang ditutup pada Senin (8/8/2022) lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya