SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (kiri), dan Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo (kanan) membersihkan halaman Pamedan Pura Mangkunegaran, Jumat (25/3/2022). (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLO — Pertemuan negara-negara anggota The Group of Twenty atau G20 Presidensi Indonesia 2022 salah satunya akan berlangsung di Kota Solo pada Selasa-Kamis (29-31/3/2022).

Ajang Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG) pada pertemuan G20 Presidensi Indonesia 2022 itu akan diikuti delegasi dari 20 negara anggota G20 ditambah enam negara undangan dan 10 organisasi internasional.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

TIIWG merupakan forum yang membahas pedagangan, industri, dan investasi untuk menyambut tantangan global. Menurut informasi yang diunggah di laman surakarta.go.id, Jumat (25/3/2022), agenda meeting dengan host dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) itu akan berlangsung di Hotel Alila Solo.

Baca Juga: Tinggal 4 Hari, Venue Pertemuan G20 di Kota Solo Sudah Siap?

Sedangkan pertemuan kedua G20 dengan host Kementerian Investasi (Kemeninves) juga akan berlangsung di Solo pada 6-9 Juni 2022. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, saat menerima kunjungan dari Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional, Eko Cahyanto, pada Desember 2021 lalu, mengatakan lokasi hotel dipilih karena acara itu menerapkan sistem bubble seperti dalam event olahraga.

Berbagai persiapan telah dilakukan Pemkot Solo untuk menyambut dan menjamu para tamu dari berbagai negara itu. Para tamu itu di antaranya dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Prancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa.

Baca Juga: Jadi Pintu Masuk Delegasi G20, Ini Persiapan Bandara Adi Soemarmo Solo

Penyambutan hingga Perjamuan

Gibran memastikan baik venue atau tempat pertemuan, penyambutan hingga perjamuan, termasuk para pendamping atau liaison officer (LO) semua sudah siap. Merchandise sudah disiapkan dari produk UMKM seperti batik, jam tangan kayu, dan lainnya. Produk-produk ini sudah melewati kurasi oleh Pemkot.

Sedangkan untuk perjamuan makan malam atau royal dinner pertemuan G20 disiapkan di Pura Mangkunegaran Solo. Selain menu makanan yang istimewa, rencananya para tamu akan dihibur dengan tarian tradisional saat royal dinner yang dijadwalkan Kamis (31/3/2022).

Di sisi lain, Pemkot Solo juga menyiapkan city tour. Gibran tidak menjelaskan detail mana saja lokasi yang akan dikunjungi untuk city tour delegasi G20 itu. Namun, salah satu yang disebut Gibran adalah lokasi wellness tourism.

Baca Juga: Solo Siapkan Royal Dinner G20 di Pura Mangkunegaran, Ini Suguhannya

Sementara itu, Direktur Jenderal Ketahanan Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kementerian Perindustrian, Eko Cahyanto, mengatakan ada agenda besar Indonesia mengusulkan industri masuk dalam Trade and Investment Working Group (TIWG) sehingga menjadi Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG).

Industri Mendongkrak Perekonomian

Eko menjelaskan industri berperan penting dalam mendongkrak perekonomian suatu negara. Misalnya di Indonesia, sektor industri memberikan kontribusi signfikan bagi capaian investasi serta perdagangan nasional.

“Oleh karena itu, kami ingin isu industri dibahas secara mendalam pada gelaran G20 kali ini guna memulihkan ekonomi secara inklusif dan berkelanjutan,” tuturnya dikutip dari artikel di kemenperin.go.id, Sabtu (26/3/2022).

Baca Juga: Wah, Wayang dan Batik Masuk Materi Workshop Pertemuan G20 di Solo

Bahkan, Eko menyebut sektor industri menyumbang 15% terhadap gross domestic product (GDP) dunia, yang di antaranya disokong negara-negara G20. “Maka itu, ketika Indonesia mengajukan jadi TIIWG, banyak negara yang mendukung, dan mereka sangat concern terhadap pentingnya isu sektor industri dibahas dalam gelaran G20,” imbuhnya.

Pemilihan Kota Solo sebagai salah satu lokasi pertemuan TIIWG juga karena Solo menjadi simpul Soloraya yang memiliki banyak industri berkembang. Selain itu, Kemenperin telah mendirikan Akademi Komunitas (AK) Tekstil di dekat Solo Technopark (STP) untuk menyokong program akselerasi industri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya