SOLOPOS.COM - Petugas Kepolisian melakukan pengamanan saat berlangsungnya sidang lanjutan kasus pelanggaran protokol kesehatan dengan terdakwa Rizieq Syihab di kawasan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Jakarta, Jumat (26/3/2021). (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Terduga teroris yang diamankan Densus 88 dari wilayah Condet, Jakarta Timur ditengarai pernah menghadiri persidangan Habib Rizieq Syihab. Dugaan itu bahkan dikonfirmasi Kapolres Jakarta Timur Kombes Pol. Erwin Kurniawan.

Erwin menyebutkan bahwa terduga teroris Condet itu pernah mendatangi Pengadilan Negeri Jakarta Timur untuk melihat sidang Rizieq Syihab. Polda Metro Jaya memang menyelidiki kebenaran foto yang viral mengenai kehadiran dua teroris pada sidang terdakwa Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri Jakarta Timur itu.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan bahwa kedua terduga teroris tersebut berinisial HH alias Husein Hasny dan ZA.

Baca Juga: Peluang Bisnis Air Minum Isi Ulang

"Ya dari informasi yang disampaikan Pak Kapolda Metro Jaya dalam rilis kemarin, itu memang demikian adanya. Ini juga yang menjadi pertimbangan untuk meningkatkan kewaspadaan dan cara bertindak yang efektif," ujar Erwin di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (30/3/2021).

Habib Rizieq Syihab, Selasa (30/3/2021), kembali menghadirkan sidang secara langsung di ruang sidang PN Jaktim. Polda Metro Jaya menurunkan 1.394 personel gabungan dari TNI-Polri untuk mengamankan jalannya persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Mereka membagi pengamanan menjadi empat ring, termasuk di dalam ruang sidang.

Baca Juga: Ini Permintaan SBY ke Jokowi...

Kedua terduga teroris tersebut, kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus ditangkap kamera saat aksi di depan PN Jakarta Timur dan sebelum ditangkap oleh Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror di wilayah Condet Jakarta Timur.

"Foto HH dan ZA ada pada saat sidang [Rizieq Syihab] dan beberapa kegiatan-kegiatan ormas terlarang itu [FPI], saat ini masih kami didalami korelasinya apakah benar ada keterkaitan mereka semuanya," tuturnya, Selasa (29/3/2021).

Tangkap Empat Orang

Polda Metro Jaya, Senin (29/3/2021) pagi, menangkap empat orang teroris di dua lokasi berbeda, yaitu di Kabupaten Bekasi Jawa Barat dan Condet Jakarta Timur. Keempat teroris tersebut adalah ZA, 37, BS, 43, dan AJ, 46.

Baca Juga: Peluang Bisnis Bakso Waralaba

Densus 88 Antiteror mengklaim menangkap ZA dan HH bersama dua terduga teroris lain berinisial AJ dan BS di kawasan Condet, Jakarta Timur, dan Cikarang, Bekasi. Keempatnya diamankan karena diduga kuat terafiliasi dengan Jamaah Ansharut Daulah atau JAD.

Dalam konferensi pers yang digelar Polda Metro Jaya kemarin, polisi juga menunjukkan beberapa barang bukti berupa atribut Front Pembela Islam atau FPI milik terduga teroris Condet, HH. Barang itu antara lain baju dan kartu anggota.

Belakangan diketahui HH atau tepatnya Husein Hasny diketahui aktif sebagai wakil ketua Bidang Jihad FPI.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya