SOLOPOS.COM - Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam sidang pleno Dewan SDA Nasional. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Dampak dari perang antara Rusia dan Ukraina mulai dirasakan di Indonesia. Dampak tersebut setidaknya dirasakan dari dua jalur, yaitu jalur finansial dan jalur perdagangan.

Baca Juga:Konflik Rusia-Ukraina Mereda, Harga Emas Dunia Turun Tajam

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyampaikan dampak konflik antar kedua negara tersebut berdampak pada Indonesia, yakni melalui dua jalur transmisi yaitu jalur finansial dan jalur perdagangan serta komoditas.

“Jalur finansial diproyeksikan memiliki dampak yang relatif terbatas. Nilai tukar rupiah masih relatif stabil di 14.300 per US$ per bulan Maret, dan Indonesia berpotensi diuntungkan jika The Fed memperlambat atau menurunkan level penyesuaian suku bunga dalam pengambilan kebijakannya,” kata Airlangga pada Selasa (22/3/2022).

Baca Juga:Eksportir Kebanjiran Order Dampak Perang Dagang, Kontainer Langka

Di jalur komoditas dan perdagangan dalam jangka pendek, dia mengatakan kenaikan harga energi dan komoditas global berpotensi meningkatkan pendapatan ekspor. Namun dalam jangka menengah dan panjang, inflasi global akan memperlambat laju pemulihan. Meningkatkan inflasi domestik khususnya pangan dan energi, pupuk serta input produksi yang menyebabkan kelangkaan dan juga berdampak pada ketahanan fiskal yang berkelanjutan (fiscal sustainability).

Baca Juga: Konflik Rusia dan Ukraina Berpotensi Pengaruhi Inflasi Indonesia

OECD pada Maret 2022 melaporkan, jika konflik antara Rusia dan Ukraina tidak segera selesai maka inflasi global akan berpotensi meningkat 2,5% dan pertumbuhan ekonomi dapat berkontraksi hingga minus 1,08% dari proyeksi sebelumnya.

Baca Juga: Dibanding Negara Lain, Inflasi Indonesia Pada 2021 Masih Terkendali

“Risiko tersebut perlu diantisipasi oleh Indonesia,” kata Airlangga.

Berita ini telah terbit di Bisnis.com dengan judul: Airlangga Tegaskan Perang Rusia vs Ukraina ‘Ngefek’ ke Sektor Finansial dan Perdagangan RI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya