SOLOPOS.COM - Komisaris dan Direktur Utama Menghadiri Perhelatan Top BUMD Award 2021. (bprdjokotingkir.com)

Solopos.com, SRAGEN — Prestasi PT BPR Bank Djoko Tingkir Sragen semakin meningkat seiring dengan peningkatan kinerja manajemen bank milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen tersebut. Bank Djoko Tingkir Sragen kembali mendapat predikat sebagai Top BUMD 2022 tingkat nasional bintang lima.

Penghargaan serupa pernah diraih Bank Djoko Tingkir Sragen pada 2021 dengan predikat bintang empat. Padahal perfoma kinerja Bank Djoko Tingkir pada 2017 memburuk dengan non-performing loan (NPL) atau kredit macet mencapai 13,20%. Pada 2018, NPL bank tersebut turun menjadi 4,77% sehigga mendapatkan apresiasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). NPL menurun terus hingga di 2020 menjadi 3,78%. Kredit macet pada Desember 2021 turun lagi tinggal 2,69%.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kabag Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Sragen, Wisarto Sudin, saat dihubungi Solopos.com, Kamis (7/4/2022), menerangkan prestasi kinerja Bank Djoko Tingkir ini karena tangan dingin Direktur Utama (Dirut) yang diambil dari kalangan profesional. Penanganan dan strategi Dirut yang baru ini, kata dia, berbeda dengan dirut yang dulunya diambilkan dari internal PNS.

Baca Juga: Jangkau 35.000 Nasabah, Bank Djoko Tingkir Rekrut Karyawan Baru

“Dengan pengalaman kinerja yang bagus, maka kami selalu mengambil dirut itu dari kalangan profesional. Ini tidak hanya untuk Bank Djoko Tingkir tetapi juga untuk BUMD [Badan Usaha Milik Daerah] lainnya. Dulu memang hampir kolaps, tetapi perlahan naik kinerjanya dan meningkat dari sisi asetnya. Progresnya positif setiap tahunnya,” jelasnya.

Wisarto mengatakan sepertinya dirut yang baru ini merupakan anak muda yang memahami kelemahan Bank Djoko Tingkir sehingga mengetahui strategi yang tepat untuk mengatasi kelemahan itu. Dia melihat ada tren kinerja yang terus naik dan bagus.

Dirut Bank Djoko Tingkir, Titon Darmasto, saat berbincang dengan Solopos.com, Kamis siang, menyampaikan pihaknya terus melakukan perubahan dan inovasi, sekalipun di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: 9 BUMD Sragen Diguyur Modal Rp25 Miliar Tahun Depan

“April ini, Bank Djoko Tingkir kembali mendapat predikat Top BUMD 2022 bintang lima. Perfoma bank ini duduk di peringkat ketiga nasional dalam pencapaian kinerja. Penghargaan itu akan kami terima di Jakarta pada 20 April mendatang. Kalau 2021 lalu masih bintang empat, sekarang naik bintang lima. Nanti Ibu Bupati juga mendapatkan Top Pembina BUMD dan saya mendapat Top CEO BUMD. Dasarnya dari publikasi yang dikeluarkan OJK,” ungkapnya.

Dia melihat penilaian objektif karena juga melibatkan Kementerian Dalam Negeri. Mekanisme penjuriannya independen terhadap 200 BUMD di Indonesia, baik di tingkat kabupaten/kota dan provinsi. “Total aset kami sekarang di angka Rp310 miliar. Dana yang kami himpun dari masyarakat lewat tabungan dan deposito mencapai Rp241,6 miliar. Sementara dana kredit mencapai Rp250 miliar untuk 4.141 nasabah,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya