SOLOPOS.COM - Ilustrasi tidur. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Memiliki tidur berkualitas di malam hari merupakan salah satu faktor yang penting untuk diperhatikan sebelum memulai olahraga berlari di pagi hari. Kok bisa? Apa hubungannya dengan olahraga pagi?

Simak ulasan selengkapnya di info sehat kali ini.  “Sebetulnya setiap pelari harus punya kesadaran sendiri untuk mereka aware tentang kesehatannya. Dimulai dari ketika dia bangun pagi. Kalau bangun pagi merasa kliyengan, artinya deep sleep-nya kurang,” jelas  pelatih dan pelari senior Hendri Pardede seperti dikutip dari Antara pada Rabu (13/7/2022).

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

Baca Juga: Tidur Pakai Bra Memicu Kanker Payudara? Tak Semudah Itu!

Menurutnya, jika seseorang tidak memiliki kualitas tidur yang baik sebelum berolahraga pagi bisa membahayakan. Pasalnya, kondisi ini dapat menyebabkan seseorang mengalami detak jantung yang tinggi saat olahraga pagi.

Hendri menjelaskan, tidur juga merupakan salah satu bagian dari latihan. Namun, poin ini banyak dilewatkan seseorang sebelum mulai berolahraga terutama berlari.

Apabila dipaksakan untuk berlari, Hendri mengatakan bahwa kondisi ini dapat menyebabkan seseorang mengalami serangan jantung hingga kematian.

Baca Juga: Jefri Nichol Ngaku Selalu Nonton Bokep Saat Susah Tidur

“Jadi kalau harus bangun pagi sebelum lari atau latihan itu pastikan ketika kita bangun itu kita sehat, kita segar. Karena ingat, dalam berlari tidur juga bagian dari latihan. Banyak pelari miss di sini. Mereka kurang tidur tapi latihan. Akhirnya heart rate-nya tinggi. Nggak heran banyak yang jantung segala macam,” kata Hendri.

“Ini yang harus kita sosialisasikan. Tidur itu bagian dari latihan. Kalau begadang bahaya. Jangan lari besoknya. Nanti bisa kleyengan, heart rate-nya bisa tinggi,” pungkasnya.

Baca Juga: Catat! Ini 5 Bahaya Tidur Habis Sahur

Selain kualitas tidur yang baik, sebelum memulai latihan berlari Hendri juga menyarankan untuk melakukan peregangan awal serta pemanasan. Kemudian, melatih gerakan kaki, tangan, hingga mengatur nafas juga perlu dilakukan sebelum berlari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya