Kategori: Solo

Perpustakaan Kota Solo Tetap Buka Selama Libur Nataru


Solopos.com/Akhmad Ludiyanto

Solopos.com, SOLO-Pelayanan perpustakaan di Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) Solo tetap buka pada musim liburan Natal dan tahun baru (Nataru). Pelayanan peminjaman dan pengembalian buku tetap diberikan kepada masyarakat seperti pada hari-hari biasanya.

Kepala Disarpus Solo, Sis Ismiyati mengatakan, pelayanan perpustakaan pada musim libur Nataru yang tetap dibuka merupakan bagian dari pelayanan prima.

Awas, Berkerumun dan Tak Pakai Masker Saat Tahun Baru di Sukoharjo Didenda Rp50.000

“Meskipun musim libur Nataru, pelayanan di perpustakaan kami tetap dibuka, karena kami ingin memberikan pelayanan prima. Masyarakat masih bisa meminjam dan mengembalikan buku seperti biasanya,” ujarnya, Sabtu (26/12/2020).

Kecuali, lanjutnya, pelayanan pada Hari Raya Natal, Jumat (25/12/2020) dan tahun baru, Jumat (1/1/2020) tidak dibuka.

“Kalau hari-H Natal dan tahun baru perpustakaan libur untuk memberikan kesempatan kepada petugas kami yang merayakan,” imbuhnya.

Ajak Gemar Membaca

Sementara itu, Sis selalu mengajak masyarakat terutama siswa dan mahasiswa untuk gemar membaca buku. Sebab banyak sekali manfaat dari membaca buku, antara lain menambah ilmu dan membuka wawasan.

Dalam berbagai kesempatan Sis juga mengajak kepada siswa sekolah agar gethok tular atau menyampaikan informasi berantai kepada teman, saudara, handai tolan untuk datang dan memanfaatkan fasilitas yang ada di perpustakaan.

Ini Alasan Satgas Covid-19 Mengawasi Pergerakan Masyarakat

Menurutnya, perpustakaan bukan hanya tempat membaca buku tetapi juga ada banyak sarana edukasi yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Di antaranya ruang aula yang bisa dijadikan tempat berdiskusi atau acara pertemuan lainnya.

Di sisi lain, Sis akan memasuki masa pensiun di awal 2021. Ia berharap pelayanan perpustakaan kota yang dikelolanya memberikan manfaat bagi masyarakat. “Semoga kami bisa memberikan manfaat dan terus memberikan manfaat bagi masyarakat. Dan kami juga memohon maaf kalau ada kekurangan dalam pelayanan kami,” ujarnya.

Share
Dipublikasikan oleh
Anik Sulistyawati