SOLOPOS.COM - Kasatlantas Polresta Solo Kompol Adhytiawarman Gautama Putra. (Solopos/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO — Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Solo belum berencana menerapkan manajemen rekayasa arus lalu lintas maupun penutupan jalan selama pertemuan Trade Investment Industry Working Group (TIIWG) yang merupakan bagian dari kegiatan The Group of Twenty atau G20 di Kota Solo.

Panitia pelaksana menerapkan protokol sistem bubble guna mendukung penyelenggaraan event tersebut. Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Adhytiawarman Gautama Putra, mewakili Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, mengatakan belum berencana melakukan manajemen rekayasa lalu lintas di jalan-jalan Kota Bengawan.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Baca Juga: 2 Hari Lagi, Delegasi 26 Negara Kumpul di Solo untuk Pertemuan G20

Kondisi arus lalu lintas diprediksi tak terlalu padat sehingga tak perlu menerapkan rekayasa arus lalu lintas atau pun penutupan jalan selama pertemuan G20 di Solo.

“Untuk saat ini, belum ada rencana menerapkan manajemen rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi penyelenggaraan event G20. Jadi tidak ada pengalihan arus lalu lintas,” katanya saat ditemui wartawan di kantornya, Senin (27/3/2022).

Kasatlantas menyebut para delegasi dari sejumlah negara anggota G20 bakal mendapat pengawalan ketat oleh aparat gabungan dari TNI-Polri. Hal ini untuk menjamin keselamatan para delegasi dan tamu undangan selama penyelenggaran event level internasional tersebut.

Baca Juga: Jadi Pintu Masuk Delegasi G20, Ini Persiapan Bandara Adi Soemarmo Solo

Pengguna Jalan Diprioritaskan

Hal ini sesuai hasil koordinasi yang diikuti unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Solo pada beberapa hari lalu. “Sesuai arahan Pak Wali Kota, penyelenggaraan G20 harus menunjukkan potensi Kota Solo. Walaupun banyak rombongan kendaraan bermotor yang melewati ruas jalan Solo, jangan sampai mengganggu aktivitas masyarakat. Proses pengawalan tetap dilakukan namun para pengguna jalan harus juga diprioritaskan,” ujarnya.

G20 adalah forum kerja sama multilateral yang terdiri atas 19 negara dan satu kawasan ekonomi di Uni Eropa. Negara yang bergabung dalam G20 antara lain Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, Inggris, Italia, Jepang, Kanada, dan Indonesia.

Baca Juga: Solo Siapkan Royal Dinner G20 di Pura Mangkunegaran, Ini Suguhannya

Pertemuan TIIWG yang merupakan rangkaian G20 presidensi Indonesia di Solo akan berlangsung di Hotel Alila pada Selasa-Kamis (29-31/3/2022). Selain negara anggota, pertemuan G20 di Solo dihadiri pula oleh enam negara undangan dan 10 organisasi internasional.

Pertemuan akan membahas mengenai perdagangan, investasi, dan industri. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka pada kesempatan sebelumnya mengatakan semua venue yang menjadi lokasi penyelenggaran event G20 sudah siap. Termasuk pada liaison officer (LO) yang akan mendampingi para delegasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya